
BISNISASIA.CO.ID, KUALA LUMPUR – Whale Cloud, perusahaan teknologi terkemuka yang menyediakan solusi dan layanan perangkat lunak di industri telekomunikasi dan berbagai sektor lain, hari ini mengumumkan, seluruh pelanggan U Mobile berhasil dimigrasi dari sistem lama ke cloud-native BSS. Maka, U Mobile, perusahaan layanan data asal Malaysia yang telah memenangkan penghargaan, dapat meningkatkan kemampuannya dalam melayani pelanggan, memperbesar efisiensi, dan menangkap peluang bisnis baru lewat rangkaian cloud-native BSS Whale Cloud.
Alasan Strategis
Meski pasar telekomunikasi di Malaysia berkembang pesat, Penyelenggara Jasa Telekomunikasi di negara ini semakin menghadapi tantangan dalam menarik dan mempertahankan pelanggan. Demi meningkatkan dan menjaga daya saingnya, U Mobile memutuskan untuk mengalihkan sistem CRM dan Tagihan ke Whale Cloud. Keputusan ini diambil U Mobile sebab Whale Cloud menyediakan teknologi yang siap menghadapi masa depan pada infrastruktur TI yang lebih terbuka dan modern.
Meningkatkan Nilai Tambah
Setelah migrasi selesai, U Mobile akan mampu meningkatkan aspek time-to-market, serta mewujudkan pengalaman pelanggan omni-channel dan dipersonalisasi dengan melibatkan pelanggan secara lebih interaktif. Platform API yang standar dan berorientasi pada microservice juga mendukung U Mobile mencapai integrasi yang mudah dengan aplikasi eksternal. Integrasi ini menciptakan ekosistem mitra yang meningkatkan nilai tambah bagi pelanggan. Di sisi lain, U Mobile juga dapat memangkas biaya dengan mendorong pelanggan memakai kanal yang lebih efisien dan cepat. Dengan memfasilitasi personalisasi, Whale Cloud BSS juga memberikan peluang bagi U Mobile untuk meningkatkan pendapatan, sebab sistem yang baru ini membantu U Mobile merancang layanan atau produk secara khusus menurut target pertumbuhan bisnis.
Kemitraan Erat
Selama proyek migrasi berlangsung, Whale Cloud turut menyediakan jasa konsultasi lengkap yang menjamin proses migrasi berada pada jalur yang tepat. Maka, Whale Cloud bekerja sama dengan U Mobile, menjalankan evaluasi maturitas, dan selalu menilai peluang optimasi bisnis.
Akibat pandemi, U Mobile dan Whale Cloud harus mengadopsi model ketersediaan layanan jarak jauh berdasarkan Digital Transformation Delivery Framework (DTDF) dari Whale Cloud. Pendekatan yang ringkas dan cepat ini membuat platform lama dan baru berjalan secara paralel, serta mencapai migrasi yang lancar demi mengatasi risiko, dan meningkatkan perkembangan kegiatan bisnis bagi U Mobile tanpa berdampak pada pengalaman pelanggan.
“U Mobile gembira memigrasi seluruh pelanggan ke BSS Whale Cloud. Proses ini berlangsung selama dua setengah tahun, dan sepanjang periode tersebut, tim Whale Cloud memberikan konsultasi, mengawasi, dan memfasilitasi prosesnya sehingga data pelanggan dimigrasi secara lancar ke rangkaian solusi telekomunikasi Whale Cloud yang berbasiskan komputasi awan. U Mobile ingin memperoleh segala manfaat dari Sistem CRM dan Tagihan yang baru,” ujar Neil Tomkinson, Chief Information Officer, U Mobile.
“Whale Cloud gembira mendukung transformasi digital U Mobile dengan menyediakan seluruh produk dan solusi lengkap. Proyek ini sangat penting bagi U Mobile dan Whale Cloud. Kami akan mempererat kemitraan ini dengan mengeksplorasi berbagai peluang dalam segmen pembayaran, eCommerce, dan layanan Tekfin,” jelas Ben Zhou, CEO, Whale Cloud International.(BA-06)