Simak Keunggulan yang Ditawarkan AS dan Meksiko dalam Dunia Usaha

Rio South Texas (Foto: Pixabay)

BISNISASIA.CO.ID, MISSION – Rio South Texas, wilayah yang mencakup dua negara di perbatasan Amerika Serikat (AS)-Meksiko, terdiri atas tujuh kabupaten di Texas dan 10 kota di Negara Bagian Tamaulipas. Wilayah Rio South Texas yang dikuasai AS terbentang dari pelabuhan Teluk Meksiko di Kabupaten Brownsville-Cameron yang berada di sebelah timur hingga pusat logistik Kabupaten Laredo-Webb di sebelah barat. Wilayah yang dikuasai Meksiko terbentang dari sejumlah pantai Matamoros di sebelah timur hingga pabrik-pabrik Nuevo Laredo di sebelah barat. Lokasi unik tersebut menghasilkan hubungan internasional yang sangat erat di bidang kebudayaan dan perdagangan.

Salah satu keunggulan sektor perdagangan di lokasi Rio South Texas adalah fleksibilitas operasional di dua negara. Karena dikuasai AS dan Meksiko, Rio South Texas memfasilitasi pebisnis dan investor beroperasi di dua negara. Namun, proses bisnis dan manufaktur dikelola sebagai satu kesatuan. Praktik ini sangat hemat biaya, sebab perusahaan dapat menjalankan kegiatan usaha dengan memanfaatkan keunggulan masing-masing negara dalam satu struktur manajemen yang terintegrasi. Dengan demikian, efisiensi menjadi lebih maksimal dari sisi input langsung dan tidak langsung.

Perusahaan yang beroperasi di Rio South Texas tak hanya memanfaatkan fleksibilitas operasional di dua negara tersebut, namun juga berada di pintu gerbang ekonomi Texas, ekonomi terbesar kesembilan di dunia dengan PDB senilai $2 triliun. Di luar Texas, wilayah ini terletak di pusat rantai pasok barang Amerika Utara sehingga perusahaan memperoleh berbagai akses langsung dan cepat untuk merambah seluruh Amerika Utara yang menguasai 25% pasar konsumer global. Konektivitas ini juga didukung oleh iklim sedang sehingga pengiriman barang berlangsung secara efisien sepanjang tahun dengan kendala minim. Jalan tol lintasnegara bagian (interstate highway), jalur kereta Kelas 1, bandara internasional, akses ke wilayah perairan di teluk, serta pelabuhan laut dalam menghubungkan Rio South Texas dengan Amerika Utara, bagian bumi sebelah barat, serta seluruh dunia. Mengingat basis operasional SpaceX di Starbase, Texas, tengah dibangun, wilayah Rio South Texas segera menghadirkan koneksi perdagangan yang melampaui terestrial.

Koneksi perdagangan di Rio South Texas terwujud berkat hubungan internasional yang terjalin dengan baik selama puluhan tahun. Hubungan ini semakin erat setelah penandatanganan United States-Mexico-Canada Agreement (USMCA). Perjanjian kerja sama ini meningkatkan hubungan perdagangan antara kedua negara, menghadirkan pasar yang lebih bebas, dan perdagangan yang lebih adil, serta basis operasional yang lebih efektif.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini