Generator PLTB Lepas Pantai Shanghai Electric Mulai Diproduksi

BISNISASIA.CO.ID, SHANGHAI – Generator turbin angin pertama buatan Shanghai Electric Wind Power Group Co., Ltd. mulai diproduksi di pabrik Putian pada 10 Juni lalu. Momen ini menjadi pencapaian baru yang mewujudkan keseimbangan biaya (power parity) di segmen pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) lepas pantai.

Dirancang berdasarkan platform Poseidon, EW8.X-230 merupakan generator yang didesain untuk kecepatan angin menengah-rendah yang biasanya terdapat pada permukaan laut di garis pantai di Tiongkok, serta beragam tekanan pada peralatan yang bergantung pada arah angin.

Meski memiliki kecepatan angin rendah secara rata-rata, generator ini menjadi solusi hemat biaya dalam pemanfaatan tenaga bayu sebagai sumber energi sehingga menggerakkan perkembangan PLTB. Di sisi lain, generator ini juga mendukung pencapaian target puncak emisi karbon dan netralitas karbon Tiongkok, terutama memasuki era keseimbangan biaya pembangkit listrik di lepas pantai (offshore parity).

Shanghai Electric Terbitkan Laporan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan 2022

Mengandalkan pengalaman Shanghai Electric selama 10 tahun dalam platform pembangkit listrik lepas pantai, platform Poseidon dikenal atas desain bilah yang canggih, sistem paddle and yaw yang andal, sistem pendinginan konsumsi energi yang efisien dan hemat energi, serta sistem kelistrikan yang optimal. Solusi produksi, pengiriman, dan pemeliharaan produk dari Shanghai Electric juga menjadi landasan yang baik untuk keandalan platform tersebut. Dengan teknologi semi-direct drive chain generasi baru yang sangat terintegrasi dari Shanghai Electric, platform ini sangat menghemat biaya kilowatt-jam pada seluruh siklus pemakaian PLTB.

Sistem ini menggunakan bilah serat karbon berukuran 100 meter, mengandalkan teknologi Sensor Roller yang cerdas, dan mengelola desain digital, produksi, serta O&M pada seluruh siklus pemakaian produk. Berkat sistem kendali LeapX terkini dari Shanghai Electric, EW8.X-230 mengurangi beban operasional seluruh sistem sekaligus mewujudkan interkoneksi cerdas dengan sistem Fengyun buatan Shanghai Electric. Dengan demikian, tingkat utilisasi dan jumlah daya listrik terus bertambah.

Berdasarkan kecepatan angin tahunan rata-rata yang mencapai 7,5 meter per detik, sistem ini menghasilkan 28 juta kWh listrik per tahun dan memenuhi kebutuhan listrik 14.500 rumah tangga. Di saat bersamaan, sistem ini menghemat konsumsi batu bara hampir 10.000 ton dan emisi karbondioksida sebanyak 24.000 ton.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini