Shanghai Electric Rayakan Hari Jadi Ke-120: Percepat Transisi Menuju Solusi Hijau dan Rendah Karbon

Shanghai Electric Rayakan Hari Jadi Ke-120

BISNISASIA.CO.ID, SHANGHAI – Konferensi bisnis “Energy Integration for Intelligent Future”, diadakan Shanghai Electric Group Company Limited (Shanghai Electric) sebagai bagian dari perayaan hari jadinya yang ke-120, ditutup dengan sukses di Shanghai pada 26 September 2022.

Pada momen penting dan bersejarah ini, serta merespons tuntutan dunia untuk menurunkan emisi karbon, Shanghai Electric mengalihkan seluruh segmen bisnisnya menuju format rendah karbon. Hal ini tercapai dengan meningkatkan kapasitas sistem dan peralatan sumber energi baru, serta mengembangkan kombinasi optimal antara sumber energi konvensional dan terbarukan. Tujuannya, mendukung perkembangan ekosistem energi modern.

Menurut Liu Ping, Director & President, Shanghai Electric Group Co., selama 120 tahun terakhir, Shanghai Electric menjalankan pendekatan inovatif dalam mendukung dunia, terutama dengan memperluas bisnis utamanya guna mewujudkan kerja sama yang saling menguntungkan, dan pembangunan terintegrasi.

“Selama kiprahnya, Shanghai Electric mencerminkan arah perkembangan agar Tiongkok tampil sebagai produsen utama peralatan bermutu tinggi di dunia. Evolusi ini mendukung Shanghai Electric bertransisi dari pemain utama di segmennya menjadi salah satu pelaku industri terkemuka di negaranya. Shanghai Electric pun mengekspor peralatan dan teknologi kelas dunia,” ujar Liu Ping.

Shanghai Electric membuat banyak pencapaian yang memecahkan rekor, baik di dalam dan luar negeri. Mengandalkan kemampuan dan keunggulannya, Shanghai Electric akan memanfaatkan tiga daya saing—manufaktur ekstrem, layanan terintegrasi dan daya saing SDM—untuk mengembangkan platform unggulan di industri yang terdiri atas peralatan utama, sistem terintegrasi, dan permodalan industri. Lewat langkah ini, Shanghai Electric segera memimpin tren terdepan pada periode 120 tahun berikutnya.

Shanghai Electric kini menjadi salah satu dari beberapa produsen global yang bergerak pada seluruh kategori peralatan energi. Di sisi lain, sektor energi menghasilkan lebih dari 80% emisi karbon Tiongkok. Maka, sektor ini menjadi kendala terbesar bagi Tiongkok untuk mencapai target beban puncak emisi dan netralitas karbon.

Shanghai Electric Berada di Peringkat Ke-40 dalam Daftar “2022 Top 250 International Contractors” Versi ENR

Sejak 2021, sejalan dengan insiden cuaca ekstrem yang kerap terjadi, serta ketegangan yang semakin intens dalam suplai energi dunia, banyak wilayah di Tiongkok mengalami kelangkaan energi. Kondisi ini pun mengemukakan pentingnya thermal ballast. Di tengah transisi masif dari pasokan bahan bakar fosil yang stabil menuju energi alternatif yang bergejolak, sebuah konsensus beredar di antara pelaku industri, yakni demi mencapai target penurunan karbon dalam rangka menjamin ketahanan energi, bauran yang saling melengkapi dan melibatkan multienergi kelak menjadi solusi terbaik dalam pengembangan energi konvensional dan terbarukan secara terintegrasi pada jangka panjang.

Chen Ganjin, Anggota Komite Partai Komunis, dan Vice President, Shanghai Electric, menekankan, struktur energi Tiongkok mengalami perubahan drastis selama dekade terakhir. Kapasitas terpasang pembangkit listrik tenaga surya dan pembangkit listrik tenaga bayu meningkat pesat, sedangkan porsi pembangkit listrik tenaga bayu menurun hingga setengahnya. Lebih lagi, pembangkit listrik tenaga nuklir kembali menjadi alternatif yang layak secara bertahap. Maraknya sumber energi terbarukan turut mendorong perkembangan pesat di segmen penyimpanan energi. Namun, akibat kondisi yang acak dan intermiten, sambungan energi terbarukan yang berskala besar dan memiliki rasio tinggi pada jaringan transmisi listrik menemui tantangan besar dalam bentuk kegiatan operasional jaringan transmisi listrik yang aman dan stabil.

Saat memaparkan lanskap ekosistem energi di Tiongkok, Chen menjelaskan, konsumsi listrik per kapita di Tiongkok masih relatif rendah dibandingkan negara dan wilayah lain di seluruh dunia. Hal ini mencerminkan potensi pertumbuhan besar di segmen listrik dan peralatan terkait. Maka, Shanghai Electric berkomitmen memenuhi kebutuhan ekosistem energi di Tiongkok, khususnya dalam segmen pembangkit listrik, transmisi listrik, penyimpanan listrik, dan penjualan listrik.

Shanghai Electric turut mengoptimalkan langkah untuk menggerakkan pertumbuhan segmen peralatan energi konvensional dan alternatif di Tiongkok, terutama di tengah target mencapai beban emisi karbon dan netralitas karbon. Shanghai Electric memiliki keahlian teknis teruji di segmen pembangkit listrik tenaga batu bara yang bersih dan efisien, pembangkit listrik nuklir yang aman dan canggih, serta regulasi gas dan kelistrikan yang efisien dan fleksibel. Lebih lagi, Shanghai Electric mengandalkan inovasi teknologi untuk meningkatkan portofolionya dalam segmen pembangkit listrik tenaga bayu, surya, penyimpanan energi, dan peralatan dan solusi penyimpanan energi yang berkaitan dengan hidrogen. Di saat yang sama, Shanghai Electric mempercepat transformasi dan mengeksplorasi skenario aplikasi lain untuk peralatan smart grid yang canggih.

Berdasarkan daya saingnya di segmen peralatan energi, Shanghai Electric membuat kemajuan penting dalam implementasi solusi sistem baru untuk pembangkit listrik tenaga batu bara, serta integrasi penyimpanan energi; integrasi source-grid-load-storage; serta, hidrogen hijau dan integrasi kimia. Lebih lagi, di tengah transformasi energi yang tengah berlangsung, Shanghai Electric menangkap peluang baru di segmen penyimpanan energi lewat baterai vanadium yang dikenal akan aspek keamanan, skalabilitas yang baik, serta siklus usia pakai yang awet.

Sejalan dengan target emisi puncak karbon dan netralitas karbon, Shanghai Electric berupaya menjalankan konsep “4+2+X” (“4” merujuk pada pembangkit listrik tenaga bayu, pembangkit listrik tenaga surya, penyimpanan energi, dan hidrogen; “2” merujuk pada peralatan intelligent industrial, serta alat medis premium; serta, “x” merujuk pada peluang baru di sektor energi). Di sisi lain, Shanghai Electric juga berfokus mendukung penurunan emisi karbon di sektor energi dan industri. Tujuannya adalah menciptakan sistem energi baru dan lengkap, serta solusi terintegrasi untuk kawasan industri yang ramah lingkungan dan rendah karbon.

Dengan mengandalkan keahlian teruji dalam segmen peralatan energi konvensional, Shanghai Electric ingin meningkatkan investasi pada peralatan dan teknologi inovatif yang melibatkan pembangkit listrik tenaga bayu, surya, hydroelectric dan panas bumi, penyimpanan energi, serta suplai listrik, jaringan transmisi listrik, beban listrik, dan penyimpanan hidrogen. Dengan demikian, Shanghai Electric tampil sebagai pemimpin industri yang mencapai target puncak emisi karbon dan netralitas karbon, serta menciptakan peralatan energi alternatif dan peralatan otomatis yang bermutu tinggi.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini