TipTip, platform terpadu ekonomi kreatif, resmi hadir untuk mendukung para konten kreator di Indonesia

Konten kreator bisa berinteraksi dua-arah dengan para fansnya di platform TipTip.

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – TipTip, sebuah platform terpadu untuk konten kreator di wilayah Asia Tenggara, pada hari ini secara resmi hadir untuk publik melalui acara Grand Launch yang dilaksanakan di Sheraton Gandaria City, Jakarta. Acara ini turut disiarkan secara langsung untuk masyarakat luas melalui bit.ly/tiptipgrandlaunch. Melalui kegiatan ini, TipTip turut memperkenalkan Triawan Munaf, selaku Presiden Komisaris TipTip. Kegiatan ini turut dihadiri oleh berbagai konten kreator terkemuka, antara lain: dr. Reisa Broto Asmoro, Babe Cabita, Fauzan Al Rasyid dan dr Shane Cornish, CBS, IBCLC.

Albert Lucius, Founder TipTip, menjelaskan besarnya potensi dari ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia dan bagaimana TipTip hadir sebagai platform untuk mendukung konten kreator Indonesia untuk terus berkarya dan memanfaatkan peluang tersebut. Terlebih, TipTip hadir dengan peluang monetisasi untuk para konten kreator, tanpa memerlukan audiensi yang besar.

“Kami menyadari besarnya peluang yang belum tersalurkan dari para pelaku konten kreator di Indonesia. Kita memiliki berbagai talent dan konten berkualitas, sayangnya komunitas lokal belum berkembang sepenuhnya karena sulitnya membangun target audiensi. TipTip hadir sebagai platform untuk menghubungkan para konten kreator dan fansnya, di saat bersamaan menghadirkan kesempatan monetisasi secara langsung tanpa perlunya audiensi yang besar. Kami harap TipTip dapat membuka peluang para konten kreator di Indonesia untuk terus berkarya dan berkembang di tengah pesatnya kemajuan ekonomi kreatif di Indonesia.,” kata Albert.

TipTip hadir untuk mengisi kesenjangan akan beberapa fitur penting yang dihadapi oleh kreator konten di negara-negara berkembang di wilayah Asia Tenggara, seperti kurangnya peluang monetisasi, pembayaran lokal & integrasi KYC (know-your-customer) yang terbatas, serta tantangan terkait pembuatan & distribusi konten melalui perangkat smartphone.

Pertumbuhan konten kreator di Indonesia mengalami pertumbuhan yang besar, di mana pasar industri ini di Indonesia diprediksi mencapai 4 triliun hingga 7 triliun rupiah pada waktu mendatang. Berdasarkan Opus Creative Economy Outlook 2020 , sektor ekonomi kreatif memberikan kontribusi sebesar 1,1 triliun rupiah terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia dan menyerap 17 juta tenaga kerja.

Mengomentari data tersebut, Triawan Munaf menjelaskan peranan dari TipTip sebagai platform yang berkontribusi pada pertumbuhan industri, terutama sebagai pemain lokal yang mengerti secara detail berbagai tantangan yang dihadapi oleh konten kreator di Indonesia. Sebagai platform buatan anak bangsa, TipTip diyakini akan menjadi solusi untuk para masyarakat untuk terus berkarya dan memanfaatkan besarnya peluang industri ekonomi kreatif.

Transformasi Digital di Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui Blibli Travel & UMKM Fest

“TipTip hadir sebagai platform yang mendukung pertumbuhan industri ekonomi kreatif Indonesia yang dapat mendorong inklusi keuangan bagi masyarakat. Tidak hanya menjadi sarana bagi para konten kreator dalam berkarya, platform ini turut memfasilitasi para masyarakat akan konten-konten yang edukatif dan berguna. Harapan saya, dengan adanya platform TipTip, para konten kreator bisa mendapatkan wadah untuk berkarya. Peran kita semua adalah untuk mendorong anak anak bangsa ini dalam berkarya dan mengapresiasinya dengan baik,” tambah Triawan Munaf, Presiden Komisaris TipTip.

TipTip sudah dapat diakses oleh masyarakat luas, para pengguna baik para konten kreator maupun masyarakat hanya perlu mengunjungi website www.tiptip.tv untuk melakukan registrasi, atau mengunduh aplikasi TipTip di Google PlayStore. Pengguna ekosistem Apple nantinya juga dapat mengunduh aplikasi TipTip di bulan Agustus 2022.

Pada kegiatan Grand Launch ini, dr. Reisa dan Babe Cabita turut memberikan kesan dan pengalamannya dalam menggunakan TipTip dari sudut pandang konten kreator.

“Meskipun TipTip baru tidak lama hadir untuk para konten kreator seperti saya, tapi saya senang sekali atas berbagai fitur yang dihadirkan. TipTip memungkinkan saya untuk melakukan interaksi langsung serta melihat reaksi para penonton baik secara audio maupun video, jadi tidak hanya melihat dari comment aja. Saya merasa bisa semakin engage dengan para penonton dan fans, layaknya kalo udah video call pasti lebih akrab daripada hanya telfonan maupun chatting,” jelas dr. Reisa Broto Asmoro mengenai pengalamannya dalam menggunakan TipTip.

Babe Cabita berpandangan bahwa dengan hadirnya TIpTIp, semoga kedepannya konten kreator akan semakin menjadi industri yang diminati oleh masyarakat.

“TipTip menjadi platform yang sangat mendukung saya sebagai konten kreator untuk berkarya, dan di saat yang bersamaan mendukung para komunitas konten kreator untuk dapat menghasilkan penghasilan. Tentu saja harapan kedepannya, akan semakin banyak konten kreator yang diuntungkan dari TipTip, dan industri ekonomi kreatif bisa semakin ditekuni oleh masyarakat luas,” tambah Babe Cabita.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini