Midea Lansir XIAOWEI, Robot yang Mempermudah Kehidupan di Rumah

xiaowei

BISNISASIA.CO.ID, GUANGZHOU – Pemimpin segmen smart home global Midea melansir XIAOWEI, robot berteknologi cerdas yang berfungsi sebagai pelayan dengan kecerdasan buatan (AI Butler), Asisten Keluarga, Penjaga Keamanan, dan Teman Bermain berbasiskan Teknologi. Robot rumah tangga XIAOWEI segera diluncurkan pada Semester II-2022. XIAOWEI akan tampil sebagai merek independen, yakni WISHUG by Midea Group.

Robot rumah tangga generasi pertama buatan Midea, XIAOWEI, mencapai tinggi satu meter, dan menyerupai sosok anak-anak dengan bentuk muka yang lucu. “Kami berharap XIAOWEI mempermudah kehidupan keluarga sehari-hari,” ujar Dr. Tang Jian, IEEE Fellow, ACM Distinguished Scientist, CIE Fellow, serta General Manager, Midea AI Innovation Center.

XIAOWEI dapat mengakses perangkat smart home dan IoT; misalnya, ketika mendeteksi anggota keluarga akan pulang ke rumah, XIAOWEI menyalakan lampu dan alat penyejuk udara secara lebih awal agar suhu dan kelembapan rumah menjadi lebih nyaman setelah mereka tiba.

XIAOWEI mampu mengenali anggota keluarga lewat teknologi pelacakan wajah dan tubuh. Fitur ini menjadikannya robot serbaguna yang berfungsi sebagai penjaga rumah dengan AI, serta menjaga keamanan rumah secara efektif dan menyeluruh. Anda dapat mengarahkan robot ini agar mengecek setiap sudut rumah dan memantau keadaan rumah, serta membawa barang-barang, melakukan pemantauan jarak jauh, dan patroli keamanan.

Peluncuran Global Midea V8 di Dubai, Memimpin Revolusi VRF lewat Teknologi

XIAOWEI juga menjadi teman bermain yang ideal; mengandalkan proyektor bawaan dan teknologi canggih lainnya, XIAOWEI menciptakan bioskop portabel, pusat hiburan, dan area bermain yang interaktif di rumah sehingga seluruh anggota keluarga terhibur.

XIAOWEI sanggup memindai rumah di segala arah berkat kamera 3D bawaan, melakukan pemetaan dan eksplorasi otomatis, mengenali ciri-ciri benda, dan mengumpulkan informasi semantik lewat fitur pemetaan “3D Semantic”. Misalnya, lewat teknologi ini, XIAOWEI mengenali sofa dan letaknya. Lalu, Anda dapat berkata, “Pergi ke sofa”, dan XIAOWEI mendatangi sofa dengan fitur navigasi setelah merespons perintah suara tersebut.

“Ke depan, robot rumah tangga menghadirkan berbagai peluang,” kata Dr. Tang Jian. Menurutnya, robot rumah tangga, seperti halnya ponsel pintar dan kendaraan energi baru, telah mengubah gaya hidup manusia, dan kelak menjadi perangkat yang wajib dimiliki keluarga.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini