Unika Atma Jaya Bangun Kesiapan Masyarakat Pasca Pandemi dengan Kolaborasi Konsep Keberlanjutan

Unika Atma Jaya

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Memperingati Dies Natalis ke-62, Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya menyampaikan pandangannya mengenai pembangunan masyarakat Indonesia ke depan, yaitu dengan menyiapkan masyarakat pasca pandemi dengan kolaborasi konsep keberanjutan.

Hal itu dikemukakan Rektor Unika Atma Jaya Dr. Agustinus Prasetyantoko saat mengawali pembukaan acara peluncuran “Laporan Keberlanjutan” Unika Atma Jaya yang dikemas dalam bentuk “talkshow”di kampus Semanggi, Jakarta, Jumat (03/6). Setelah itu, tampil pembicara utama Plt. Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam, Kementerian PPN/Bappenas, Dr. Ir Arifin Rudiyanto, MSc. yang menyampaikan pesan bahwa Indonesia tergolong negara yang rentan terhadap dampak perubahan iklim secara online.

Rektor mengatakan, pandemi semestinya menyadarkan umat manusia betapa pentingnya keseimbangan dan keberlanjutan. Krisis yang diakibatkan pandemi merupakan bukti nyata tidak seimbangnya peradaban manusia dengan seluruh dinamika yang ada saat ini. Pembangunan ekonomi yang terlalu cepat telah menimbulkan konsekuensi terhadap biaya lingkungan yang begitu tinggi. Pandemi telah mengkoreksi keseimbangan tersebut, sehingga mengubah arah peradaban menuju masa depan yang lebih berkelanjutan (sustainable future).

Unika Atma Jaya Refleksikan Hari Lahir Pancasila dengan Semangat Bagi Sesama dan Tanah Air

“Sejalan dengan perayaaan Dies Natalis ke-62, dan sebagai perguruan tinggi, kita perlu membangun kepedulian yang nyata dalam mengatasi tantangan perubahan iklim yang kini telah menjadi isu global dan memberikan pengaruh yang nyata di Indonesia. Oleh karenanya perlu mempersiapkan masyarakat untuk terus melangkah di pasca pandemi. Pemerintah dan organisasi perlu memperhatikan perubahan tatanan sosial masyarakat dan mengantisipasi bisnis proses organisasi agar bisa menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut,” kata ekonom ternama itu.

Buku dengan 87 halaman ini berisi laporan mengenai konsep keberlanjutan dalam dunia pendidikan tinggi, seperti mata kuliah lintas program studi, program penelitian hingga program CSR berkelanjutan. Beberapa program lainnya yaitu program pendampingan mahasiswa secara berkelanjutan (Student Life Journey), program pengabdian masyarakat yang merupakan penjabaran dari 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs). Laporan ini juga menjadikannya sebagai laporan perdana di kalangan perguruan tinggi mengenai implementasi konsep keberlanjutan (sustainability).(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini