Shanghai Electric Tuntaskan PLTS Mohammed bin Rashid Al Maktoum Tahap Lima 900 MW

PLTS Mohammed bin Rashid Al Maktoum Tahap Lima

BISNISASIA.CO.ID, SHANGHAI – Shanghai Electric mengumumkan, Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Mohammed bin Rashid Al Maktoum 900 MW Tahap B telah beroperasi. Sebagai bagian dari PLTS fotovoltaik (photovoltaic/PV) terbesar di dunia yang tengah dibangun, proyek ini akan mendukung langkah Dubai untuk memperbarui dan mengubah bauran energi dengan memasok 2,268 miliar kWh listrik per tahun setelah konstruksi selesai. Pasokan listrik ini memenuhi kebutuhan lebih dari 240.000 rumah dan menyingkirkan 1,1 juta ton emisi karbon setiap tahun.

“Kami sangat bangga atas pencapaian bersejarah yang kembali dibuat PLTS ini setelah Tahap B tersambung ke jaringan listrik pada 2021. Kini, pembangunan Tahap C tengah dilakukan, serta segera rampung pada 2023,” ujar Meng Chuanmin, Project Manager, PLTS Mohammed bin Rashid Al Maktoum Solar Park Fase V.

“Proses konstruksi PLTS MBR fase lima menemui sederet tantangan, dan memuncak ketika masa pandemi Covid-19 yang sangat menghambat rantai pasok global. Tim mengatasi kesulitan ini, serta menjamin pengadaan dan pengiriman bahan baku untuk proyek berlangsung secara tepat waktu guna menghindari tertundanya tahap konstruksi,” lanjut Meng.

Shanghai Electric juga sangat berupaya mengendalikan biaya. Dibandingkan masa sebelum pandemi, pengiriman barang lewat kontainer sangat terbatas, bahkan biaya transportasi kabel secara umum melonjak hingga 10 kali lipat. Agar proyek rampung sesuai dengan jadwal, tim mengirim kabel dengan kapal muatan curah (bulk carrier) meski solusi baru ini menambah beban kerja.

Lebih lagi, akibat pergerakan dan fluiditas natural dari bukit pasir di gurun, tim proyek juga menilai, lokasi konstruksi ternyata meningkat hingga ratusan ribu meter kubik dari angka survei sebelumnya. Maka, hal ini menimbulkan biaya tambahan sebesar $3 juta terhadap biaya proyek secara keseluruhan. Setelah menjalankan investigasi dan riset dengan teliti, Shanghai Electric menyusun sebuah rencana yang membantu tim mengatasi kendala tersebut sekaligus memastikan tak ada hambatan yang muncul terhadap perkembangan konstruksi.

Shanghai Electric Terus Berkomitmen Mempromosikan Persahabatan antara Tiongkok dan Pakistan pada Hari Persahabatan Sedunia

Acwa Power, pemilik, pengembang, dan operator PLTS Mohammed bin Rashid Solar tahap lima, menunjuk Shanghai Electric sebagai kontraktor teknik, pengadaan, dan rekonstruksi (EPC) untuk proyek tersebut pada 2020. Mulai Juli 2020, proyek ini terdiri atas Tahap A, B, dan C dengan kapasitas terpasang mencapai 1.050 MW.

Didukung tim internasional yang mempekerjakan lebih dari 2.500 orang pada puncak masa konstruksi, Shanghai Electric berupaya menyatukan tenaga kerja global, serta sumber daya dan pasokan terbaik guna membangun salah satu PLTS termutakhir di Uni Emirat Arab, seperti yang telah diakui pemilik dan mitra proyek. Di sisi lain, proyek ini juga menciptakan lebih dari 4.000 lapangan pekerjaan langsung, dan 10.000 kesempatan bekerja secara tidak langsung. Dengan demikian, proyek ini berperan besar dalam meningkatkan lapangan pekerjaan dan pembangunan ekonomi di wilayah lokal.

Shanghai Electric juga berpartisipasi dalam pembangunan PLTS Mohammed bin Rashid Al Maktoum tahap keempat yang berkapasitas 950 MW. Tahap keempat terdiri atas concentrated solar power (CSP) 700 MW dan PLTS fotovoltaik (PV) 250 mW. CSP dapat menyimpan energi panas pada siang hari yang akan digunakan pada malam hari untuk menghasilkan listrik. Hasilnya, PLTS ini menawarkan pasokan energi yang bersih, stabil, dan andal setiap saat.

Sejak dirintis pada 2018, proyek ini telah merekrut lebih dari 8.500 pekerja pada masa puncak konstruksi. Sementara, menara CSP 100 MW dan parabolic trough plant-II 200 MW direncanakan tersambung ke jaringan listrik pada akhir 2022. PLTS ini memiliki teknologi surya yang paling canggih di dunia, serta memasok energi bersih bagi sekitar 320.000 rumah tangga, dan menyingkirkan 1,6 juta emisi karbon setiap tahun. Maka, proyek ini mendukung Dubai mencapai visi energi terbarukan 2050.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini