Nikmati Hari Pangan Sedunia bersama Menu Serbaguna dari Anchor dan Chef Devina Hermawan

Menu Serbaguna dari Anchor dan Chef Devina Hermawan

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Tanggal 16 Oktober diperingati setiap tahunnya sebagai Hari Pangan Sedunia. Berawal dari pendirian Organisasi Pangan dan Pertanian PBB pada tanggal tersebut, peringatan Hari Pangan Sedunia ditujukan untuk meningkatkan kesadaran global, regional, dan nasional terkait masalah pangan serta mempromosikan akses terhadap pola makan yang sehat untuk semua orang. Butter (mentega) pun menjadi salah satu alternatif pilihan bahan pangan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian ditambah penggunaannya yang versatile (serbaguna) untuk beragam menu pangan.

Riszha Gandjar, Anchor Marketing Manager, Fonterra Brands Indonesia mengatakan “Sesuai dengan misi Fonterra, kami terus berupaya menghadirkan dairy product yang memenuhi konsumsi makanan yang sehat dan berimbang guna mendukung kesehatan yang optimum. Ini termasuk dengan produk butter. Jika dikonsumsi secara tepat, butter dapat membantu tubuh memenuhi kebutuhan vitamin A, D, E, dan K2 yang bermanfaat untuk kesehatan mata, kulit, tulang, dan kekebalan tubuh. Dengan kandungan alami yang kaya akan nutrisi ini, butter memiliki berbagai keunggulan dibandingkan dengan margarin, salah satunya adalah karena kandungan asam lemak trans artifisial yang lebih rendah pada butter sekaligus antioksidan alami yang lebih banyak.”

Tak hanya sehat, butter juga merupakan bahan pangan serba guna yang dapat meningkatkan cita rasa untuk berbagai macam tipe masakan. Dari tumisan yang wangi, saus kental nan gurih, hingga panggangan kue yang manis, butter pasti jadi teman para koki professional dan rumahan atau foodies untuk memperkaya rasa masakannya. Untuk itu, Anchor kembali berkolaborasi dengan Chef Devina Hermawan untuk menghadirkan resep masakan mushroom tart yang mudah dibuat.

Menggunakan Anchor Butter sebagai salah satu bahan utama, Chef Devina mendemonstrasikan pengolahan mushroom tart yang mudah dan disukai seluruh anggota keluarga. “Resep ini menggunakan butter karena merupakan lemak alami yang bisa menjawab tiga kebutuhan sekaligus. Pertama, butter membantu supaya masakan tidak menempel di wajan atau wadah lain. Kedua, butter membantu memberikan berbagai tekstur yang khas, entah itu untuk membuat tekstur jadi lebih lembut dan creamy, atau membuat makanan jadi crispy. Ketiga, rasa butter-nya meresap ke dalam bahan makanan sehingga rasa jadi lebih gurih dan aroma jadi lebih harum tanpa overpowering rasa asli masakannya,” ujar Chef Devina Hermawan.

Food & Hotel Indonesia Kembali Hadir di JIEXPO, Dukung Akselerasi Pemulihan Ekonomi Nasional Pasca Pandemi

Untuk membuat mushroom tart ala Chef Devina cukup mudah. Berikut bahan dan cara membuatnya:

  1. Potong kotak kecil Anchor Unsalted Butter lalu pindahkan ke dalam mangkuk
  2. Masukkan tepung terigu dan garam, aduk menggunakan tangan hingga menjadi butiran pasir
  3. Tambahkan air es, aduk sebentar lalu bungkus dengan cling wrap. Masukkan ke dalam kulkas selama 1 jam
  4. Untuk caramelized onion, iris bawang bombai lalu tumis di api besar hingga wangi dan sedikit kecokelatan
  5. Tambahkan garam, gula pasir, lada hitam, dan daun thyme, masak hingga kecokelatan di api kecil
  6. Matikan api lalu masukkan Anchor Unsalted Butter, aduk rata, sisihkan
  7. Pipihkan adonan lalu bentuk persegi panjang
  8. Tekan-tekan bagian pinggir adonan, tusuk bagian tengah adonan dengan garpu lalu panggang di suhu 170 derajat Celcius selama 15 menit
  9. Potong-potong jamur sesuai selera lalu panaskan minyak, tumis jamur oyster dan shimeji di api besar beberapa saat
  10. Masukkan sisa jamur, masak kembali hingga wangi dan kecokelatan
  11. Masukkan Anchor Unsalted Butter, daun thyme, garam, dan lada hitam, aduk rata kemudian masukkan Anchor Cooking Cream masak beberapa saat
  12. Pindahkan ke dalam mangkuk. Dinginkan hingga hangat kuku lalu tambahkan kuning telur, aduk rata
  13. Susun caramelized onion dan creamy mushroom di atas tart crust. Tambahkan parutan keju parmesan. Panggang kembali di suhu 190 derajat celcius selama 10 menit
  14. Mushroom tart siap disajikan

Menurut Chef Devina, butter sendiri merupakan salah satu bahan masakan yang serbaguna. “Butter ini bisa digunakan dalam berbagai cara. Butter yang dingin sangat cocok untuk mendapatkan tekstur tart yang renyah seperti pada mushroom tart ini. Ketika butter dalam keadaan dingin, butter berada dalam keadaan sangat padat sehingga tidak mudah meresap ke adonan. Ketika dipanggang, butter inilah yang menciptakan flaky and crispy layers yang cantik. Kalau sedang tidak mau baking, butter juga bisa digunakan untuk berbagai jenis makanan yang lain, mulai dari tumisan, gorengan, bahkan untuk makanan berkuah seperti sup juga bisa,” ujarnya.

Menyadari manfaat butter untuk para homecook, Anchor hadir dengan butter dari susu sapi pilihan yang menjamin kualitas butter hingga ke tangan konsumen. “Butter Anchor terbuat dari susu sapi asli Selandia Baru yang mengkonsumsi rumput alami sepanjang tahun atau kita sebut grass-fed milk. Susu ini pun diolah dengan prinsip yang tradisional dan sederhana menggunakan teknologi mutakhir yang higienis, sehingga dihasilkan butter berkualitas tinggi tanpa bahan kimia tambahan, bahkan tanpa bahan pengawet dan pewarna buatan,” Riszha menambahkan.

“Selama ini, saya mempercayakan kebutuhan butter dengan Anchor Butter, baik untuk konsumsi pribadi di rumah atau untuk dihidangkan ke orang lain. Buat saya, Anchor Butter memiliki kualitas dan rasa yang terjamin. Kandungan gizinya yang kaya akan nutrisi juga membuat saya lebih tenang menyajikannya di rumah untuk anak dan keluarga. Semoga resep yang saya bagikan hari ini dapat menjadi inspirasi agar semakin banyak orang merasakan kebaikan butter yang serbaguna di rumah,” tutup Chef Devina.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini