PSP Investments Bermitra dengan WSP Luncurkan Analisis Iklim secara Menyeluruh atas Area Hutan dan Lahan Pertanian

PSP Investments

BISNISASIA.CO.ID, MONTRÉAL – Public Sector Pension Investment Board (PSP Investments), salah satu pengelola dana pensiun yang terbesar di Kanada, bermitra dengan grup teknik dan konsultan iklim terkemuka di dunia WSP. Kemitraan ini terjalin dalam rangka analisis iklim secara terperinci atas portofolio bisnis Sumber Daya Alam Global (Global Natural Resources/”NR”) milik PSP Investments.

Analisis ini, dilakukan dengan melibatkan mitra operasional PSP Investments di wilayah setempat, meliputi lebih dari tiga juta lahan pertanian dan area hutan di lebih dari 400 properti individual yang tersebar di enam negara. Analisis ini akan mencakup berbagai jenis tanaman, termasuk kayu, kacang pohon, kebun anggur, buah-buahan, biji-bijian, kapas, dan protein hewani.

Target utama

Target utama dari analisis ini adalah merumuskan angka dasar penurunan gas rumah kaca (Lingkup 1 dan 2) dalam portofolio NR milik PSP Investments dengan memakai data pada jenjang lahan pertanian. Informasi tersebut akan didukung pengembangan dan implementasi rencana dekarbonisasi guna mengurangi emisi gas rumah kaca, serta menyusun rencana transisi berbasiskan sains bagi perusahaan portofolio PSP Investments.

Target kedua, menentukan pemisahan kapabilitas aset PSP Investments dalam jenis cadangan karbon yang berbeda (misalnya, karbon biomassa dan karbon organik pada tanah). Hal tersebut akan mengandalkan kajian ilmiah, analisis dari pakar pihak ketiga, serta pengalaman lapangan yang dikuasai tim manajemen lokal. Maka, metodologi canggih dapat dikembangkan guna menentukan sumber data yang tepat dalam menghitung dan melaporkan penyingkiran dan penyerapan karbondioksida biogenik.

Analisis iklim WSP akan terintegrasi dengan partisipasi PSP Investments dalam program percontohan, yakni Farmland Management Standard, dipimpin oleh Leading Harvest, sebuah lembaga nirlaba yang bergerak di bidang pertanian berkelanjutan. Farmland Management Standard, program jaminan pihak ketiga, menstandardisasi tolok ukur dan pelaporan aspek keberlanjutan dalam bidang pertanian dan produksi pangan.

Marc Drouin, Senior Managing Director & Global Head, Natural Resources, PSP Investments, berkata: “Sebagai investor jangka panjang dan salah satu investor terkemuka di dunia dalam sektor pertanian dan kehutanan, kami sangat berkomitmen untuk terus meningkatkan praktik pertanian berkelanjutan di seluruh dunia. Lahan pertanian dan aset kehutanan berpotensi besar mendukung mitigasi dan adaptasi iklim global, termasuk lewat potensi pemisahan karbon (carbon sequestration). Proyek inovatif bersama WSP tersebut akan menghasilkan informasi terperinci hingga jenjang lahan pertanian. Dengan demikian, platform kami mampu memetakan langkah menuju era dengan emisi nol di dunia.”

Mel de Jager, Vice President, Climate Change, Resilience & Sustainability, WSP, berkata: “Bagi WSP, peluang berkolaborasi dengan perusahaan global seperti PSP Investments, bergerak di berbagai jenis tanaman, spesies pohon, dan geografi, merupakan kesempatan istimewa dan menarik. Lewat proyek ini, kami tak hanya membantu PSP Investments dan mitra-mitranya dalam mempelajari jejak emisi gas rumah kaca, namun kami juga memiliki kesempatan nyata untuk memajukan carbon sequestration di lahan pertanian.”

Berkomitmen terhadap keberlanjutan

Analisis ini dilakukan PSP Investments setelah meluncurkan Climate Strategy yang perdana, serta komitmen jangka panjangnya untuk menurunkan emisi gas rumah kaca melalui praktik pertanian dan kehutanan terbaik dan berkelanjutan.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini