Pentingnya Riset dalam Berbisnis di Internet

Ilustrasi

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Mengenali calon konsumen produk yang kita dijual lewat internet sangat penting. Pasalnya, latar belakang pengguna internet yang menjadi calon konsumen berbeda-beda. Oleh karena itu, riset sangat penting sebelum berjualan di internet untuk mengenali calon pelanggan.

Demikian yang mengemuka dalam webinar bertema “Jangan Takut Membangun Usaha di Era Digital”, Senin (18/7), di Makassar, Sulawesi Selatan. Sebagai narasumber webinar adalah Relawan TIK Kalimantan Barat Agun Harani; Ketua Prodi Bisnis Digital IBK Nitro Fadliyani Nawir; dan Abdul Hamid Hasan selaku Pengurus Relawan TIK Sidoarjo.

Dalam webinar tersebut, Agun menyebutkan langkah-langkah yang diperlukan untuk membangun usaha di dunia digital, dimulai dengan mencari tahu apa yang tengah dibutuhkan pasar, menjalankan riset pasar, memilih produk yang akan dijual secara digital, mengetahui target pasar, mengatur keuangan, hingga melakukan evaluasi secara rutin. Ia juga menambahkan mengenai pentingnya kreativitas dan inovasi dalam membangun usaha di dunia digital.

“Bisnis yang berinovasi mampu meningkatkan struktur usaha menjadi lebih banyak lagi. Kita juga dapat melakukan begitu banyak hal seperti menambah lebih banyak karyawan. Sementara, inovasi membantu kita untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan dan meraih target pasar yang lebih besar serta luas”, terang Agun.

Dukung Literasi Digital, Kemenkominfo Bersama Siberkreasi dan Spotify Hadirkan Rangkaian Kelas Podcast Parenting dan Anak

Selanjutnya, dalam sesinya, Fadliyani memaparkan beberapa optimalisasi strategi pemasaran digital yang penting untuk diketahui oleh penjual untuk meningkatkan penjualan saat melakukan usaha di dunia digital. Salah satu strategi yang dapat dilakukan yaitu segmentasi audiens yang bertujuan untuk menciptakan pengalaman yang lebih personalisasi sehingga dapat meningkatkan keterikatan (engagement). Ia menyarankan untuk membuat matriks konten untuk setahun agar konten lebih terarah dan sesuai dengan calon pembeli.

“Cakap digital bukan saja tentang handal dalam menggunakan sebuah perangkat atau situs tapi lebih kepada seberapa optimal kita dalam menggunakan media tersebut. Tentukan tujuan yang tepat sasaran sebelum melakukan pemasaran digital dan gunakanlah saluran pemasaran digital terbaik untuk menjangkau calon pembeli sesuai dengan merek yang kita miliki. Perlu diingat bahwa strategi pemasaran digital membutuhkan konsistensi dan inovasi yang tinggi agar tujuan dari pemasar dapat tercapai”, jelas Fadliyani.

Sebagai penutup sesi pemaparan materi, Abdul menjelaskan mengenai pandemi COVID-19 yang perlahan-lahan membuat masyarakat menjadi lebih nyaman untuk melakukan kegiatan jual beli di dunia digital seperti di aplikasi-aplikasi e-dagang yang banyak tersebar di internet. Adapun kelebihan-kelebihan yang ditawarkan oleh e-dagang diantaranya yaitu sifatnya yang cenderung lebih sederhana dan lebih cepat, modal dan biaya pengoperasian yang rendah, serta tidak adanya batasan geografis atau fisik.

“Untuk penjual, terdapat 4 tips yang dapat saya berikan untuk mengatur etalase toko digital milik Anda, dimulai dengan memamerkan produk paling menguntungkan dan banyak diminati, memberikan detail produk dan gambar yang jelas, mengelola inventaris seperti perencanaan stok dan relevansi tren produk, serta meningkatkan pengalaman pengguna agar pengguna memberikan komentar positif pada toko kita”, tutup Abdul.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini