Tuya Smart Bermitra dengan Telkom untuk Luncurkan Layanan IoT yang Memanfaatkan Cube Solution di Indonesia

tuya -Telkom

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Tuya Smart (“Tuya” atau “Perusahaan”) (NYSE: TUYA), penyedia platform pengembangan IoT terkemuka, dan Telkom, perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, hari ini menjalin kemitraan baru yang memanfaatkan Cube Solution untuk meluncurkan layanan dan produk yang berbasiskan komputasi awan dan bernilai tambah di Indonesia.

Dengan solusi pengembangan layanan IoT privat dari Tuya, Cube Solution, Telkom meluncurkan layanan smart home di segmen konsumer, IndiHome Smart, serta solusi usaha kecil dan menengah (UKM), sooltanCam. IndiHome Smart adalah sistem IoT smart home dari Telkom yang membantu pengguna mengintegrasikan dan mengendalikan perangkat smart home dari setiap lokasi dengan memakai ponsel pintar. Didukung Tuya Smart, IndiHome Smart berfungsi pada semua merek (brand neutral). Maka, perangkat smart home yang populer di Indonesia, termasuk merek-merek Bardi, Hannochs, Den, dan Arbit, dapat dikendalikan dari aplikasi IndiHome Smart. Dengan mengintegrasikan perangkat buatan original equipment manufacturer (OEM) di Indonesia, Telkom menjalankan model yang menghemat penggunaan aset (asset-light) agar mudah menawarkan layanan baru bagi pengguna.

SooltanCam memfasilitasi pemantauan kegiatan usaha lewat kamera IP. Lebih lagi, SooltanCam dilengkapi fitur penyimpanan data pada komputasi awan (cloud storage) dengan dukungan Cube Solution. Hal tersebut mengoptimalkan keamanan kamera IP. Dengan meluncurkan layanan ini pada Cube Solution, konsumen dan pengguna bisnis memperoleh layanan yang bernilai tambah dan semakin baik. Potensi pengkinian produk juga terbuka luas. Lewat kedua produk ini, pengguna dapat berlangganan layanan pascapenjualan (post-sale service) yang memperbarui sistem smart home.

Telkom menjadi salah satu klien penting pertama yang memanfaatkan produk terbaru Tuya Smart, Cube Solution. Cube Solution merupakan solusi implementasi layanan IoT privat yang berfungsi pada setiap komputasi awan(cloud-agnostic). Berkat Cube Solution, pengembang aplikasi dapat membangun platform IoT privat yang berskala luas. Platform ini akan menangani pengelolaan perangkat, konektivitas, pengembangan aplikasi, dan analisis data (data analytic). Cube Solution turut membantu pelaku usaha menghubungkan dan mengelola perangkat IoT, mempercepat pengembangan aplikasi, menyediakan layanan keamanan data, serta memperluas skala sistem secara otomatis (system auto-scaling). Seluruh hal ini didukung IoT PaaS dari Tuya yang telah teruji. Cube Solution membantu perusahaan memenuhi permintaan teknologi IoT yang terus berubah di segmen bisnis. Cube Solution juga mempersonalisasi aktivitas operasional platform IoT bagi setiap industri vertikal dan skenario penggunaan dengan cepat. Misalnya, produsen smart home dapat menerapkan analisis data yang efektif pada Cube Solution guna menjamin pengkinian dan desain produk. Di sisi lain, perusahaan real estat memakai Cube Solution untuk menyediakan platform IoT privat dalam proyek properti, seperti smart community, smart office building, dan smart home.

Pintek dan SIPLah Telkom Dorong UKM Optimalisasi Tahun Anggaran Baru 2022

Cube Solution menggunakan struktur lima modul: IaaS, PaaS yang berbasiskan komputasi awan, IoT Core Base, penambahan kapasitas IoT, serta pengembangan aplikasi dan platform integrasi—menyediakan dukungan teknis yang lengkap bagi implementasi SaaS. Lebih dari 40 komponen fungsional terdapat dalam lima modul tersebut. Hasilnya, klien dapat memilih portofolio produk berdasarkan kebutuhan dan melakukan implementasi privat dengan biaya yang lebih terjangkau.

“Lewat model bisnis IndiHome Smart yang baru, pengguna dapat membeli perangkat smart home pada gerai daring resmi IndiHome Smart (homesmart_id) sesuai dengan kebutuhannya. Lalu, pengguna dapat menghubungkan perangkat smart home dengan aplikasi IndiHome Smart, serta berlangganan layanan yang bernilai tambah di IndiHome Smart. Cube Solution menjamin kelancaran, keamanan, dan stabilitas pengalaman pengguna,” ujar E. Kurniawan, Vice President, Marketing Management, Telkom. “IndiHome Smart kini mengembangkan layanan intelligent home yang memperlancar dan mempermudah pengalaman pengguna,” lanjutnya.

“Kami gembira bermitra dengan Telkom guna meningkatkan layanan yang berbasiskan komputasi awan di Indonesia, serta memanfaatkan teknologi mutakhir kami untuk meningkatkan pengalaman pengguna Telkom. Setelah melansir Cube Solution pada awal tahun ini, produk tersebut telah mencapai kesuksesan awal dalam mempercepat langkah perusahaan untuk meluncurkan layanan baru secara aman dan mudah, serta bernilai tambah,” ujar Eva Na, Vice President, Marketing and Strategic Cooperation, serta CMO, Tuya Smart.

Setelah Cube Solution menghadirkan layanan bernilai tambah yang sukses di Indonesia, kedua perusahaan ingin menjalin kolaborasi pada masa mendatang. Telkom adalah operator telekomunikasi terbesar di Indonesia. Telkom memiliki 130 juta pelanggan layanan seluler, dan menguasai pangsa pasar lebih dari 50% yang mencakup pesatnya permintaan atas layanan penyimpanan data di komputasi awan untuk kamera IP. Dengan keunggulan komputasi awan, sistem dan smart product Telkom terinterkoneksi secara cepat, serta mempermudah pengalaman bisnis dan mewujudkan pengalaman smart home. Sejalan dengan perubahan kebutuhan konsumen dan bisnis, kedua perusahaan dapat beradaptasi dan meluncurkan produk serta layanan yang semakin optimal pada masa mendatang.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini