Toku Tingkatkan Pendanaan Seri A hingga US$ 10 juta Sejalan dengan Pertumbuhan Cepat di Asia Pasifik

Toku Management Team

BISNISASIA.CO.ID, SINGAPURA – Toku, satu-satunya penyedia cloud communication di Asia Pasifik, hari ini meningkatkan pendanaan Seri A yang sebelumnya mencapai nilai US$ 5 juta, dan kini totalnya tercatat US$ 10 juta.

Babak pendanaan tambahan ini dipimpin Delivery Hero Ventures dan OSK Ventures International asal Malaysia, serta diikuti Betatron Venture Group.

“Kami gembira menyambut investor baru dan investor yang kembali berpartisipasi untuk mengubah customer experience (CX) di Asia Pasifik,” ujar Thomas Laboulle, Pendiri dan CEO, Toku. “Sejalan dengan perkembangan ekonomi digital yang kian maju di Asia Pasifik, CX tampil sebagai daya saing dan aspek penggerak penting bagi perusahaan. Kami juga mengapresiasi dukungan investor terhadap visi kami, yakni membangun masa depan CX di wilayah ini.”

Toku berada di jalur yang tepat untuk mencapai profitabilitas, serta membukukan laju pertumbuhan tahunan majemuk (CAGR) sebesar 128% selama empat tahun terakhir, termasuk proyeksi kinerja keuangan FY 2022 yang berakhir pada 31 Desember 2022. Toku juga membukukan setengah miliar interaksi pelanggan yang diproses di 17 pasar di Asia Pasifik.

“Penambahan nilai pendanaan ini sangat membuktikan bahwa kami berada di jalur yang tepat, serta memperkuat posisi kami sebagai pendukung customer experience terkemuka di Asia Pasifik bagi perusahaan di wilayah tersebut,” lanjut Laboulle.

Riset terbaru Toku menunjukkan, konsumen semakin mengharapkan standar layanan proaktif dan interaksi yang dipersonalisasi. Misalnya, 71% responden merasa frustasi jika perusahaan tidak memiliki layanan pelanggan di wilayah lokal ketika diperlukan, dan 67% responden ingin berkomunikasi dalam lingkungan aplikasi milik perusahaan demi pengalaman yang lebih terintegrasi.

Perkembangan ekspektasi pelanggan dan peningkatan standar ini menggarisbawahi pentingnya interaksi pelanggan yang modern dalam ekonomi digital.

Toku Luncurkan Platform Layanan Pelanggan yang Tingkatkan Pengalaman Pelanggan Omnichannel di Asia Pasifik

Toku bekerja sama dengan merek regional terkemuka seperti foodpanda, Gojek, Lenskart, Decathlon, dan JCDecaux. Toku tak hanya mengatasi kendala customer experience, namun juga meningkatkan peluang pertumbuhan merek-merek ini.

“Toku meraih reputasi berkat kinerja yang melampaui ekspektasi pelanggan,” kata Brendon Blacker, Managing Partner, Delivery Hero Ventures. “Kami sangat gembira melanjutkan kolaborasi dengan Thomas dan timnya agar semakin banyak perusahaan di Asia Pasifik yang terus menjalankan transformasi digital bersama Toku.”

Pendanaan yang mempercepat ekspansi regional

Demi membantu berbagai perusahaan Asia Pasifik untuk mengatasi dan mengubah tantangan CX menjadi peluang, Toku akan memakai pendanaan tersebut guna mendirikan jangkauan lokal dengan cepat di Malaysia, Indonesia, Hong Kong, Vietnam, Korea Selatan, dan Filipina. Toku juga ingin menambah jumlah tenaga kerja menjadi 200 orang pada 2024.

“Setelah customer experience menjadi fokus utama perusahaan masa kini, ekspansi Toku yang bertambah cepat di Asia Pasifik lewat pendanaan ini akan membantu berbagai perusahaan mencapai kinerja signifikan. Kami memiliki visi yang sama dengan Thomas, yaitu membekali perusahaan dengan solusi Toku, serta gembira menjadi bagian dari babak pertumbuhan pesat Toku pada masa mendatang,” ujar Amelia Ong, Executive Director & CEO, OSK Ventures International.

Toku akan terus berinvestasi dalam inovasi dan teknologi guna mengubah customer experience secara holistis dalam ekonomi digital. Hal tersebut mencakup integrasi customer experience dan employee experience dalam satu platform terpadu. Tujuannya, mewujudkan interaksi pelanggan yang lebih personal bagi perusahaan di Asia Pasifik.

“Toku merupakan perusahaan dengan perkembangan pesat dan daya tahan yang biasanya menjadi sarana investasi Betatron. Setelah bekerja sama dengan tim Toku sejak 2019, kami sangat optimis akan kemampuan Toku dalam memodernisasi layanan komunikasi penting, dan berekspansi dengan pesat di Asia Pasifik meski menghadapi ketidakpastian ekonomi,” jelas Matthias Knobloch, Managing Partner & CEO, Betatron Venture Group.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini