OnRobot Palletizer Tawarkan Kemudahan Penggunaan dan Kecepatan Implementasi yang Luar Biasa

OnRobot Palletizer

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – OnRobot, pemimpin industri global yang membuat solusi perangkat keras dan lunak untuk aplikasi kolaboratif, telah meluncurkan OnRobot Palletizer, solusi lengkap sistem penyusunan palet (palletizing) kolaboratif yang mengatasi kendala fisik dan keuangan dalam proses kerja tersebut.

OnRobot Palletizer memperluas pendekatan OnRobot yang mengutamakan aplikasi dalam otomatisasi kolaboratif. Hal ini tercapai dengan membebaskan pengguna memilih sistem penyusunan palet yang memenuhi kebutuhan aplikasinya secara spesifik. Pengguna juga dapat menangani berbagai jenis kotak, paket, pola, palet, dan ketinggian tumpukan. Kompatibel dengan robot kolaboratif dan robot industri berbobot ringan (light industrial robot) buatan Doosan, FANUC, OMRON, Techman, dan Universal Robots, OnRobot Palletizer tersedia sebagai sistem lengkap dan inovatif atau komponen terpisah untuk menciptakan solusi mix-and-match. OnRobot Palletizer mencakup empat produk perangkat keras dan lunak terbaru:

  • OnRobot Palletizing, perangkat lunak penyusunan palet yang intuitif, memberikan panduan penggunaan dari tahap awal hingga akhir pada satu antarmuka penggunaan yang cerdas untuk seluruh komponen. Perangkat lunak ini sangat menghemat waktu dan memangkas seluruh biaya proyek. Setelah perangkat keras fisik telah tersedia dan terlindungi, pengguna akhir atau integrator cukup membuka OnRobot Palletizing dan memperoleh panduan terperinci untuk mempersiapkan aplikasi penyusunan palet. Mempersingkat waktu implementasi solusi dan mengatasi kerumitan, perangkat lunak ini membantu pengguna akhir yang belum berpengalaman untuk menggunakan sistem dalam waktu singkat ketimbang memakai antarmuka pemrograman biasa. Misalnya, dengan OnRobot Palletizing, pengguna akhir yang belum berpengalaman mampu menggunakan aplikasi lengkap penyusunan palet dalam satu hari, alih-alih 12 hari atau bahkan lebih lama ketika memakai perangkat lunak pemrograman yang biasa. Penggunaan ulang pun semakin cepat dilakukan. Pengguna akhir yang belum berpengalaman dapat memprogram ulang sel untuk aplikasi penyusunan palet yang berbeda hanya dalam waktu setengah hari. Panduan tentang aplikasi penyusunan palet tersedia secara gratis di platform e-learning Learn OnRobot.
  • OnRobot 2FGP20, palletizing gripper bertenaga listrik yang canggih dan serbaguna dengan payload 20 kg, serta lengan (arm) yang dapat dikustomisasi, mampu menangani kotak kardus standar dan kotak terbuka, serta produk yang siap diletakkan di rak. Perangkat ini juga dapat menangani slip sheet tanpa harus mengganti gripper atau penanganan tambahan; tanpa pasokan udara eksternal.
  • OnRobot Lift100, elevator canggih dengan payload total 100 kg yang menyediakan sumbu ketujuh (7th axis) untuk cobot dan merek-merek robot industri berbobot ringan; dilengkapi fitur stop yang tersertifikasi TÜV sehingga mewujudkan penggunaan kolaboratif secara aman dan efektif;
  • OnRobot Pallet Station, pallet fixture yang tahan lama dan terpasang di lantai, dilengkapi desain yang menjamin posisi konsisten; setiap produk hadir dengan sensor bawaan yang mendeteksi palet.

“Perusahaan kecil dan menengah membutuhkan otomatisasi sistem penyusunan palet yang mudah digunakan, cepat diimplementasikan, dan terjangkau—bahkan, jika aplikasi harus berubah secara berkala,” ujar Enrico Krog Iversen, CEO, OnRobot. “OnRobot Palletizer memadukan waktu implementasi yang cepat dengan ukuran ringkas dan tingkat harga terbaik di pasaran—seluruhnya tersedia dengan pendekatan kami yang mengutamakan aplikasi agar pelanggan memiliki fleksibilitas yang jauh lebih besar ketimbang menggunakan pendekatan biasa. OnRobot Palletizer dapat diimplementasikan secara inovatif dengan kendala minimal pada tata letak pabrik dan gudang.”

Perkuat Layanan Robotic Surgery, BMHS Fokus Investasi ke SDM Tenaga Ahli

Pekerjaan penyusunan palet secara manual menguras tenaga, repetitif, dan tidak ergonomis. Maka, otomatisasi ideal diterapkan untuk bidang pekerjaan ini. Otomatisasi pada pekerjaan penyusunan palet menambah produktivitas dan pemrosesan barang, serta meningkatkan kualitas dan ergonomi.

“Dengan menyediakan otomatisasi kolaboratif yang terjangkau bagi perusahaan dari seluruh skala dan berbagai tingkat penguasaan teknologi, OnRobot mengatasi kendala global dalam penggunaan teknologi ini. Di sisi lain, OnRobot mengembangkan konsep ‘One Stop Shop’ yang unik dan memenuhi seluruh kebutuhan otomatisasi serta bisnis dari perusahaan manufaktur dan pergudangan,” kata Iversen. “OnRobot Palletizer menjadi solusi canggih yang melengkapi portofolio perangkat keras dan lunak kami yang semakin luas untuk aplikasi kolaboratif.”

Perangkat lunak OnRobot Palletizing “secara signifikan mempersingkat konfigurasi yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi tersebut,” jelas Adrián Pérez Martínez, CTO & Salah Satu Pendiri Neobotik, perusahaan integrator otomatisasi di Huelva, Spanyol, salah satu lokasi uji coba OnRobot Palletizer sebelum diluncurkan. “Instalasi seluruh perangkat keras dan lunak berlangsung sangat mudah ketika melakukan konfigurasi tahap awal. Berkat grafis dari antarmuka penggunaannya, pihak pemrogram yang tidak ahli dapat memprogram seluruh solusi palletizer.”

OnRobot Palletizer memiliki tiga keunggulan dibandingkan otomatisasi penyusunan palet yang telah beredar di pasaran, menurut Martinez: “Cepat diimplementasikan. Memiliki antarmuka pemrograman yang mudah digunakan. Berkat bobot gripper yang optimal, OnRobot Palletizer menjadi solusi ideal untuk berbagai jenis aplikasi penyusunan palet kolaboratif, termasuk di sejumlah industri seperti makanan dan minuman yang biasanya menggunakan banyak kotak terbuka untuk dimuat pada palet, sedangkan, pengambilan produk dengan vacuum gripper biasa tidak mungkin dilakukan.”(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini