Huawei & MuRong Luncurkan Solusi “Mobile Payment and Micro Finance”

Ilustrasi

BISNISASIA.CO.ID, SINGAPURA – Di ajang Huawei Intelligent Finance Summit 2022, Huawei dan Murong meluncurkan Solusi Mobile Payment and Micro Finance (Pembayaran Seluler dan Keuangan Mikro). Solusi ini mencerminkan inovasi teknologi unggulan untuk keuangan inklusif. Berkat solusi ini, inklusi keuangan dapat menjawab peluang dan tantangan Industri Keuangan.

Transformasi dan inovasi digital tengah berkembang pesat. Di saat bersamaan, peluang dan tantangan pun saling berdampingan di era pascapandemi, seperti layanan nontunai, nonkartu (cardless), nirkontak (contactless), dan lain-lain. Jumlah pengguna dompet seluler (mobile wallet) juga berkembang pesat. Bahkan, skala pasar Mobile Payment diperkirakan meningkat menjadi 1,3 miliar pada 2023, melampaui kartu kredit dan uang tunai, dengan tingkat penggunaan yang kian pesat. Investasi dan inovasi TekFin juga terus bertambah dari tahun ke tahun.

Singkatnya, Mobile Finance dan Micro Finance kini menjadi kebutuhan bagi setiap orang dan sangat terkait dengan beragam gaya hidup.

Maka, Huawei dan MuRong meluncurkan solusi Mobile Payment and Micro Finance guna membantu bank membangun solusi terpadu dengan konsep “1+4+7”.

“1” merujuk pada platform Cloud-Native yang disediakan Huawei,

“4” mencerminkan empat jenis aplikasi finansial, yakni Micro Saving, Micro Loan, Mobile Payment, dan Digital Marketing. Aplikasi-aplikasi ini dikelola oleh platform layanan keuangan MuRong Inclusive,

“7” mencakup produk spesifik, yaitu SuperAPP, Micro Saving, Micro Loan, Open Banking, Digital Payment, Digital Marketing, dan Digital Operating.

Huawei: Membentuk Layanan Keuangan yang Lebih Cerdas dan Ramah Lingkungan secara Kolaboratif

Di sisi lain, “N” berarti, bank dapat menyediakan skenario finansial jenis “N” yang menghubungkan pengguna akhir, dan membantu pihak gerai mengakuisisi pelanggan sehingga sangat meningkatkan daya tarik bank bagi pihak gerai.

Lewat solusi ini, Bank Komersial, Lembaga Pembayaran, Operator Telekomunikasi, dan Perusahaan Tekfin dapat saling terhubung, dan sama-sama berinovasi untuk menguntungkan satu dengan yang lainnya.

Global Senior Consultant, MuRong Technology Solution Center, Han Yidong, berkata, “MuRong adalah vendor terkemuka di dunia yang menyediakan solusi TI untuk keuangan digital. Kami telah berkolaborasi dengan Huawei guna mengintegrasikan inovasi teknologi digital dan mengeksplorasi pasar keuangan inklusif.”

“Meninjau kembali kerja sama antara Huawei dan Murong, pencapaian nyata telah terwujud. Lebih lagi, solusi inovatif tengah dikembangkan secara bersama, dan kolaborasi yang semakin erat dengan Murong akan terus berjalan demi menciptakan nilai tambah baru bagi klien kami,” ujar Song Danping, President, Global Ecosystem Cooperation, Huawei Global Digital Finance.

Ke depan, Huawei akan terus menginkubasi semakin banyak solusi keuangan dengan memanfaatkan teknologi inovatif dan berkolaborasi dengan mitra. Tujuannya adalah mempercepat solusi yang dikembangkan secara kolaboratif bagi klien di sektor keuangan global untuk Membentuk Layanan Keuangan yang Lebih Cerdas dan Ramah Lingkungan.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini