Ikut Melindungi Nyawa Pengendara dengan “Heads Up!” Program Keselamatan Berkendara dengan Mengenakan Helm

Heads Up! Helmet Safety Campaign Poster - AIP Foundation

BISNISASIA.CO.ID, HO CHI MINH CITY – Generasi muda yang mengendarai sepeda motor telah menjadi ikon dari jalanan yang ramai. Banyak pelajar menggunakan skuter pada pagi hari ketika berangkat ke sekolah. Tren ini mencerminkan sebuah wilayah yang menuju masa depan yang lebih baik. Di sisi lain, tren ini juga menunjukkan peran pemuda untuk membuat jalanan sebagai tempat yang lebih aman. AIP Foundation, sebuah lembaga nirlaba yang bertekad menciptakan dunia tanpa cedera dan kematian akibat lalu lintas, meluncurkan kompetisi membuat video, HeadsUp!, dan mengajak mahasiswa agar melakukan salah satu hal yang dapat menyelamatkan jiwa manusia di jalan raya: mengenakan helm.

Setelah sepeda motor semakin populer sebagai alat transportasi bagi generasi muda, mempromosikan penggunaan helm menjadi misi penting AIP Foundation.

Menurut laporan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), buruknya infrastruktur dan pengelolaan lalu lintas di Asia Tenggara mengakibatkan 300.000 orang harus kehilangan nyawa per tahun, termasuk lebih dari 30.668 di Indonesia.(1). WHO mencatat, cedera fisik akibat kecelakaan lalu lintas menjadi penyebab kematian yang utama bagi orang yang berusia 5-29 tahun. “Endemi tersembunyi” ini bahkan telah melanda Asia Tenggara selama berpuluh-puluh tahun, dan jumlah korbannya semakin meningkat setiap tahun.

Tidak ada kata terlambat, masyarakat masih dapat melindungi generasi muda dan masa depannya.

Program yang melibatkan generasi muda ini mulai berjalan di Asia Tenggara, dan berbagai mahasiswa dapat berkolaborasi untuk membuat program kampanye yang meningkatkan kesadaran publik secara inovatif.

Helm sepeda motor didesain untuk melindungi kepala dari cedera otak traumatis dan parah. Riset menunjukkan, helm mengurangi risiko cedera kepala sebesar 45%, cedera otak sebesar 33%, cedera wajah sebesar 27%, dan cedera fatal sebesar 29%. Namun, di Indonesia, hanya 52% pengendara sepeda motor yang mengenakan helm(2).

Diadakan oleh AIP Foundation dengan dukungan FIA Road Safety Grant Programme, FIA Region II, dan FIA Foundation, “Heads Up!” adalah kompetisi tentang keamanan berkendara di tingkat regional bagi mahasiswa yang berkuliah di berbagai universitas terkemuka. Peserta akan menciptakan narasi dalam bentuk video yang menunjukkan pentingnya helm berkualitas di kalangan pemuda.

Program “Heads Up!” merupakan platform pertama dalam inisiatif regional yang melibatkan generasi muda untuk saling terhubung, belajar, dan bertukar pandangan tentang keamanan berkendara di Asia Tenggara, serta mengangkat fungsi helm untuk melindungi jiwa pengendara. Lewat kompetisi ini, Asia Tenggara akan memiliki program kampanye kreatif yang dibuat dan dikhususkan bagi “penggerak” masa depan.

Pemenang akan memperoleh US$ 1.000, serta dukungan untuk mengembangkan videonya dalam bentuk program kampanye lengkap yang akan diluncurkan secara global. Informasi lebih lanjut tersedia di tautan ini.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini