Inovasi Digital: Huawei Lansir Solusi Infrastruktur Digital MEGA

Ilustrasi

BISNISASIA.CO.ID, SINGAPURA – Di ajang Huawei Intelligent Finance Summit 2022, Huawei mengemukakan infrastruktur digital finansial Multi-domain collaborative, Efficient, Green, and Autonomous (MEGA), serta melansir solusi yang membantu transformasi digital di industri keuangan.

Infrastruktur MEGA menjadi tren global di dunia keuangan

Memanfaatkan tren yang semakin mencuat, yakni layanan keuangan yang sepenuhnya terkoneksi, cerdas, dan dapat dipakai dalam seluruh skenario penggunaan, inovasi digital merupakan daya saing utama untuk pertumbuhan bisnis, daya tahan operasional, dan keberlanjutan. Inovasi digital pun menjadi motor penggerak penting dalam ekonomi digital dunia. Pengalaman digital pengguna yang terbaik dan inovasi bisnis mempercepat transformasi digital di industri keuangan.

Dr. Margaret Hu, President, Marketing and Solution Sales, Global Digital Finance, Huawei, berkata: “Dalam konteks transformasi digital dan cerdas di dunia keuangan, Huawei akan berkolaborasi dengan mitra-mitranya guna menjawab tantangan mendatang, serta membantu sektor keuangan membangun infrastruktur digital MEGA.”

MEGA mencakup kolaborasi multidomain, efisien, ramah lingkungan, dan otonom. Huawei meyakini, MEGA berperan besar dalam evolusi infrastruktur digital di dunia keuangan pada era baru. Untuk membangun infrastruktur digital MEGA, daya komputasi, penyimpanan data, dan konektivitas akan mengalami perubahan agar lembaga keuangan mencapai efisiensi tinggi, ketersediaan layanan yang baik, dan kinerja yang unggul melalui Cloudification Collaboration, Cross domain Collaboration, dan Heterogeneous Collaboration secara mendalam.

Nicholas Ma, President, Enterprise Business Group, Huawei Asia Pacific Region, Huawei, berkata: “Demi membangun layanan keuangan yang sehat dan berkelanjutan, kita hanya dapat mempercepat langkah bersama lewat kolaborasi ekosistem yang sehat dan berkelanjutan. Kami berencana meningkatkan kolaborasi ekosistem bersama mitra global untuk memenuhi permintaan digital di sektor keuangan. Upaya ini ditempuh berdasarkan kemampuan riset fundamental, solusi inovatif, platform teknologi, dan Huawei Cloud.”

Huawei Luncurkan Solusi Digital Banking 2.0 yang Memanfaatkan Platform Temenos

Menggerakkan transformasi digital dengan inovasi, Huawei melansir Solusi Infrastruktur MEGA

Mengandalkan berbagai teknologi dan keahlian teknologi unggulannya, Huawei berkolaborasi dengan mitra untuk mengembangkan solusi infrastruktur digital yang inovatif.

  • Storage-Optical Connection Coordination (SOCC) yang pertama di industri: Kombinasi dari deteksi titik kerusakan transmisi optik hingga jenjang milidetik dan algoritma peralihan (switchover) penyimpanan data yang cepat mempersingkat durasi link switchover I/O dari 120 detik menjadi dua detik ketika jalur transmisi mengalami kerusakan, menjamin kegagalan transaksi tidak terjadi dan ketersediaan layanan daring 24/7 untuk klien di sektor keuangan.
  • Multi-Domain Controller (MDC): Sarana public cloud, private cloud, dan pusat data konvensional milik klien di sektor keuangan saling terisolasi sehingga mempersulit kolaborasi berbagai departemen pada jaringan O&M. Solusi MDC menerapkan verifikasi simulasi pada seluruh jaringan dan konfigurasi satu klik yang menurunkan efisiensi perubahan jaringan dari hitungan hari hingga menit.
  • Converged Storage Pool: Demi memenuhi kebutuhan klien atas berbagai lingkungan kerja, seluruh data dari mesin fisik, VM, kontainer, atau public cloud, dapat disimpan pada satu data resource pool dan dikelola secara terpusat dengan memakai Huawei Data management engine (DME). Solusi menyatukan sarana data, dan meningkatkan utilisasi sumber daya secara keseluruhan dari 40% hingga 70%, serta memangkas TCO sebesar 30%.
  • Jaminan Proteksi Data: Dalam skenario antivirus dan anti-ransomware, firewall, all-flash production, dan all-flash backup dikombinasikan untuk mencapai proteksi terintegrasi, mulai dari deteksi virus, pencegahan, isolasi hingga pemulihan data (recovery data). Tingkat deteksi virus pun meningkat dari 99,5% hingga 99,9%, sedangkan, durasi pencadangan data (backup) dan pemulihan data dipersingkat hingga lima kali lipat. Solusi ini secara efektif mencegah serangan virus seperti ransomware dan menjamin keamanan layanan keuangan.
  • Huawei bekerja sama dengan Netis untuk mengembangkan solusi O&M cerdas pada jenjang layanan untuk industri keuangan. Guna menangani sederet tantangan yang dihadapi solusi ini dalam sektor O&M TI, O&M layanan, aplikasi, komputasi awan, pusat data, jaringan, dan perangkat dapat divisualisasikan secara terpadu, meliputi seluruh tautan.
  • Huawei & Tongdun bersama-sama mengembangkan Intelligent Risk Decision: Memadukan decision-making engine unggulan Tongdun, kapabilitas model management, dan, bersama Huawei Cloud, teknologi data & kecerdasan buatan (AI) terkemuka seperti Hetu, DGC, Lakehouse, dan GES. Solusi ini membantu klien di sektor keuangan untuk meningkatkan efisiensi pengambilan keputusan hingga lebih dari 70% dalam skenario penggunaan seperti anti-fraud dan credit rating. Durasi respons rata-rata dalam skenario penggunaan konkuren dan berskala besar dapat mencapai kurang dari 50 milidetik. Lebih lagi, ratusan aturan dan model algoritma dapat dikembangkan, serta memfasilitasi implementasi cepat dan memenuhi tantangan layanan.

Hingga kini, Huawei telah melayani lebih dari 2.000 klien di sektor keuangan yang tersebar di lebih dari 60 negara dan wilayah, termasuk 49 dari 100 bank terbesar di dunia.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini