Makanan Kesehatan Unggulan Korea, Asal Mula “K-Food”

Red Ginseng

BISNISASIA.CO.ID, SEOUL – Menurut Korea Agro-Fisheries & Food Trade Corp. (aT), ekspor komoditas pertanian dan perikanan Korea mencapai $11,36 miliar tahun lalu, atau menembus $10 miliar untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Merek ginseng merah No.1 di Korea adalah “CheongKwanJang”. Merek yang dikembangkan oleh KGC (Korea Ginseng Corporation) ini memiliki sejarah selama 123 tahun, dan menguasai sekitar 70% pangsa pasar ginseng merah di Korea. Demi memproduksi ginseng merah terbaik, “CheongKwanJang” melakukan 430 tes keamanan produk selama delapan tahun sebelum mengirim produk, termasuk perawatan tanah selama dua tahun dan pembudidayaan selama enam tahun. Maka, ginseng merah premium pun tersedia secara aman bagi pelanggan.

Pasar makanan tradisional telah mengalami pertumbuhan yang luar biasa. Ekspor produk ginseng, seperti ginseng merah, bahkan mencapai nilai tertinggi dalam sejarah, yakni $267,2 juta, naik 16,3% dari tahun sebelumnya.

Lebih lagi, popularitas K-culture, termasuk K-pop yang dipimpin , film yang mendapat pengakuan dunia , serta drama Korea yang digemari di seluruh dunia lewat platform OTT, turut meningkatkan minat terhadap kuliner Korea dan budaya makanannya. Tren ini dinilai berperan besar dalam popularitas K-food.

Dari sisi sejarah, K-food pertama yang digemari berbagai orang di seluruh dunia adalah “ginseng Korea”. Selama ribuan tahun, ginseng Korea menjadi hadiah spesial dari langit yang menjaga kesehatan orang Korea.

Berkat kualitas dan khasiatnya, ginseng Korea diekspor ke lebih dari 40 negara di seluruh dunia, termasuk Tiongkok, Amerika Serikat, dan Jepang, serta disukai oleh berbagai orang di seluruh dunia.

Ginseng Korea memiliki banyak nama, bergantung pada metode pengolahannya. Namun, sebagian besar ginseng Korea tersedia dalam bentuk ginseng merah yang dibuat lewat proses mengukus dan mengeringkan. Di antara bentuk ginseng lain, ginseng korea dikenal memiliki khasiat terbaik untuk setiap bahan aktif, sebab saponin unik pada ginseng mengalami sintesis saat proses pembuatan.

Ginseng merah juga kerap menjadi salah satu hadiah yang diberikan pemimpin Korea Selatan kepada pemimpin negara asing dalam kunjungan kenegaraan.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini