Gelar Youtap UMKM Academy, Youtap Ajak Calon Pelaku Usaha Mahasiswa buat UMKM Kekinian

Grand Final Youtap UMKM Academy 2022

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Besarnya peran generasi muda dalam menciptakan ragam inovasi di dunia usaha mampu menjadi akselerator untuk pertumbuhan UMKM nasional. Dalam semangat Hari UMKM Indonesia, Youtap Indonesia menggandeng Universitas Bina Nusantara (BINUS University), Universitas Atma Jaya (Unika Atma Jaya), serta didukung penuh oleh Jejaring Perguruan Tinggi Nusantara (NUNI), berkomitmen melahirkan lebih banyak UMKM Kekinian dari para calon pengusaha muda lewat serangkaian kegiatan, mulai dari pembekalan hingga kompetisi wirausaha dalam Youtap UMKM Academy 2022 (YUA).

Program yang berlangsung sejak Maret lalu telah memasuki tahap akhir kompetisi wirausaha, dimana YUA akhirnya sukses melahirkan tiga pemenang untuk menjadi UMKM Kekinian dari Youtap. Herman Suharto, CEO Youtap Indonesia sekaligus juri di YUA 2022 melihat ide – ide bisnis yang telah dirancang oleh mahasiswa out of the box. Hal ini menandakan bahwa kini telah lahir UMKM Kekinian, pahlawan tumpuan ekonomi negeri yang memiliki keinginan untuk tumbuh secara berkelanjutan. Kedepan diharapkan ide bisnis tersebut tak hanya dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru tetapi juga memberi dampak positif bagi masyarakat.

“Tingginya minat generasi muda untuk memulai berwirausaha sangat tercermin dari antusias mereka mengikuti rangkaian kegiatan YUA 2022. Sebagai teman usaha, kami secara konsisten mengajak semua pelaku usaha, termasuk mahasiswa sekalipun untuk dapat mengambil langkah digital dan memulai usaha secara efisien dan praktis agar dapat menjadi UMKM Kekinian. Lewat YUA 2022, Kami berharap akan lebih banyak tumbuh UMKM baru terutama dari kalangan – kalangan muda, sesuai dengan target dari pemerintah saat ini yang giat menambah satu juta wirausahawan mapan baru,” jelas Herman.

Ide menarik dapat dilihat dari lima peserta yang mampu lolos ke tahap final dan mempresentasikan proposal bisnisnya di depan juri. Contohnya, tim dengan nama Thunini yang memiliki business plan berupa produk abon tuna yang memberdayakan para nelayan dari wilayah NTT. Adapula rancangan bisnis Demitri yang akan menggunakan limbah sebagai bahan dasar untuk mendaur ulang pakaian dan popok menjadi karpet.

Setelah lahir tiga pemenang, Youtap siap mendukung pertumbuhan bisnis mereka lewat aplikasi Youtap POS yang bisa digunakan melalui tablet dan smartphone. Para calon pelaku usaha juga dapat langsung menggunakan fiturnya yang terintegrasi dengan portal yang terkoneksi dengan layanan Belanja Stok dan membuat Paket usaha yang mampu menunjang usaha-usaha baru maupun usaha yang sudah berjalan lewat kehadiran teknologi penerimaan pembayaran tunai dan non tunai, pembuatan tampilan katalog produk, hingga mengatur menu delivery maupun take away, dan beri kemudahan berbelanja semua kebutuhan usaha di fitur Belanja Stok.

Diah Wihardini, Ph.D, sebagai Ketua NUNI dan juga selaku Direktur BINUS Global (BINUS University) menyampaikan rasa bangganya terhadap antusias kalangan – kalangan muda yang tinggi terhadap UMKM. “Dalam kurun waktu beberapa bulan, Youtap telah berkontribusi memberikan insight yang menarik dari dunia usaha dan industri, yang berguna untuk memperkaya pengetahuan dan pengembangan softskill mahasiswa. Kami berterima kasih atas konsistensi Youtap yang akhirnya dapat melahirkan ide bisnis yang berdaya saing tinggi. Kami berharap dukungan teknologi yang diberikan Youtap mampu menjadikan para mahasiswa sebagai pelaku usaha yang memiliki daya saing tinggi.” ujarnya.

Sejak Maret 2022, Youtap telah menjalankan program pembekalan wirausaha yang telah diikuti oleh lebih dari 700 mahasiswa. Beberapa webinar yang telah dibawakan untuk menggali kemampuan dalam berwirausaha antara lain kepemimpinan, pertumbuhan bisnis, hingga riset pasar terutama di era digital saat ini.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini