Huawei Bergabung dengan “Patent Pool” Sisvel Wi-Fi 6 sebagai Salah Satu Anggota Pendiri

Logo Huawei

BISNISASIA.CO.ID, SHENZHEN – Huawei hari ini bergabung dengan konsorsium hak paten (patent pool) Sisvel Wi-Fi 6 sebagai salah satu anggota pendiri (founding member). Patent pool yang baru ini menjadi wadah untuk berbagi lisensi hak paten penting yang berhubungan dengan standar Wi-Fi 6, baik hak paten milik Huawei dan inovator lain. Huawei juga sekaligus menjadi penerima lisensi patent pool ini.

“Huawei gembira membagikan teknologi Wi-Fi inovatifnya dengan pelaku industri lain,” ujar Alan Fan, Head, Intellectual Property Rights Department, Huawei. “Teknologi Wi-Fi banyak dipakai di sektor-sektor seperti elektronika konsumer, smart home, dan manufaktur. Patent pool akan meningkatkan transparansi pemberian lisensi hak paten dan mengurangi sengketa lisensi. Pihak pelaksana lisensi dapat memperoleh sebuah lisensi yang terkandung dalam seluruh hak paten pada patent pool ini sebanyak satu kali. Hal tersebut meningkatkan efisiensi dan menghemat biaya pemberian lisensi.”

Fan juga menambahkan, Huawei telah lama memperjuangkan agar inovasi diapresiasi secara layak. Patent pool membantu kalangan perusahaan, khususnya UKM, untuk melisensikan hak patennya, dan menginvestasikan pendapatan yang diperoleh dari pemberian lisensi tersebut untuk aktivitas inovasi lain. Huawei berharap, keberhasilan patent pool ini akan mendorong semakin banyak perusahaan untuk berinvestasi dalam teknologi Wi-Fi generasi baru.

Proyek UNESCO-Huawei “Technology-enabled Open Schools for All” Diulas dalam Seminar Lintasnegara

Mattia Fogliacco, President, Sisvel International, berkomentar: “Kami gembira menyambut Huawei sebagai salah satu pemilik hak paten dalam patent pool yang baru ini. Setelah memfasilitasi patent pool ini selama dua tahun terakhir, kami menciptakan sebuah kerangka yang bermanfaat bagi Pasar Teknologi secara keseluruhan, mengatasi kendala, dan menyelaraskan kepentingan inovator dan pelaksana lisensi: langkah Huawei untuk menjadi salah satu anggota pendiri Sisvel Wi-Fi 6, dan penerima/pemegang hak paten sangat membuktikan pendekatan tersebut. Kami meyakini hal ini, didukung oleh kualitas hak kekayaan intelektual yang dikontribusikan Huawei dan pemegang hak paten lain yang berpartisipasi, akan menarik minat penerima lisensi dan pemegang hak paten lain.”

Huawei tetap terbuka menjalin kerja sama lisensi secara langsung dengan perusahaan lain lewat diskusi bilateral. Maka, pelaksana lisensi memiliki pilihan untuk mendapatkan lisensi hak paten Wi-Fi 6 Huawei melalui patent pool Sisvel Wi-Fi 6 atau secara langsung lewat Huawei.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini