Produsen Alat Kebersihan Klinko Bakal Masuk Bursa, Tawarkan 230 Juta Lembar Saham

Ilustrasi

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Perusahaan produsen alat kebersihan ramah lingkungan PT Klinko Karya Imaji Tbk. (KLIN) segera melakukan penawaran umum perdana saham (IPO) dengan melepas 230 juta lembar saham baru atau sebesar 17,59 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah penawaran umum. Dari keterbukaan informasi, KLIN menetapkan nilai nominal sebesar Rp 10 per saham dan kisaran harga penawaran antara Rp 90 – Rp 100 setiap saham.

Pada masa penawaran umum perdana saham, KLIN juga akan menerbitkan sebanyak-banyaknya 57.500.000 Waran Seri I, dengan harga pelaksanaan waran Rp 100. Waran Seri I ini akan diberikan secara cuma-cuma kepada pemegang saham baru yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham pada Tanggal Penjatahan.

Sebagai informasi, dana hasil Penawaran Umum Perdana Saham akan digunakan 40 persen untuk kebutuhan pembangunan kantor pusat, area produksi, dan gudang bahan baku. Sekitar 38,75 persen akan digunakan untuk kebutuhan belanja modal Perseroan seperti penambahan fasilitas produksi dan aset seperti mesin, mobil box, mobil operasional, dan peralatan kantor. Kemudian, sekitar 21,25 persen akan digunakan untuk keperluan modal kerja perseroan dalam rangka pembelian bahan baku penunjang proses produksi dan aktivitas pemasaran.

Direktur Utama KLIN Anggun Supanji menyatakan, pihaknya antusias menjalankan setiap proses due diligence yang ditentukan oleh pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI). “Kami sangat mengapresiasi dukungan dari OJK dan BEI yang sangat akomodatif dalam membimbing perusahaan untuk menempuh jalur IPO. Kami berharap, dengan menjadi perusahaan publik, KLIN dapat terus menjaga komitmennya untuk memberikan produk-produk kebersihan berkualitas dan berstandar internasional yang dipercaya konsumen nasional dan internasional,” kata Anggun.

Emperador Inc. Bidik Pertumbuhan Internasional Setelah Mencatatkan Saham di Bursa Efek Singapura

Dari sisi proses manufaktur, perusahaan asal Gresik, Jawa Timur ini mengklaim produknya ramah lingkungan dan punya usia pakai jangka panjang. Pasalnya, dalam pengolahan setiap produk, KLIN mampu menyerap limbah tekstil sebanyak 120 ton per bulan. Limbah berupa potongan kain perca kemudian diolah kembali menjadi material kapas dan dipintal kembali menjadi benang sebelum diolah menjadi produk seperti keset lantai, alat pel, lobby duster, dan serbet.

Dalam rangka pelaksanaan IPO ini, bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi Efek adalah PT Elit Sukses Sekuritas. “Dari data perusahaan, kami menilai KLIN memiliki potensi untuk melebarkan bisnisnya di skala nasional dan global. Sebab, seluruh proses produksi KLIN sudah mendukung terbentuknya green environment, termasuk dengan mengembangkan ekosistem yang fokus pada Reuse, Reduce, Recycle (3R). Perusahaan saat ini sudah merambah pasar ekspor ke tujuh negara di kawasan Asia Tenggara, Amerika Serikat, Eropa, dan Amerika Latin dengan produk private label,” ujar Effendi Irawan, Direktur Utama PT Elit Sukses Sekuritas.

Adapun rencana jadwal IPO KLIN sebagai berikut:

  • Masa penawaran awal: 20-25 Juli 2022
  • Perkiraan tanggal efektif: 29 Juli 2022
  • Perkiraan masa penawaran umum: 2-5 Agustus 2022
  • Perkiraan tanggal penjatahan: 5 Agustus 2022
  • Perkiraan tanggal distribusi saham secara elektronik: 8 Agustus 2022
  • Perkiraan tanggal pencatatan pada Bursa Efek Indonesia: 9 Agustus 2022.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini