Samsung Electronics Masuk Lima Besar Best Global Brands 2022

Besar Best Global Brands 2022

BISNISASIA.CO.ID, SEOUL – Samsung Electronics Co., Ltd. mendapat pengakuan dari Interbrand, sebuah konsultan merek global, sebagai salah satu dari lima besar dalam Best Global Brands 2022. Setiap tahun, Interbrand mengumumkan 100 merek teratas dunia, dan nilai merek (brand value) Samsung dievaluasi sebesar USD 87,7 miliar, tumbuh 17% dibandingkan tahun 2021 sebesar USD 74,6 miliar, menempatkan Samsung di posisi kelima selama dua tahun berturut-turut.

Pencapaian tersebut didasarkan pada pemulihan kinerja finansial Samsung, yang sekarang mendekati kondisi pra-pandemi, dan peningkatan kebutuhan memori karena peningkatan penggunaan data. Pada tahun 2021, Samsung mencetak pertumbuhan nilai merek sebesar 20% dibandingkan tahun 2020 dan melanjutkan pertumbuhan dua digit tahun ini. Samsung pertama kali masuk dalam daftar 10 besar pada tahun 2012, menempati posisi kesembilan, dan telah berhasil mencapai peningkatan setiap tahun, mencapai posisi keenam pada tahun 2017 dan posisi kelima pada tahun 2020.

“Samsung Electronics mampu mencatatkan pertumbuhan dua digit brand value dua tahun berturut-turut berkat dukungan dari konsumen global kami,” kata YH Lee, Executive Vice President and Chief Marketing Officer, Samsung Electronics. “Menanggapi dukungan mereka, seluruh perusahaan akan bekerja sama sebagai sebuah tim untuk memberikan pengalaman konsumen yang lebih baik dan lebih memuaskan.”

Berbagai Faktor yang Dievaluasi Interbrand untuk Membangun Brand Value Samsung

Pada akhir tahun 2021, Samsung Electronics menggabungkan Divisi SET dan menciptakan Divisi Device eXperience untuk meningkatkan sinergi di antara produk-produknya dan memberikan pengalaman yang lebih baik kepada konsumen. Selain itu, Samsung juga meluncurkan Customer eXperience-Multi Device Experience Center untuk memperkuat pengalaman koneksi multi-perangkatnya.

Bersama dengan langkah-langkah ini, Samsung telah mengintegrasikan SmartThings di seluruh kategori produknya, menciptakan ekosistem yang inklusif dan pengalaman multi-perangkat. SmartThings juga memberdayakan konsumen untuk memaksimalkan perangkat Samsung mereka, serta produk pihak ketiga yang mungkin sudah mereka miliki.

Selain itu, Samsung Future Generation Lab juga telah dibuat untuk memfasilitasi percakapan otentik seputar aktivitas generasi muda. Insight dari lab tersebut telah diterapkan pada produk-produk dan kegiatan pemasaran.

Selain produk inovatif berdasarkan pengalaman konsumen, pengembangan teknologi canggih seperti kecerdasan buatan (AI), 5G, otomotif, dan robotika melalui investasi yang konsisten juga berperan dalam pertumbuhan Samsung.

Samsung Electronics Umumkan Perluasan Kemitraan dengan Google untuk Peningkatan Pengalaman Smart Home

Upaya Samsung yang Diakui di Setiap Divisi Produk untuk Pengalaman Konsumen yang Lebih Baik.

Mobile

  • Inovasi kamera Galaxy S22 series yang dibuat berdasarkan insight dari konsumen, dan peluncuran kampanye Nightography yang memperkuat kepemimpinan dalam kategori ponsel lipat
  • Kemitraan dengan Google dan Microsoft untuk memperkuat pengalaman terhubung pengguna
  • Menghormati nilai keamanan dan privasi pengguna melalui Samsung Knox

Network

  • Mempelopori jalur inovasi jaringan dalam virtualisasi dan keterbukaan dengan pengalaman komersial skala besar
  • Mendorong industri 5G dengan portofolio 5G terdepan di pasar mulai dari RAN dan Core hingga alat otomatisasi
  • Mewujudkan komitmen ESG melalui solusi jaringan cerdas untuk efisiensi energi

Visual Display

  • Inovasi berkelanjutan dari TV premium, termasuk Micro LED, Neo QLED 8K/4K
  • Memperkuat portofolio produknya berdasarkan gaya hidup pelanggan, seperti The Frame, The Freestyle
  • Memberikan pengalaman gaming baru kepada konsumen, termasuk Samsung Gaming Hub dan Odyssey Ark

Home Appliances

  • Memperluas kategori produk Bespoke melampaui area dapur tapi juga seluruh bagian rumah termasuk perawatan pakaian, perawatan lantai, dan perawatan udara
  • Memberikan nilai keberlanjutan melalui produk-produknya (mencapai tingkat tinggi untuk penghematan energi pada produk-produk utama, jaminan garansi untuk kompresor digital inverter, pengurangan emisi mikroplastik dari mesin cuci melalui kerja sama dengan Patagonia)
  • Menciptakan kegembiraan bagi para penggemar Bespoke melalui kampanye O&O yang berfokus pada partisipasi.

Semikonduktor

  • Berinvestasi dalam teknologi dan kemampuan produksi generasi berikutnya untuk memastikan pasokan yang stabil untuk aplikasi mutakhir (membangun lini manufaktur baru senilai $17 miliar di Texas, kompleks R&D 20 triliun KRW di Giheung)
  • Menghadirkan inovasi semikonduktor terdepan di industri yang meningkatkan kinerja produk dan efisiensi energi (produksi massal GAA 3nm pertama di industri)
  • Mengembangkan solusi memori inovatif untuk menghadapi pertumbuhan eksplosif tugas-tugas intensif data di berbagai bidang seperti AI dan ML (memori CXL, HBM-PIM, SmartSSD generasi kedua), dan memperluas kemitraan strategis untuk mengatasi tantangan baru industri
  • Mendorong batas solusi logika yang dapat menawarkan pengalaman pengguna yang ditingkatkan dan peluang baru (5G Exynos Modem, Exynos 2200, 200MP ISOCELL HP3)

Interbrand Best Global Brands diurutkan berdasarkan evaluasi nilai merek masing-masing perusahaan, yang merupakan hasil analisis komprehensif terhadap kinerja keuangan perusahaan, pengaruh merek terhadap pembelian pelanggan, dan daya saing merek.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini