Perayaan Hari Jadi ke-20, Starbucks di Indonesia Donasikan 48 Ribu Bibit Pohon Kopi ke Petani Kopi di Jawa Barat

Ibu Masyitah Daud (country manager Starbucks Farmer Support Center Indonesia), petani kopi Jawa Barat, Aditya Priyadi (District Manager), Anthony McEvoy (pemimpin PT Sari Coffee Indonesia)

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Bertepatan dengan hari jadinya yang ke-20 di Indonesia, yang dirayakan pada bulan Mei yang lalu, Starbucks telah mengumumkan komitmennya untuk mendonasikan bibit pohon kopi kepada petani kopi di Indonesia. Dan hari ini (12/10), Starbucks resmi mendonasikan 48 ribu bibit pohon kopi ini kepada para komunitas petani di Desa Lebak Muncang, Kecamatan Ciwidey, Jawa Barat.

48 Ribu Bibit Pohon Kopi Didonasikan untuk Petani Kopi Jawa Barat

Untuk mempertegas komitmennya kepada tiga pilar intinya – People, Planet, Coffee, hari ini (12/10) Starbucks resmi mendonasikan 48 ribu bibit pohon kopi kepada para petani di Desa Lebak muncang, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat yang juga disaksikan oleh tim dari Starbucks Farmer Support Center. Pendonasian bibit pohon kopi ini diserahkan langsung oleh Anthony McEvoy, pemimpin PT Sari Coffee Indonesia (SCI) – pemegang lisensi resmi merek Starbucks di Indonesia. “Starbucks memberikan apresiasi kepada orang-orang yang terlibat dalam pembuatan kopi hingga akhirnya bisa dinikmati oleh setiap orang, dan juga apresiasi kepada mereka yang telah menjaga planet tempat kita berbagi. Di Bandung, Jawa Barat, kami menyerahkan bantuan berupa 48 ribu bibit pohon kopi sebagai wujud komitmen pengembangan kopi dan kesejahteraan petani kopi Indonesia,” ungkapnya.

Di lokasi acara, hadir juga Masyitah Daud, country manager, Starbucks Farmer Support Center Indonesia yang membantu dalam bentuk pendampingan dan pembinaan kelompok petani kopi. “Komitmen Starbucks untuk mendonasikan bibit pohon kopi kepada petani ini merupakan bukti nyata dalam upaya memberikan manfaat secara langsung kepada komunitas petani kopi. Semoga kegiatan ini akan terus berlanjut dan kita bisa bersama-sama menciptakan lingkungan yang saling mendukung – baik untuk perusahaan juga untuk bumi dan orang-orang yang terlibat di dalamnya,” ungkapnya.

Menegaskan Komitmen untuk People, Planet & Coffee

Merayakan hari jadi Starbucks ke-20 di Indonesia sekaligus Hari Kopi Internasional, Anthony merasa bangga dengan pencapaian luar biasa yang telah dicapai bersama partner (sebutan untuk karyawan) dan pelanggan dalam menggapai komitmen terhadap tiga pilar inti Starbucks. “Kami ingin mendedikasikan tonggak sejarah ini kepada partner dan pelanggan yang telah setia bersama kami, di setiap langkah untuk bersama menjadi perusahaan yang positif bagi manusia dan planet,” ungkapnya. “Bulan Oktober ini sangat spesial untuk Starbucks karena selain kami akan mendonasikan bibit kopi, kami juga merayakan Hari Kopi Internasional dengan kembali mengadakan program Barista Idol yang menonjolkan keahlian para barista kami dalam meracik minuman kopi,” tambahnya.

Barista Idol sendiri terfokus pada keahlian para partner Starbucks dalam menunjukkan kreativitas dan kemampuan mereka untuk berinovasi melalui kopi, dan setelah melalui kompetisi internal yang cukup ketat, terpilihlah empat minuman terbaik hasil kreasi dari empat barista bertalenta – Iced London Fog Vanilla Earl Grey Tea Latte yang diramu oleh Anggraeny dari Starbucks Reserve Dewata, Iced Nutty Dulce de Leche Macchiato kreasi Mega dari Starbucks Buah Batu Bandung, Double Shot Salted Caramel Latte racikan Dian dari Starbucks Starbucks Reserve Puri Indah Mall Jakarta dan Cinnamon Chocolate Ribbon Frappuccino karya Jelita dari Starbucks Menara Astra Jakarta.

Starbucks Akhirnya Masuk Papua dengan Membuka Dua Gerai Baru

Perjalanan 20 Tahun Starbucks di Indonesia

Sebagai sebuah perusahaan, Starbucks sendiri bertujuan untuk menyentuh 1 miliar orang pada tahun 2030, di Indonesia, kami berinvestasi dan mendukung pemberdayaan pemuda bersama partner dan petani kopi yang menjadi elemen penting bagi kami. Pada tahun 2021, Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program (SCYEP) telah menyentuh 1.250 siswa dan program ini akan tetap berkelanjutan dengan dukungan dari Starbucks Foundation,” tambah Anthony. “Saya tak sabar untuk melihat masa depan Starbucks di Indonesia karena kami terus menciptakan koneksi baru dan memberi dampak positif bagi pelanggan dan komunitas di Indonesia.”

Pada tahun 2019, Indonesia merayakan pembukaan satu-satunya Starbucks Dewata Coffee Sanctuary di Bali, yang menghadirkan pengalaman kopi seed-to-cup kepada pelanggan. Selanjutnya, melalui inisiatif Greener Nusantara, Starbucks telah meluncurkan beberapa program untuk mendukung pengurangan limbah di seluruh Indonesia, seperti menghilangkan lebih dari 30 juta sedotan plastik melalui pengenalan tutup tanpa sedotan atau strawless lid di tahun 2020, sepenuhnya beralih ke cold cup yang dibuat dengan rPET (recycled polyethylene terephthalate) pada tahun 2021 dan program bulanan Bring Your Own Tumbler di seluruh gerai di Indonesia.

Program daur ulang penting lainnya adalah Grounds for Your Garden, yang menyediakan ampas kopi daur ulang yang berguna untuk menyuburkan tanah secara gratis kepada pelanggan di Indonesia. Starbucks juga merintis beberapa program ramah lingkungan dalam mengurangi sampah di gerai, termasuk program pengelolaan sampah di Surabaya dan membangun gerai pertama dengan panel surya untuk menyediakan energi baru dengan bertujuan mengurangi konsumsi listrik di Starbucks Drive-Thru Cipondoh, Tangerang.

Sebagai bagian dari komitmen berkelanjutan untuk menciptakan dampak positif bagi masyarakat, Starbucks secara aktif berpartisipasi dalam kegiatan yang mengangkat komunitas di Indonesia. Community Store pertama di Tanah Abang,Jakarta dibuka pada tahun 2020 untuk mendukung penciptaan kesempatan pendidikan bagi kaum muda di area tersebut. Untuk lebih mendukung pemberdayaan pemuda, SCYEP diciptakan untuk mempromosikan lebih banyak peluang dan mempersiapkan pemuda untuk masa depan dengan lebih baik. Dan sebagai apresiasi terhadap para petugas kesehatan terdepan dalam penanganan wabah Covid-19, lebih dari 50.000 gelas minuman telah disumbangkan ke rumah sakit dan pusat vaksinasi sejak Maret 2020.

Sebelumnya sejak 2017, sebanyak 500.000 benih kopi telah disumbangkan kepada petani kopi melalui program Art in the Cup bekerjasama dengan Farmers Support Center di Berastagi, Sumatera Utara, dan Starbucks berkomitmen untuk terus memberikan dampak positif bagi komunitas petani di Indonesia.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini