Shanghai Electric Terus Berkomitmen Mempromosikan Persahabatan antara Tiongkok dan Pakistan pada Hari Persahabatan Sedunia

Shanghai Electric memberikan panduan konstruksi untuk karyawan Pakistan.

BISNISASIA.CO.ID, SHANGHAI – Shanghai Electric mengumumkan, bertepatan dengan Hari Persahabatan Sedunia, pihaknya akan meneruskan upaya berkelanjutan untuk mempromosikan persahabatan Tiongkok-Pakistan, serta berkontribusi terhadap komunitas lokal di Pakistan.

Pada 28 Maret lalu, kebakaran melanda desa Varwai yang terpencil, tepatnya di distrik Islamkot Tharparkar, Provinsi Sindh, Pakistan. Karena iklim kering di kawasan tersebut, api pun cepat menyebar di seluruh desa. Namun, fasilitas pemadam kebakaran di desa terpencil ini agak terbatas.

Lokasi pertambangan batu bara Thar dan pembangkit listrik Thar milik Shanghai Electric tidak jauh dari desa ini. Setelah mengetahui insiden kebakaran, tim proyek pun mengaktifkan rencana penyelamatan dari bencana kebakaran, mendirikan pusat komando penyelamatan sementara, serta memberikan instruksi penyelamatan darurat, lalu mengerahkan truk dan petugas pemadam kebakaran menuju lokasi kebakaran.

Tim tersebut membantu 38 keluarga dan 86 rumah untuk bertahan dari bencana kebakaran. Di sisi lain, Shanghai Electric juga menawarkan program edukasi dan pelatihan tentang hal-hal teknis dan keselamatan. Shanghai Electric turut menggelar kursus dalam bahasa Mandarin dan kursus-kursus lain kepada tenaga kerja lokal demi meningkatkan keahlian komunitas lokal, serta memfasilitasi pertukaran budaya dan mempererat persahabatan antara kedua negara.

Petugas pemadam kebakaran Shanghai Electric tampil sebagai pahlawan yang memberikan bantuan, mencerminkan persahabatan Tiongkok-Pakistan

Tim Shanghai Electric cepat mempelajari situasi kebakaran sehingga menyusun rencana penyelamatan terbaik—mengambil air dari sumur terdekat dan segera mengirimkannya kepada desa yang terdampak dengan truk pemadam kebakaran yang berkapasitas 50 kubik meter. Setelah menyelesaikan isu seputar pasokan air, tim ini menyapu material yang mudah terbakar di sekitar lokasi penyimpanan kayu agar mudah memadamkan api. Setelah rencana ini terkonfirmasi, departemen proyek pertamabangan batu bara Thar mengerahkan tenaga kerja, serta mengirim enam unit pemadam kebakaran, empat truk pengangkut, dan 52 petugas yang membantu pemadaman api.

Shanghai Electric New Energy Development Terbentuk guna Mempercepat Ekspansi Bisnis yang Ramah Lingkungan & Rendah Karbon

Meski kebakaran lebih parah dari yang diperkirakan, tim segera meminta tambahan bantuan kepada departemen proyek pembangkit listrik Thar. Tim pembangkit listrik Thar pun mengerahkan dua truk pemadam kebakaran dengan tekanan tinggi, serta tim pemadam kebakaran tambahak ke lokasi bencana.

Fokusnya adalah menyelamatkan warga, lalu melindungi properti. Hal ini mengurangi kemungkinan jatuhnya korban jiwa. Setelah bekerja keras selama lebih dari enam jam, 38 keluarga dan 86 rumah di desa tersebut berhasil diselamatkan tanpa jatuhnya korban jiwa di kalangan petugas pemadam kebakaran.

Aksi pemadaman kebakaran hanya salah satu dari komitmen Shanghai Electric dalam memenuhi tanggung jawab sosial, serta melayani komunitas lokal. Sejak meluncurkan proyek pertambangan batu bara Thar dan proyek pembangkit listrik Thar, Shanghai Electric telah menggelar beragam aktivitas untuk melayani publik yang bermanfaat bagi warga setempat.

Shanghai Electric pun telah menyalurkan bantuan keuangan dan materi, serta insinyur dan teknisi di wilayah lokal sebagai rencana untuk membimbing tenaga kerja Pakistan tentang praktik terbaik dalam pelaksanaan proyek konstruksi. Demi mengatasi kendala bahasa dan pembatasan di sekitar lokasi konstruksi, Shanghai Electric melatih tenaga kerja lokal di lokasi proyek dan secara tatap muka. Tujuannya, membentuk tim yang terdiri atas praktisi Pakistan yang sangat ahli.

Shanghai Electric turut menggelar program edukasi dan pelatihan, termasuk edukasi tentang aspek keselamatan kerja dan pelatihan tentang penggunaan alat-alat konstruksi secara aman untuk teknik sipil, serta instalasi kelistrikan dasar, dan regulasi tentang kegiatan operasional dan konstruksi. Sederet upaya ini tak hanya ikut meningkatkan kehidupan komunitas lokal, namun juga menjadi landasan yang baik untuk mempererat persahabatan antara Tiongkok dan Pakistan.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini