Bank DBS Dinobatkan sebagai Bank Terbaik di Dunia selama 5 Tahun Berturut-turut

Ilustrasi

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – DBS Bank Ltd (Bank DBS) sekali lagi dinobatkan sebagai Bank Terbaik di Dunia oleh Global Finance, majalah finansial yang berbasis di Amerika Serikat, menandakan kali ketiga Bank DBS memperoleh penghargaan ini sejak tahun 2018. Ini menjadi penghargaan bank terbaik global ketujuh yang telah Bank DBS menangkan dalam kurun waktu lima tahun, menegaskan posisi Bank DBS sebagai institusi yang visioner, memimpin di industri, dan terdepan dalam bidangnya.

“Ekonomi global mulai kembali pulih dari masa yang penuh tantangan pada tahun 2020, seperti kata pepatah bahwa laut yang tenang tidak menghasilkan pelaut yang tangguh,” ungkap Joseph D. Giarraputo, pendiri dan direktur editorial, Global Finance. “Bank DBS berhasil mengubah 2021 menjadi tahun yang luar biasa dengan rangkaian akuisisi strategis, kemajuan besar dalam digitalisasi, dan dedikasi terhadap keberlanjutan. Investasi ini juga menghasilkan neraca dan laba bersih yang menggembirakan bagi bank, membuktikan bahwa Bank DBS memahami cara menavigasi masa-masa sulit.”

Dalam 18 bulan terakhir, Bank DBS terus membangun kekuatan dasarnya, sembari menjaga kinerja keuangannya agar tetap tangguh serta memberikan dukungan bagi para pemangku kepentingan dan masyarakat luas. Bank DBS melihat adanya potensi laba yang besar dari market regional Bank DBS yang berkembang, dengan momentum bisnis yang sehat di India setelah kesuksesan penggabungan Laskhmi Vilas Bank dan meningkatkan proposisi nasabah dari investasi Bank DBS di Shenzhen Rural Commercial Bank di Tiongkok. Bank DBS juga semakin memperkaya jejak regionalnya pada bulan Januari 2022 dengan mengakuisisi bisnis perbankan konsumen Citigroup di Taiwan. Di lini bisnis baru, bank meluncurkan DBS Fixed Income Execution (FIX) Marketplace – platform eksekusi pendapatan tetap digital dan otomatis pertama di Asia – dan melihat pertumbuhan yang stabil dari DBS Digital Exchange (DDEx) yang mencatatkan lebih dari SGD 1,1 miliar nilai perdagangan untuk FY2021. Dalam hal keberlanjutan, Bank DBS meningkatkan portofolio keuangan berkelanjutan menjadi SGD 52,7 miliar, melebihi target Bank DBS jauh lebih cepat yaitu SGD 50 miliar pada tahun 2024. Bank juga berkomitmen untuk menggencarkan tambahan dana sebesar SGD 100 juta untuk melanjutkan upayanya meningkatkan kualitas hidup banyak orang di Asia melalui DBS Foundation. Baru-baru ini pada bulan Juli 2022, Bank DBS telah menyelesaikan pembangunan salah satu gedung perkantoran berlantai empatnya – DBS Newton Green – sebagai bangunan emisi nol bersih pertama yang dihadirkan oleh bank di Singapura.

Bank DBS Indonesia dan Kebun Kumara Ajak Masyarakat Kelola Sampah Makanan lewat Program “Kompos Kolektif”

Piyush Gupta, CEO Bank DBS, mengungkapkan, “Kami merasa terhormat atas penghargaan Bank Terbaik di Dunia oleh Global Finance. Terlepas dari situasi operasional yang menantang di tahun 2021, tahun tersebut justru menjadi tahun terbaik kami sejauh ini, mencatatkan rekor pendapatan seraya tetap teguh memberikan dukungan bagi para nasabah, karyawan, dan masyarakat. Transaksi anorganik yang dijalankan dan bisnis baru yang diluncurkan akan memperkuat waralaba kami dan mengukuhkan posisi Bank DBS pada satu dekade mendatang. Di masa mendatang, ketika prospek ekonomi makro dipenuhi dengan ketidakpastian, kami akan senantiasa waspada dan gesit, sambil tetap menjadi yang terdepan dalam memanfaatkan teknologi terkini dan membangun masa depan yang berkelanjutan.”

Bank DBS pertama kali dinobatkan sebagai ‘Bank Terbaik di Dunia’ oleh Global Finance pada tahun 2018, menandai kemenangan perdananya atas penghargaan bank terbaik global. Setelahnya, Bank DBS terus menerima penghargaan serupa dari Euromoney yang berbasis di Inggris (Bank Terbaik Dunia – 2019, 2021), media Financial Times serta The Banker (Global Bank of the Year – 2018, 2021), dan ditambah dengan penerimaan penghargaan tertinggi Global Finance sebanyak dua kali, yaitu pada tahun 2020 dan 2022, sehingga akumulasi penghargaan global Bank Terbaik di Dunia yang diperoleh adalah tujuh prestasi dalam lima tahun berturut-turut (2018-2022) – suatu prestasi yang tak tertandingi oleh bank manapun secara global. Pada tahun ini, Bank DBS juga masuk ke dalam daftar Top 100 Best Workplaces for Innovators oleh Fast Company yang berbasis di Amerika Serikat, peringkat ke-29 secara global, dan merupakan satu-satunya perusahaan yang berkantor pusat di Singapura yang masuk dalam daftar tersebut.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini