Dole Sunshine Company Tingkatkan Komitmen terhadap Manusia, Bumi dan Kesejahteraan di Sierra Leone

Dole Sunshine Company

BISNISASIA.CO.ID, SINGAPURA – Setelah berkiprah selama empat tahun, tim yang semakin bertambah, serta investasi senilai lebih dari $70 juta, Dole Sunshine Company (DSC) memfasilitasi mata pencaharian yang lebih baik di Sierra Leone. DSC, berkomitmen mewujudkan Sunshine for All™ bagi pelanggan, tenaga kerja, dan konsumen di seluruh dunia, menyelesaikan proyek Fase 1 di sebuah negara di Afrika Barat. Proyek ini berfokus meningkatkan pembangunan regional, lapangan pekerjaan, dan kesehatan. Proyek ini juga memberikan tingkat kepastian yang lebih baik di kawasan tersebut, baik bagi pabrik dan perkebunan komersial DSC.

Pada 2017, DSC mulai beroperasi di area yang sebagian besar terpelosok di Sierra Leone. Area ini bahkan diliputi kemiskinan ekstrem, krisis pangan yang parah, dan akses terbatas terhadap layanan kesehatan, listrik, dan air. Perkebunan komersial dan pabrik diperkirakan mampu meningkatkan mata pencaharian lebih dari 8.000 orang pada 2024. Proyek yang tengah berjalan melibatkan pembangunan sebuah pusat kesehatan lokal dan unit perinatologi, pengembangan sektor pertanian, serta menghasilkan kesehatan dan sanitasi yang lebih baik di area tersebut. Produk bermutu dari Sierra Leone bahkan diekspor ke Uni Eropa, Timur Tengah, dan Amerika Utara.

“Sebagai perusahaan yang memegang prinsip, Dole Promise mendasari seluruh kiprah kami, dan menjadi unsur utama dari kegiatan operasional kami di Sierra Leone—menjawab berbagai isu di negara ini sekaligus menciptakan nilai tambah bagi pemegang saham dan pemangku kepentingan kami,” ujar Siddharth Ramaswamy, Chief Supply Chain Officer, Food & Beverages Group – Dole Sunshine Company. “Dengan kerja sama dan dukungan masyarakat, serta pemerintah Sierra Leone, kami berhasil meningkatkan mata pencaharian masyarakat, serta membuat perkembangan di wilayah ini dengan berbagai target kami. Hingga kini, kami segera mencapai dan melampaui rencana awal yang telah disusun. Hal tersebut sangat relevan dengan krisis pangan yang tengah terjadi akibat konsekuensi perang di Ukraina, hiperinflasi komoditas, dan disrupsi rantai pasok.”

Selain kegiatan produksi, DSC berfokus mendukung wilayah ini lewat berbagai cara termasuk:

  • Membuka sebuah pusat kesehatan yang berfokus pada perinatal, terbuka bagi seluruh tenaga kerja, keluarga mereka, serta seluruh perempuan hamil di Sumbuya Lugbu. Hal tersebut merupakan lompatan besar di Sierra Leone mengingat tingkat kematian ibu dan bayi yang masih tinggi (UNICEF).
  • Meningkatkan akses air dengan menyelesaikan penggalian 11 sumur pada Juni 2022, serta tiga sumur lagi yang tengah direncanakan selesai pada Februari 2023. Upaya ini akan memberikan akses air bagi 13 dari 22 desa di Sumbuya.
  • Mengatasi isu ketahanan pangan lewat pengembangan sektor pertanian.
  • Memperluas akses listrik melalui kemitraan bersama pemerintah.
  • Memfasilitasi peningkatan keahlian warga dengan sebuah pusat pelatihan, serta mendorong pertumbuhan dan kehadiran bank lewat bank komunitas, bahkan jumlah nasabah meningkat hingga 150%.
  • Mendorong pencapaian target konservasi alam dan keberlanjutan dengan mengolah tanah berkontur, kegiatan daur ulang, memantau konsumsi bahan bakar, serta praktik pertanian yang baru dan efisien.

“Sebagai sebuah perusahaan, kami memiliki motivasi di Sierra Leone berkat dampak positif yang telah terwujud, dan langkah berikutnya yang dapat diambil,” jelas Alex Riviera, Managing Director, Sierra Tropical Ltd. “Setelah mengirimkan produk dari Sierra Leone ke penjuru dunia, kami menyadari bahwa kami mendukung negara ini untuk bergerak ke depan, serta mengatasi banyak isu pada masa kini. Dan, kiprah ini tidak hanya merupakan investasi bagi masa depan Sierra Leone, namun juga meningkatkan fokus kami untuk mewujudkan hari yang cerah bagi semua orang.”

Di sisi lain, DSC terus menjajaki peluang pengembangan usaha di Afrika bersama mitra-mitra di negara lain, serta lembaga donor yang meningkatkan infrastruktur di Sierra Leone.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini