Omdia: Volume Penjualan Layar “Transformable” akan Meningkat Menjadi 117,7 Juta Unit pada 2029

Transformable display unit forecast by display technology

BISNISASIA.CO.ID, LONDON – Setelah teknologi layar monitor mengalami peningkatan dari sisi bending radius (BR) dan transmittance (TR), volume penjualan layar transformable diperkirakan mencapai sekitar 117,7 juta unit pada 2029, dan pangsa pasarnya dalam segmen produk layar panel datar tercatat sebesar 2,7%, menurut riset terbaru dari Omdia.

Omdia mendefinisikan layar transformable dari sisi bending radius dan transmittance. Maka, Omdia menggolongkan produk ini sebagai layar yang dapat ditekuk, dilipat, digulung, direntangkan, dan transparan. Layar lipat (foldable) diperkirakan menjadi bentuk produk (form factor) yang paling berkembang hingga 2029, sebab banyak digunakan pada ponsel pintar premium. Volume penjualan layar lipat diprediksi meningkat menjadi 107,5 juta unit pada 2029, dan pangsa pasarnya dalam segmen produk layar panel datar tercatat sebesar 2,5%, sedangkan, CAGR akan mencapai 28,0% dari 2022-2029.

Layar OLED (Organic Light Emitting Diode) diperkirakan tampil sebagai teknologi yang paling banyak mendapat sorotan ketimbang jenis layar transformable lain. Layar OLED tergolong self-emissive dan memiliki struktur tipis sehingga fleksibel dan transparan, serta memfasilitasi beragam desain layar transformable, seperti layar lipat.

Omdia prediksi nilai pendapatan di segmen pasar XDR segera tembus $3 miliar pada 2026

“Selama dua dekade terakhir, sebagian besar produsen panel telah menghadirkan atau meluncurkan berbagai jenis layar transformable. Layar OLED terbukti sebagai produk multifungsi pada segmen layar transformable, sedangkan, teknologi layar lain masih terbatas dari sisi bending radius dan transmittance,” ujar Jerry Kang, Omdia Research Manager. “LCD (Liquid Crystal Display) terus mendominasi segmen layar transparan berdasarkan wilayah penjualan berkat popularitasnya di segmen showcase dan cooler, sebab sumber cahaya LCD mudah dipasang.”

Penjualan layar transformable telah meningkat secara perlahan di tengah terbatasnya permintaan untuk penggunaan terbatas pada produk-produk seperti ponsel pintar layar lipat, TV yang dapat digulung (rollable TV), transparent cooler, dan lain-lain dibandingkan penggunaan pada barang-barang konsumer yang biasa ditemui, seperti ponsel pintar, jam pintar, komputer tablet, dan lain-lain. Meski segmen ini tidak diprediksi berkembang pesat dalam jangka pendek, bentuk produk yang inovatif dapat dan telah memperluas penggunaan layar transformable, seperti layar fleksibel yang cepat menjangkau segmen layar ponsel pintar.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini