Mitra Bukalapak Libatkan Ratusan Pemilik Warung di Acara Spesial Kumpul Juwara

Mitra Bukalapak menggelar acara kumpul bagi komunitas warung terbesar di Indonesia milik Mitra Bukalapak yang bernama komunitas Juwara. Rangkaian acara yang diberi nama Spesial Kumpul Juwara (SKJ) kembali digelar secara offline di kota Bandar Lampur dan dihadiri oleh hampir 300 anggota komunitas Juwara dengan tujuan untuk berbagi ilmu dan inspirasi dalam meningkatkan kapabilitas bisnis secara digital.

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Mitra Bukalapak, pemimpin pasar platform online-to-offline (o2o) di Indonesia, kembali menggelar acara kumpul bagi komunitas warung terbesar di Indonesia milik Mitra Bukalapak yang bernama komunitas Juwara. Rangkaian acara yang diberi nama Spesial Kumpul Juwara (SKJ) ini melibatkan ratusan anggota komunitas Juwara untuk berbagi ilmu dan inspirasi dalam meningkatkan kapabilitas bisnis secara digital.

Setelah dilangsungkan secara online selama 2 tahun terakhir, SKJ kembali digelar secara offline di 9 kota di Indonesia. Setelah sukses digelar di Solo, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Bali, dan Makasar, kali ini SKJ berlanjut ke Lampung. Digelar pada Selasa, 18 Oktober 2021, acara ini dihadiri oleh hampir 300 anggota komunitas Juwara dari kota Bandar Lampung dan sekitarnya.

Melalui acara Spesial Kumpul Juwara, para peserta berkesempatan untuk berbagi strategi bisnis sekaligus trik bagaimana menghadapi persaingan bisnis di era digital. Lewat berbagai sesi edukasi, seluruh peserta juga berkesempatan untuk belajar dan mendalami teknik-teknik mengaplikasikan fitur-fitur di Mitra Bukalapak untuk memaksimalkan pendapatan bisnis mereka.

Diluncurkan pada tahun 2017, Mitra Bukalapak merupakan pemimpin platform online-to-offline (o2o) di Indonesia yang memfasilitasi warung dan agen individual ke berbagai produk fisik, virtual, dan finansial, mulai dari barang kebutuhan sehari-hari, pulsa, token listrik, hingga berbagai layanan seperti pembayaran tagihan, pengiriman uang, hingga layanan logistik, ke para pemilik warung serta pelaku UMKM lainnya di Indonesia.

Melalui aplikasi Mitra Bukalapak, para pemilik warung dan agen individual juga dapat memiliki akses ke lebih banyak varian produk fisik dan finansial, mengatasi kendala terkait rantai suplai dan pengadaan, serta kesempatan untuk menerima dukungan finansial. Pada akhir Juni 2022, sebanyak 14.2 juta pemilik warung dan UMKM lainnya dari seluruh Indonesia terdaftar sebagai Mitra Bukalapak, yang merupakan peningkatan dari 11.8 juta pada akhir Desember 2021.

Lewat Mitra Bukalapak, Ibu Marni sukses tingkatkan pendapatan hingga 5X lipat

Dalam acara SKJ, salah satu anggota komunitas Juwara asal Lampung, Ibu Marni, mengungkapkan bagaimana aplikasi Mitra Bukalapak telah berhasil membawanya pada peningkatan bisnis hingga 5X lipat.

Kehadiran Mitra Bukalapak di Warung Rena milik Ibu Marni pun tidak hanya membawa manfaat bagi dirinya, tetapi juga masyarakat di sekitar tempat tinggalnya. Sekarang orang-orang di sekitar tempat tinggal Ibu Marni tidak perlu lagi jauh-jauh pergi ke minimarket atau bank untuk melakukan transaksi finansial karena semuanya tersedia di Warung Rena.

“Sejak bergabung di Mitra Bukalapak di tahun 2018, keuntungan warung saya meningkat pesat, dari yang tadinya 3 juta/bulan menjadi 15 juta/bulan. Fitur–fitur yang membawa perubahan besar terhadap bisnis warung saya diantaranya Belanja Bareng, top up pulsa, paket data, token listrik, kirim uang, hingga layanan logistik, BukaSend,” ujar Ibu Marni.

“Lewat SKJ, kami menghadirkan sebuah wadah bagi para anggota komunitas Juwara untuk saling berbagi dan belajar bersama. Kami percaya, dengan adanya ajang positif seperti SKJ ini, seluruh pemilik warung dapat terus memperkaya pengetahuan dan jaringannya, yang tidak hanya bermanfaat untuk peningkatan bisnisnya, tetapi juga membantu mereka menemukan solusi yang tepat dari berbagai tantangan usaha yang dihadapinya. Bagi kami, kegiatan ini menjadi kesempatan Mitra Bukalapak untuk semakin memahami kebutuhan sekaligus memperdalam engagement kami dengan seluruh Mitra di Indonesia,” ujar Howard Gani, CEO Buka Mitra Indonesia.

Mitra Bukalapak sendiri merupakan lini bisnis o2o milik Bukalapak dengan perkembangan yang positif, sekaligus penggerak utama pertumbuhan perusahaan. Di kuartal kedua tahun ini, Mitra Bukalapak berkontribusi terhadap 48% Total Processing Value (TPV) Bukalapak. TPV Mitra Bukalapak sendiri bertambah sebesar 25% menjadi Rp 17,7 triliun dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya dan pada 1H22 tumbuh sebesar 46% menjadi Rp 35 triliun dari periode yang sama pada tahun lalu. Pada akhir Juni 2022, sebanyak 14.2 juta pemilik warung dan UMKM lainnya dari seluruh Indonesia terdaftar sebagai Mitra Bukalapak, yang merupakan peningkatan dari 11.8 juta pada akhir Desember 2021.

Rangkaian kegiatan SKJ akan berlanjut di Palembang pada 22 Oktober 2022.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini