Masdar Minta Komunitas Global di COP27 untuk Dukung Perempuan yang Tangani Perubahan Iklim

Ilustrasi

BISNISASIA.CO.ID, ABU DHABI – Platform Women in Sustainability, Environment and Renewable Energy (WiSER) Masdar meminta komunitas global yang menghadiri COP27 di Mesir minggu depan untuk mendukung kampanyenya, I Am WiSER. Prakarsa ini diluncurkan untuk menggalang dukungan bagi para perempuan di garis terdepan dalam upaya untuk mengatasi perubahan iklim serta mendorong para pemimpin dunia untuk terus maju dengan prakarsa membangun masa depan yang lebih inklusif dan berkelanjutan.

Kampanye ini mendesak para pembuat kebijakan, pimpinan industri, dan perorangan untuk melakukan ikrar #IAmWiSER guna memperjuangkan perempuan sebagai agen perubahan yang berkelanjutan, sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UN SDG) 5 dan 7, yang bertujuan untuk “mencapai kesetaraan gender serta memberdayakan semua perempuan dan anak perempuan” serta “memastikan akses ke energi yang terjangkau, dapat diandalkan, berkelanjutan, dan modern untuk semua”.

Dr. Sultan Al Jaber, Menteri Industri dan Teknologi Lanjutan UEA, Utusan Khusus untuk Perubahan Iklim dan Ketua Masdar, mengatakan: “Perempuan memiliki kontribusi penting terhadap tindakan iklim global dan mereka sudah bekerja tanpa lelah guna membantu mengatasi tantangan tersebut. Saat dunia bersiap untuk KTT iklim COP27, sangat penting bagi para perempuan untuk mendapatkan tempat di acara tersebut dan pendapat mereka bisa diterima dengan baik. Masdar telah menyoroti pekerjaan hebat yang dilakukan perempuan di bidang iklim selama lebih dari tujuh tahun melalui WiSER. Kampanye #IAmWiSER semakin memperkuat peran perempuan sebagai agen kuat perubahan berkelanjutan.”

WiSER diluncurkan pada tahun 2015 di sela-sela kegiatan Sidang Umum PBB. Lahirlah kesadaran bahwa ketika perempuan diberdayakan dan didukung, mereka dapat sangat mempercepat transisi ke masa depan yang lebih berkelanjutan bagi semua. Selama tujuh tahun, lebih dari 85 perempuan dari 21 negara telah menerima bimbingan dan pelatihan untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan melalui Program Perintis WiSER. WiSER juga telah menyelenggarakan forum tingkat tinggi, yang dihadiri oleh lebih dari 2.000 peserta, untuk mempromosikan keberlanjutan dan kesetaraan gender.

Secara global, perempuan dan anak perempuan mengalami dampak terbesar dari perubahan iklim, yang memperkuat ketimpangan gender yang ada serta menimbulkan ancaman unik terhadap mata pencaharian, kesehatan, dan keselamatan mereka, menurut PBB untuk Perempuan (UN Women). Kampanye “#IAmWiSER bertujuan untuk memberikan ajakan bertindak yang jelas bagi para perempuan dan orang-orang yang mendukung mereka di seluruh dunia. Kampanye ini juga bertujuan untuk mewujudkan ikrar menjadi kemajuan yang konkret.

Kampanye tersebut telah disokong oleh lima tokoh perempuan yang saat ini memajukan agenda keberlanjutan di panggung global, termasuk YM Mariam Almheiri, Menteri Perubahan Iklim dan Lingkungan UEA; YM Duta Besar Lana Nusseibeh, Perwakilan Tetap UEA untuk PBB; Damilola Ogunbiyi, CEO Energi Berkelanjutan untuk Semua (SEforALL), Perwakilan Khusus PBB dari Sekretaris Jenderal untuk SEforALL, Dan Wakil Ketua UN-Energy; Peggy Choi, Pendiri dan CEO platform berbagi pengetahuan global, Lynk; serta Alexandra Palt, Wakil Presiden Eksekutif Chief Corporate Responsibility Officer dari L’Oréal dan Wakil Presiden Eksekutif dari Foundation L’Oréal.

Menyinggung tentang kampanye tersebut, Nn. Damilola Ogunbiyi mengatakan: “Saya senang menjadi bagian dari kampanye #IAmWiSER yang mengakui peran penting perempuan dalam masa depan energi berkelanjutan kita. Karena dunia mengharapkan lebih banyak ambisi yang dihasilkan dari konferensi iklim COP27, saya mengajak yang lainnya untuk bergabung dalam kampanye ini guna memberdayakan dan mendukung lebih banyak perempuan. Bersama-sama, kita dapat memperjuangkan perempuan sebagai pemimpin dan agen perubahan untuk transisi energi bersih yang adil serta merata.”

Peserta yang tertarik diajak untuk mengunjungi situs web Masdar guna melakukan ikrar #IAmWiser: “Saya berkomitmen untuk memperjuangkan perempuan sebagai agen perubahan yang berkelanjutan.” Para penanda tangan akan diminta untuk memublikasikan komitmen mereka dan mendorong orang lain melakukan ikrar tersebut melalui tautan yang dibuat secara otomatis untuk dibagikan di media sosial.

Pada sesi ke-27 Konferensi Para Pihak Konvensi Kerangka Kerja Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Perubahan Iklim (UNFCC COP27) di Mesir pada bulan November ini, WiSER akan memandu para delegasi di stan konvensinya di paviliun UEA dan mengajak mereka untuk melakukan ikrar #IAmWiser.

Sebagai tuan rumah COP28 tahun depan, UEA telah menetapkan target ambisius untuk mencapai emisi karbon nol-bersih pada tahun 2050, menjadikannya negara timur tengah pertama yang melakukannya.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini