CoachHub Raih Pendanaan Seri C Senilai $200 Juta untuk Mendemokratisasi Pelatihan di Seluruh Dunia

CoachHub

BISNISASIA.CO.ID, SINGAPURA – CoachHub, platform pelatihan (coaching) digital terkemuka di dunia, berhasil menyelesaikan babak pendanaan Seri C senilai $200 juta yang dipimpin Sofina dan SoftBank Vision Fund 2. Lewat pendanaan, CoachHub akan memperluas inovasi produk dan kegiatan operasional, serta ekspansi global. Setelah babak pendanaan sebelumnya senilai $80 juta, tercapai hanya delapan bulan lalu, babak pendanaan Seri C meningkatkan pendanaan total CoachHub hingga menjadi $330 juta. Selain Sofina dan SoftBank Vision Fund 2, investor-investor sebelumnya, yakni Molten Ventures, Silicon Valley Bank/SVB Capital, HV Capital, Signals Venture Capital, dan Speedinvest, juga berpartisipasi dalam babak pendanaan terbaru ini.

Babak investasi penting yang mendukung pertumbuhan bisnis ini terwujud berkat perkembangan dan posisi CoachHub yang luar biasa di pasar global. Investasi ini juga berlangsung saat industri corporate learning mengalami transformasi pesat. Sementara, segmen pelatihan digital diprediksi meningkat hingga 100 kali lipat. Berkat tren ini, banyak perusahaan besar ingin menerapkan pelatihan digital dengan skala luas pada akhir dekade.

Yanni Pipilis, Managing Partner, SoftBank Investment Advisers, berkata, “Sektor Pembelajaran dan Pengembangan (Learning and Development) mengalami tren positif secara konsisten menuju digitalisasi dan personalisasi. Platform digital CoachHub menyediakan pelatihan yang dirancang secara khusus bagi tenaga kerja di seluruh jenjang agar mampu mengembangkan kariernya. Kami gembira bermitra dengan Yannis dan mendukung tim CoachHub, serta mendukung misi mereka untuk mendemokratisasi pelatihan.”

Menurut mayoritas (77%) praktisi pembelajaran dan pelatihan, kebutuhan pelatihan dan pengembangan SDM semakin besar jika dibandingkan masa prapandemi Covid-19. Hal ini terungkap dalam Survei “Global HR” yang baru saja dirilis CoachHub. Pelatihan berperan penting dalam strategi pengembangan SDM, dan hal tersebut semakin terjangkau berkat platform digital CoachHub yang mudah digunakan dan fleksibel.

“Setelah dunia kerja beradaptasi dengan kondisi normal baru dengan metode kerja hybrid dan jarak jauh, pemimpin perusahaan membutuhkan dukungan dan solusi individual untuk meningkatkan kinerja, interaksi, dan motivasi pegawai sambil mengutamakan aspek kesehatan,” ujar Matti Niebelschuetz, Salah Satu Pendiri CoachHub. “Pelatihan digital menawarkan sejumlah keunggulan ini dan hal-hal lain sehingga mendorong tingkat permintaan global atas layanan CoachHub.”

Disediakan CoachHub untuk tenaga kerja di seluruh jenjang kerja—tak hanya level eksekutif senior—program pelatihan meningkatkan keahlian kepemimpinan dan kinerja sehingga membangun SDM yang lebih tangguh dan produktif. Lewat aplikasi berbasiskan web dan perangkat seluler, platform pelatihan digital terpadu yang revolusioner ini hadir dalam lebih dari 60 bahasa di 90 negara, serta seluruh zona waktu. Aplikasi ini memadukan kecerdasan manusia dengan teknologi kecerdasan buatan, dan mempertemukan tenaga kerja dengan pelatih idealnya. Aplikasi ini juga memilih konten yang meningkatkan pengalaman belajar.

Sejak terbentuk tiga tahun lalu, CoachHub telah berkembang pesat. Babak pendanaan terbaru ini pun semakin memperluas ekspansi CoachHub, khususnya di Amerika Serikat. CoachHub ingin menambah jumlah tenaga kerjanya dari 850 orang di seluruh dunia hingga menjadi 1.000 orang pada akhir tahun ini. CoachHub menjangkau banyak negara terbesar di dunia, serta berkolaborasi dengan berbagai perusahaan multinasional berskala besar, seperti Coca-Cola, Danone, Toyota, LVMH, L’Oréal, Credit Suisse, dan Twitter.

CoachHub didukung lebih dari 150 ahli produk dan Coaching Lab kelas dunia yang dikelola secara internal. Coaching Lab ini melibatkan tim yang beranggotakan 30 ahli perilaku (behavioral scientist) dan dipimpin Prof. Dr. Jonathan Passmore, psikolog profesional dan peneliti bidang pelatihan yang ternama. Sementara, CoachHub Science Council merupakan tim internasional yang mencakup pakar ilmu perilaku dan tenaga pendidik yang meningkatkan litbang bagi klien perusahaan. Hal ini dilakukan dengan mengubah temuan ilmiah menjadi program pelatihan digital yang berbasiskan sains. CoachHub juga menjalin kemitraan strategis dengan lembaga terkemuka seperti EMCC Global.

“Kami optimis, pelatihan individual akan tetap menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk meningkatkan keahlian sosioemosional dan kepemimpinan. Kedua keahlian ini penting dikuasai untuk pengembangan karier di tengah dunia kerja yang semakin kompleks dan berubah dengan cepat. Sebagai sebuah perusahaan yang ingin mendemokratisasi akses pelatihan bermutu, CoachHub memiliki misi yang selaras dengan strategi ‘Responsible Investment’ kami. Maka, kami ingin berkolaborasi dengan CoachHub guna mendukung ambisi globalnya,” jelas Harold Boël, CEO, Sofina.

Pendanaan ini tercapai setelah ekspansi CoachHub ke pasar Asia, serta akuisisi platform pelatihan terkemuka asal Perancis MoovOne, dan vendor ternama asal Austria Klaiton Coaching. Sederet langkah tersebut meningkatkan status CoachHub sebagai pemimpin global di segmen ini.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini