Jakarta Kreatif Festival Tahun 2022 akan Digelar “Kreatif, lnovatif, lnspiratif”

Jakarta Kreatif Festival Tahun 2022

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Sejalan dengan pertumbuhan ekonomi nasional yang terus membaik, perekonomian DKI Jakarta menunjukkan perbaikan. Pemulihan aktivitas ekonomi diperkirakan akan terus membaik seiring dengan keberhasilan penanganan Covid-19. Dari sisi permintaan menunjukkan trend yang meningkat searah dengan perbaikan di sisi sektoral. Di tengah momentum pemulihan ekonomi tersebut, dibutuhkan upaya strategis yang mensinergikan berbagai mitra untuk menjaga dan mendorong optimisme terhadap pelaku-pelaku ekonomi, termasuk mempersiapkan peningkatan daya saing UMKM di tengah era digital saat ini. Hal ini juga sejalan dengan semangat Presidensi G20 Indonesia yaitu (Recover Together, Recover Stanger).

Salah satu afirmasi kebijakan antara pemerintah pusat dan daerah dalam mendorong UMKM adalah dalam bentuk realisasi Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Gerakan Bangga Wisata Indonesia (Gernas BBI-BWI). Dalam hal ini, Kantor Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta akan mengadakan Jakarta Kreatif Festival Tahun 2022 dengan tema yang diangkat adalah “Jakarta Punya lnovasi, Bersama Perkuat Pemulihan Ekonomi” dengan tagline “Kreatif, lnovatif, lnspiratif”. Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan Karya Kreatif Indonesia yang sudah dilaksanakan pada bulan Mei lalu. Adapun tujuan dari diselenggarakan kegiatan tersebut untuk memperkuat sinergi, koordinasi dan kolaborasi dalam memajukan UMKM melalui strategi penguatan hilirisasi produk-produk unggulan dan perluasan akses keuangan digital.

Kegiatan Jakarta Kreatif Festival (JaKreatiFest) terdiri dari rangkaian pre-event, main event dan post event. Salah satu rangkaian kegiatan pre event pada bulan Juni 2022 yang telah dilaksanakan yaitu Webinar Perlindungan Konsumen Pada Transaksi Keuangan Dalam Mendukung Keuangan lnklusif pada tanggal 2 Juni 2022. Setelah itu dilanjutkan dengan Pesta Wastra pada tanggal 10 s.d 16 Juni 2022 di Kawasan SCBD. Kegiatan ini melibatkan pengrajin Wastra se Indonesia dengan harga terjangkau. lnformasi terkini dapat diperoleh pada kanal media sosial Bank Indonesia Jakarta dan IG Live Swara Gembira.

Adapun main event Jakreatifest dilaksanakan secara hybridtanggal 16 s.d 18 Juni 2022, online melalui platform Zoom, lnstagram dan YouTube, sedangkan offline dilaksanakan di Sarinah Mall (bekerjasama dengan BUMN, PT Sarinah (Persero)). Target peserta JaKreatiFest yaitu 1) pelaku usaha UMKM di DKI Jakarta dan beberapa UMKM Affordable Premium dari beberapa Propinsi lainnya, 2) Petani kopi binaan Bl terpilih, 3)Stakeho/ders yaitu Pemprov DKI Jakarta, OJK, BMPD, Perbankan, Forkopimda, Asosiasi/Komunitas terkait, PJSP, responden survei dan kontak liaison, dan lainnya, 4) Media dan Publik. Total omset kegiatan ditargetkan mencapai Rp5,1 miliar selama JaKreatiFest dan Pesta Wastra 2022.

Sambut HUT DKI Jakarta ke-494, Helo Berikan Inspirasi Merayakan Kemeriahan ini Secara Virtual

JaKreatiFest merupakan kegiatan flagship yang mensinergikan beberapa kegiatan rutin tahunan terkait pemberdayaan UMKM DKI Jakarta yang terdiri dari kegiatan: 1) Festival Kopi Nusantara, 2)Festival Kreatif dan Seni Jakarta, 3) Festival Ekonomi Syariah (Fesyar), 4) Festival Ekonomi dan Keuangan Digital

(FEKDI). lnformasi lebih lengkap mengenai narasumber dan kegiatan main event dapat dilihat pada rundown acara terlampir. Kegiatan JaKreatiFest diharapkan juga meningkatkan akses pembiayaan (kolaborasi bersama OJK), memperluas akses pasar UMKM baik melalui digitalisasi maupun UMKM go export, mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif serta mendorong pertumbuhan sektor perdagangan Jakarta yang sangat potensial terkait peran Jakarta sebagai Hub Nasional dan peningkatan hub regional/internasional.

Jumlah UMKM yang tergabung di pameran offline Jakreatifest sebanyak 38 UMKM dengan pembagian sektor: fashion (11 UMKM), kuliner (7 UMKM), Kerajinan (craft) 11 UMKM, Kopi (9 UMKM). Selain pameran offline, akan turut diadakan pameran UMKM online dimana KPwBI Prov. DKI Jakarta bekerja sama dengan marketplace BUKALAPAK, sebagai upaya mendorong UMKM go digital. Secara spesifik hal ini diungkapkan oleh Presiden Bukalapak Teddy Oetomo, “Sejak didirikan, Bukalapak memiliki misi untuk dapat memberdayakan UMKM dengan inovasi dan teknologi. Untuk itu kami mendukung penuh kegiatan Jakarta Kreatif Festival, dimana kami juga turut serta dalam memberikan pelatihan peningkatan kapasitas UMKM dan fasilitas pemasaran bagi para UMKM di DKI Jakarta yang ingin naik kelas dengan teknologi,” ujarnya. Dalam pameran online tersebut, akan ada kurang lebih 200 UMKM DKI Jakarta yang berpartisipasi. Pameran online akan dilaksanakan pada 16 Juni- 15 Juli 2022.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini