GWM ORA Lightning Cat Dilansir dengan Mengutamakan Fitur Keselamatan Berkendara

GWM ORA Lightning Cat Rolled Out with Emphasis on Safety

BISNISASIA.CO.ID, BAODING – Pada 31 Oktober lalu, GWM ORA meluncurkan model mobil yang murni bertenaga listrik, Lightning Cat (untuk pasar Tiongkok), di Tiongkok. Model ini juga baru saja dipamerkan di Paris Motor Show 2022.

Di acara peluncuran ini, Dong Yudong, CEO, ORA, memperkenalkan fitur unggulan mobil terbaru ini bagi publik. Dia juga menerima CATARC (China Automotive Technology & Research Center) TOP Safety “Collision Challenge Certificate” untuk Lightning Cat. Sertifikat ini diserahkan Zhang Jinhuan dari China Society of Automotive Engineers.

Sebelumnya, CATARC melakukan uji guling spiral dan tabrakan dalam kecepatan tinggi terhadap Lightning Cat. Tes ini berlangsung di lokasi yang telah mendapat izin resmi dari CATARC. Sebelum dilakukan, semua fitur bantuan berkendara dengan teknologi canggih pada mobil ini dinonaktifkan. Lalu, mobil ini dikendalikan sebuah robot dengan laju 60km/jam menuju jembatan spiral yang hanya memiliki satu sisi. Akibatnya, mobil ini mengalami kecelakaan hebat sehingga terguling 540° dan jatuh ke gorong-gorong. Titik kedalaman lubang pada tes ini mencapai lebih dari 6 meter.

Setelah tes berakhir, kompartemen penumpang pada mobil ini tetap terjaga dalam kondisi baik, serta menyediakan ruang memadai bagi penumpang untuk bertahan hidup dari kecelakaan. Struktur di dalam susunan baterai pun tetap utuh, dan tak ada kebocoran elektrolit atau pembakaran spontan yang diamati setelah 24 jam.

ORA Lightning Cat menggunakan struktur mobil seperti sel pengaman kabin (cage). Bodi mobil juga terbuat dari baja berkekuatan tinggi. Baja canggih yang dibuat dengan teknik hot-stamped dan memiliki kekuatan maksimum sebesar 2.000 MPa, menjadi material pilar A/B pada mobil ini. Seluruh fitur tersebut menjamin keselamatan mobil dan penumpang ketika kecelakaan terjadi.

Pimpin Pasar Mobil Listrik, GWM ORA Resmi Dilansir di Ajang EVS35 di Norwegia

Baterai tangguh pada mobil ini pun telah melalui empat tes keselamatan khusus CATARC yang menguji baterai dalam kondisi ekstrem. Kebakaran atau ledakan akibat baut yang terlepas, api, dan tes lain.

Beragam teknologi pintar dalam fitur bantuan berkendara (driving assistance), dinonaktifkan selama tes berlangsung, juga menjadi unggulan ORA Lightning Cat. Mobil ini dilengkapi sistem intelligent driving assistance PILOT 3.0 yang secara cerdas mengidentifikasi kendaraan, pejalan kaki, sepeda, dan benda lain lewat kamera dan radar. Ketika berhadapan dengan jarak yang tidak aman dari sebuah rintangan, sistem tersebut secara otomatis mengeluarkan alarm dan mengambil tindakan darurat demi mengurangi risiko.

Desain eksterior, sistem daya, dan fitur menarik lainnya dari model ini turut diperlihatkan di acara peluncuran. Dengan desain tampilan yang sangat ringkas, model ini memiliki koefisien drag yang sangat rendah, yakni mencapai 0,22Cd. Lightning Cat juga didukung adaptive electric rear spoiler yang terbuka otomatis ketika kecepatan mobil mencapai di atas 70km/jam sehingga aliran udara di bagian belakang dapat dipisahkan dengan cepat. ORA Lightning Cat dijual dalam beragam versi di pasar Tiongkok, termasuk sebuah versi yang dilengkapi dua motor listrik dan sistem penggerak empat roda (four-wheel-drive), menawarkan tenaga maksimum sebesar 300kW dan torsi maksimum sebesar 680N•m.

GWM ORA segera menghadirkan semakin banyak model mobil yang murni bertenaga listrik dan berkualitas tinggi, serta mewujudkan mobilitas yang lebih bersih, aman, dan cerdas.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini