Laba Bersih Mega Perintis (ZONE) Melonjak 184% YOY pada Semester I-2022

manZONE

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – PT Mega Perintis Tbk (ZONE), emiten yang bergerak di bidang ritel fashion, berhasil menorehkan capaian yang positif pada semester I-2022. ZONE meraih kenaikan laba bersih yang signifikan pada enam bulan pertama tahun ini, dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Berdasarkan laporan keuangan perusahaan, laba bersih ZONE pada semester I-2022 sebesar Rp52 miliar. Capaian ini naik signifikan sebesar 184% dari semester I-2021, yang saat itu hanya memperoleh laba bersih Rp18,3 miliar.

Perolehan laba bersih yang melonjak ini didukung oleh penjualan ZONE yang terus naik. Pada periode Januari-Juni 2022, penjualan bersih ZONE meningkat 33% secara tahunan menjadi Rp355,7 miliar. Sedangkan pada periode yang sama tahun lalu, penjualan bersih ZONE sebesar Rp266,8 miliar.

Verosito Gunawan selaku Direktur Utama ZONE mengatakan, “Perseroan kembali mencatat kinerja positif dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini didukung oleh mulai pulihnya ekonomi dari dampak pandemi Covid-19, juga momen penting untuk industri fashion yaitu lebaran tahun ini, di mana masyarakat sudah dapat beraktivitas kembali termasuk mudik. Kami berharap agar situasi kondusif ini terus berlanjut.”

Peningkatan kinerja di enam bulan pertama tahun ini juga dibarengi dengan peningkatan aset Perseroan. Total asset ZONE pada semester I-2022 sebesar Rp601,7 miliar, naik sebesar 7% dari total aset di periode yang sama tahun lalu, yang saat itu sebesar Rp562,7 miliar. Sedangkan total liabilitas ZONE pada semester I-2022 sebesar Rp275,2 miliar.

Untuk terus melanjutkan capaian positif ini, ZONE terus melakukan ekspansi bisnis untuk mendorong peningkatan penjualan baik secara online dan offline. Di tahun ini, ZONE menargetkan menambah 40 gerai baru untuk penjualan offline. Sampai dengan 31Juli 2022, Perseroan telah membuka 23 gerai baru dan sisanya 17 gerai akan direalisasikan sampai akhir tahun 2022. Salah satu konsep baru dari gerai penjualan adalah Salezone. Konsep ini memadukan gerai lifestyle & sport wear discounted store dengan target pasar di luar pusat perbelanjaan umumnya. Gerai ini dikembangkan di sejumlah lokasi, seperti tempat transit/rest area jalan tol dan toko yang berdiri sendiri.

Selain itu, Perseroan juga sedang memprioritaskan peningkatan penjualan secara daring. Divisi khusus telah disiapkan utuk mendukung segmen penjualan online, baik melalui situs milik sendiri maupun melalui berbagai marketplace.

Di tahun ini juga, Perseroan telah menambah variasi produk setelah mengakuisisi merek EDWIN pada April 2022 lalu. ZONE melakukan pembelian Hak Kekayaan Intelektual EDWIN dan persediaan barang dagang dari PT Saptakharisma Cemerlang yang bukan termasuk afiliasi.

“Dengan sejumlah langkah bisnis yang kami lakukan, kami yakin dapat mencapai target penjualan pada tahun 2022 ini, naik 20% dibandingkan dengan realisasi 2021. Kedepannya, dengan prospek bisnis yang semakin cerah, kami akan terus melakukan langkah strategis, tidak hanya dengan penambahan gerai tapi juga adaptasi terutama dalam pengembangan digitalisasi, sehingga ZONE dapat mempersiapkan diri menjadi omni channel retail,” tutup Verosito Gunawan.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini