Ribuan Ibu Rumah Tangga Miliki Toko Virtual Alfamart, Solusi Bisnis Retail di Masa Pandemi Persembahan WIR Group

Alfamind WIR Group

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – WIR Group (PT WIR Asia Tbk), perusahaan teknologi berbasis Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI) terkemuka di Asia Tenggara, melalui unit bisnisnya Mindstores menyediakan platform toko virtual guna memungkinkan masyarakat umum menjadi mitra untuk menjalankan toko ritel dan menjual berbagai produk yang tersedia secara digital. Platform toko virtual ini menjadi solusi bisnis yang efektif bagi masyarakat yang ingin memiliki usaha sendiri dan mencari penghasilan tambahan di tengah krisis.

Salah satu bukti kesuksesan Mindstores adalah hasil kolaborasinya dengan Alfamart, yakni Alfamind, jaringan toko virtual pertama yang memanfaatkan teknologi Augmented Reality dan Virtual Reality dengan model bisnis B2B2C. Alfamind memberikan peluang bagi masyarakat Indonesia untuk memiliki toko sendiri dengan modal yang minim yang bisa berjualan dari mana saja dan kapan saja tanpa harus repot operasional.

Dalam project kolaborasi ini, Mindstores berperan sebagai developer yang membuat sistem toko virtual Alfamind secara keseluruhan. Sementara itu, proses perekrutan Store Owner (sebutan untuk pemilik toko Alfamind), kurasi produk, proses registrasi dan approval serta marketing activity (training, pembinaan, promo, roadshow) dilakukan sepenuhnya oleh pihak Alfamind.

“Kami berharap platform teknologi yang diperkenalkan oleh Mindstores ini, dapat dimanfaatkan oleh masyarakat terutama ibu rumah tangga, sehingga di tengah kesibukan mengurus keluarga mereka masih dapat berbisnis dengan menjual produk atau layanan melalui saluran digital lintas platform. Dengan dukungan teknologi Virtual Reality yang dikembangkan WIR Group, pengguna akan mendapatkan pengalaman berjualan dan berbelanja yang imersif dan inovatif” ujar Adian Adhitama Bachtiar, CEO Mindstores. Saat ini Alfamind telah berhasil menarik sekitar seratus ribu pemilik toko virtual yang mengeluarkan hampir 25 ribu produk baru dan tujuh ribu transaksi perbulannya di lebih dari 400 kota di seluruh Indonesia.

Sementara Chief Sales & Marketing Officer WIR Group Gupta Sitorus mengutip data perkembangan pasar e-commerce di Indonesia yang menunjukkan pertumbuhan selama 2022 dengan lebih dari US$20 miliar pendapatan retail baru, yang digerakkan oleh 26 juta unit usaha yang sebagian besar berada di sektor UMKM, serta peningkatan nilai transaksi e-commerce sebesar 23% menjadi Rp108,54 triliun dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.

Kerja Sama WIR Group dan DCII Pastikan Pelindungan dan Keamanan Data di Metaverse

“Sejauh ini, dengan pengembangan teknologi yang dihadirkannya, Mindstores telah bermitra dengan sejumlah brand seperti Mili, Toko Awadah, dan MEDIV yang merupakan hasil kolaborasi dengan Kimia Farma. Kami berharap, berbagai inovasi dan kolaborasi Mindstores ini dapat menjadi inspirasi dan peluang usaha atau bisnis bagi masyarakat serta mampu menggerakkan berbagai potensi ekonomi guna mewujudkan visi perekonomian digital yang ingin dicapai pemerintah pada tahun 2023,” pungkas Gupta.

Tentang PT WIR Asia Tbk

WIR Group adalah salah satu pelopor perusahaan berbasis augmented reality (AR) di Asia Tenggara yang sudah membangun solusi untuk puluhan industri mancanegara dengan mengkombinasikan teknologi imersif seperti Virtual Reality (VR) & Artificial Intelligence (AI). Dalam inovasi terbesarnya yang dinamakan Metaverse Indonesia, WIR Group menyajikan pengalaman dunia Metaverse dengan mengedepankan unsur unsur kearifan lokal budaya Indonesia. WIR Group sebagai salah satu perusahaan teknologi perangkat lunak metaverse asal Indonesia rencananya akan memperkenalkan prototipe metaverse Indonesia pada November 2022 nanti.

WIR Group memiliki visi untuk menyediakan dunia Metaverse yang dapat dinikmati semua orang (A liveable world of metaverse for everyone) dalam memasuki era web 3.0. Sejak 2009, WIR Group telah menyelesaikan ribuan proyek dan melayani lebih dari 20 negara termasuk di antaranya Amerika Serikat, Jerman, Spanyol, Nigeria, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Myanmar & banyak lainnya. Selain itu, WIR Group juga telah mendapatkan banyak pengakuan internasional di antaranya Excellent Communications Design Apps dalam German Design Award 2020, AR Best Campaign at the Augmented World Expo’s 7th Annual Auggie Awards 2015 dan 2016 di Silicon Valley, Innovation 40 dari The New Economy London di London Stock Exchange, dan Metaverse Tech Companies to Watch in 2022 versi Forbes.

Perseroan dan Perusahaan Anak (selanjutnya disebut sebagai “WIR Group”) kemudian menyelesaikan berbagai proyek di bidang edukasi, penerbitan, dan game. WIR Group pada 2015 memperluas kegiatan usahanya untuk memberikan jasa layanan media/iklan, melalui unit teknologi DAV dan perdagangan ritel melalui Mind Stores yang berada. Pada 2019, Perseroan membentuk unit teknologi Minar untuk mengembangkan AR geo location based gaming. Pada tanggal 04 April 2022, PT WIR ASIA Tbk atau dikenal WIR Group resmi mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham WIRG.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini