LANXESS Menampilkan Inovasi Teknologi Cold-Fill Velcorin di FI Asia 2022

Booth LANXESS Velcorin di ajang Pameran FI 2022

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Perusahaan khusus bahan kimia asal Jerman, LANXESS, memamerkan teknologi cold sterilization untuk minuman, Velcorin, pada 5-7 Oktober di pameran dagang The Food Ingredients Asia 2022 Bangkok, ajang pertemuan terkemuka bagi industri makanan dan minuman Asia Tenggara.

Velcorin digunakan di seluruh dunia sebagai penstabil untuk banyak kategori minuman – mulai dari minuman ringan berkarbonasi, es teh, jus, serta minuman olahraga dan energi, minuman bir campuran, sari buah apel, dan wine.

Inovasi yang dihadirkan meliputi unit dosis generasi baru Velcorin DT Motion yang dapat memastikan penambahan agen cold sterilization ke dalam minuman secara handal dan akurat. Selain botol baru dengan internal berlapis alumunium yang dikembangkan khusus untuk menyimpan dan mengangkut Velcorin. Kemasan anti pecah dan mudah didaur ulang di masa depan ini nantinya akan digunakan di seluruh dunia.

Penggunaan Velcorin juga dapat membantu perusahaan mencapai target sustainability, terutama dengan mengurangi konsumsi energi saat beralih dari hot filling atau tunnel pasteurization ke cold filling. Alhasil, botol PET yang dindingnya lebih tipis dapat digunakan. Bandingkan dengan hot filling yang lebih sedikit menggunakan PET.

“Kami tidak hanya menawarkan solusi sangat efektif dan hemat energi untuk cold sterilization minuman, tetapi juga memiliki keahlian yang diperlukan untuk menganalisis fasilitas dan proses produksi pada tingkat mikroba dan menyoroti pengoptimalan potensi apa pun,” kata Pegah Jabbari Lak, Product Manager Asia-Pacific untuk lini bisnis Beverage Technology, dari unit bisnis Material Protection Products (MPP) LANXESS.

Dalam konteks ini, perusahaan menjalankan dua laboratorium yang memiliki spesialisasi dalam teknologi aplikasi dan dilengkapi peralatan analisis kimia dan mikrobiologi yang canggih. Portofolionya mencakup dukungan uji coba pengisian skala kecil dan besar, serta bantuan terkait regulasi.

Siap Menghadapi Industri 4.0

Unit dosis generasi baru didasarkan pada desain mekanis yang telah dicoba dan diuji dari seri Velcorin DT Touch, yang ditingkatkan dan disempurnakan dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna yang lebih canggih. Velcorin DT Motion, misalnya, menawarkan tingkat otomatisasi dan digitalisasi yang lebih tinggi daripada pendahulunya, namun tanpa mempertimbangkan keamanan dan kehandalan. Seiring peningkatan software dan user interface yang lebih intuitif, berbagai user interface memungkinkan transfer data dan tampilan, memastikan bahwa generasi baru ini memenuhi persyaratan Industri 4.0 yang semakin ketat. Peralatan ini memiliki gateway IoT untuk pencadangan data, pembaruan software, dan manajemen pemeliharaan yang ditingkatkan – bahkan dengan kendali jarak jauh.

Salah satu fitur barunya yang menghemat waktu adalah persiapan otomatis untuk produksi dan pemantauan konstan, serta penyesuaian tingkat dosis yang ditentukan selama proses pengisian itu sendiri. Desain plug-and-play Velcorin DT Motion berarti dapat dengan mudah diintegrasikan di pabrik yang baru dan lama.

Kemasan baru untuk menggantikan gelas kaca

Pada event ini, LANXESS juga memamerkan kemasan terbaru untuk Velcorin. Botol dengan internal berlapis aluminium ini dikembangkan khusus untuk menyimpan dan mengangkut Velcorin, serta akan menggantikan botol kaca yang kini masih digunakan. Botol aluminium baru ini tidak hanya meningkatkan masa simpan Velcorin dari 12 menjadi 18 bulan, tetapi juga bisa digunakan untuk pengiriman melalui udara – dua manfaat utama di era kemacetan logistik global ini.

Kemasan baru ini juga dikembangkan terutama sebagai tanggapan atas semakin meluasnya kebijakan tanpa kaca, yang diberlakukan pelanggan di area produksi mereka. Selain itu, pelanggan dapat memasukkan kemasan yang ringan dan antipecah ini kembali ke siklus material, menghindari kebutuhan untuk mengumpulkan dan mengembalikannya.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini