Pembangunan Hijau, Mengembangkan Infrastruktur TIK yang Hemat Energi

Chief Marketing Officer, Carrier BG, Huawei, Philip Song, menyampaikan paparan di acara "Win-Win·Huawei Innovation Week"

BISNISASIA.CO.ID, SHENZHEN – Chief Marketing Officer, Carrier BG, Huawei, Philip Song, hari ini melansir rangkaian solusi pembangunan hijau yang baru di acara “Win-Win·Huawei Innovation Week”.

Solusi ini, diuraikan oleh Song lewat paparan berjudul “Green Development, Building Energy-efficient ICT Infrastructure” (Pembangunan Hijau, Mengembangkan Infrastruktur TIK yang Hemat Energi), membantu kalangan operator telekomunikasi untuk meningkatkan efisiensi energi pada jaringan secara sistematis: “Saat infrastruktur TIK terus berevolusi dari 5G dan F5G menuju 5,5G dan F5,5G, jaringan yang ramah lingkungan, dinilai berdasarkan indeks intensitas karbon jaringan (network carbon intensity/NCIe), akan menjadi unsur penting dalam jaringan sasaran (target network) mendatang. Target utama dari solusi yang diluncurkan hari ini adalah membantu operator untuk mengembangkan jaringan yang ramah lingkungan secara sistematis. Jaringan ini secara simultan menangani pertumbuhan arus penggunaan jaringan dan penurunan emisi karbon.”

Menurut Song, inovasi teknologi perlu dilakukan pada tiga jenjang agar klien mencapai target pembangunan hijau:

  • Pada jenjang lokasi kerja dan peralatan, desain yang semakin terintegrasi dan material baru harus digunakan untuk memindahkan seluruh lokasi peralatan jaringan ke luar ruang (outdoor), serta meningkatkan efisiensi energi pada peralatan jaringan, dan efisiensi dalam pemanfaatan energi terbarukan.
  • Dalam koordinasi dan jaringan lintaslokasi, arsitektur jaringan yang lebih ringkas dan efisiensi forwarding yang lebih baik dibutuhkan guna memaksimalkan efisiensi energi, serta mewujudkan jaringan yang sepenuhnya memakai serat optik, lebih ringkas, dan berteknologi cerdas.
  • Demi mencapai O&M yang ramah lingkungan, kebijakan O&M dan efisiensi energi yang baru harus disusun dan dipraktikkan secara lebih mudah, sedangkan, indikator dan tolok ukur efisiensi energi harus lebih transparan, mudah dikelola, dan dioptimalisasi.

Di acara tersebut, Song meluncurkan solusi pembangunan hijau Huawei dengan inovasi pada tiga jenjang, serta sistem indikator NCIe yang baru guna menopang solusi tiga jenjang yang terdiri atas lokasi kerja yang ramah lingkungan, jaringan yang ramah lingkungan, serta kegiatan operasional yang ramah lingkungan.

Menutup paparannya, Song turut meresmikan Evergreen Land engagement room sebagai wadah pertemuan Huawei dan operator global guna membahas pembangunan yang ramah lingkungan secara mendalam, serta cara-cara mengembangkan infrastruktur TIK yang paling hemat energi. Dia menekankan, “Huawei berkomitmen menjalin kerja sama dengan operator untuk meningkatkan efisiensi energi pada infrastruktur TIK, dan menciptakan nilai tambah dengan menggunakan teknologi TIK yang ramah lingkungan.”

David Wang, Huawei: Inovasi, Menyambut Era 5,5G

Berikut rincian lengkap dari solusi pembangunan hijau terbaru dari Huawei:

Pada jenjang lokasi kerja, solusi ini mengutamakan inovasi dalam tiga bidang:

  • Penggunaan alat-alat di luar ruang: Menggunakan material inovatif, modul blade power yang terdepan di industri mendukung 2G, 3G, 4G dan 5G di satu lokasi. Solusi One Blade One Site yang terkemuka ini memiliki efisiensi energi di lokasi (site energy efficiency/SEE) sebesar 97%.
  • Integrasi yang sangat baik: Modul RF tipe ultra-wideband dan antena tipe multi-band terintegrasi di lokasi-lokasi kerja yang lebih ringkas. Teknologi unik Huawei, signal direct injection feeding (SDIF), merealisasikan zero losses tanpa memakai kabel di dalam antena tipe multi-band, meningkatkan efisiensi energi telekomunikasi (telecommunications energy efficiency/TEE) pada peralatan.
  • Pemanfaatan energi terbarukan secara efisien: Sejumlah solusi Huawei seperti AI-based PV-storage optimization dan iPV shading yang mengurangi kerugian digunakan guna memaksimalkan efisiensi dalam pemanfaatan energi terbarukan.

Pada jenjang jaringan, solusi ini juga menampilkan inovasi dalam tiga bidang:

  • Konektivitas all-optical: Dengan memperbarui seluruh jaringan dari electrical switching ke optical switching, solusi ini meningkatkan efisiensi energi hingga 10 kali lipat, sekaligus mengganti penggunaan tembaga dengan serat optik guna meningkatkan efisiensi energi hingga lima kali lipat.
  • Simplifikasi: Fitur multi-service processing pada router buatan Huawei memfasilitasi solusi ini untuk mengintegrasikan empat unit peralatan menjadi satu unit. Dengan modernisasi SDH, solusi ini menggantikan berbagai kabinet per lokasi dengan satu sub-rack per lokasi. Dengan demikian, jumlah ruang peralatan berkurang secara drastis, dan efisiensi energi jaringan (NEE) pun meningkat. Inovasi berkelanjutan dalam jaringan transmisi optik (optical transmission network/OTN) turut mendukung solusi Super C120+L120 tipe ultra-wideband dalam menangani kapasitas per serat optik sebesar hampir 100 Tbit/detik. Artinya, satu juta pengguna secara serentak dapat menonton film lewat internet pada satu serat optik yang tebalnya hanya satu helai rambut.
  • Teknologi cerdas: Solusi ini mendukung intelligent dynamic hibernation pada router, dan secara otomatis mengatur frekuensi forwarding pada prosesor jaringan berdasarkan perubahan volume arus penggunaan jaringan.

Pada jenjang kegiatan operasional, solusi ini mengutamakan operasionalisasi pengguna, kebijakan efisiensi energi, dan indikator efisiensi energi:

  • Solusi ini mempercepat migrasi pengguna ke jaringan dengan RAT yang lebih hemat energi, misalnya, dari 2G dan 3G hingga 4G dan 5G, sehingga menghemat konsumsi energi per bita secara drastis, serta menurunkan angka NCIe.
  • Solusi ini menerapkan kendali dan analisis arus penggunaan secara seketika, serta menyesuaikan frekuensi prosesor forwarding atau menonaktifkan porta berdasarkan perubahan volume arus penggunaan jaringan.
  • Solusi ini menjamin indikator mudah terlihat, dikelola, dan dioptimalisasi.

Acara “Win-Win·Huawei Innovation Week” berlangsung dari 18-21 Juli di Shenzhen, Tiongkok. Bersama operator global, praktisi industri, dan pemuka opini, Huawei mengulas berbagai topik seperti 5,5G, pembangunan hijau, dan transformasi digital guna mewujudkan kesuksesan bersama di ekonomi digital.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini