Yiwu Resmikan Kawasan Industri Berteknologi Cerdas di Guigang, Tiongkok Selatan

Acara peresmian kawasan industri baru yang berteknologi cerdas untuk produk berukuran kecil buatan Yiwu, berlangsung pada 28 Mei 2022 di Kota Guigang, Wilayah Otonom Guangxi Zhuang, Tiongkok Selatan.

BISNISASIA.CO.ID, BEIJING – Sebuah kawasan industri baru yang berteknologi cerdas untuk produk berukuran kecil buatan Yiwu, telah dibuka pada 28 Mei lalu di Kota Guigang, Wilayah Otonom Guangxi Zhuang, Tiongkok Selatan. Pada hari peresmian kawasan industri ini, nilai pesanan produk mencapai RMB 210 juta (sekitar US$ 31,48 juta).

Dengan investasi total senilai RMB 11 miliar, kawasan industri ini menempati lahan seluas 2.388 mu (159,2 hektar). Luas area yang akan dibangun di kawasan industri ini mencapai 3 juta meter persegi. Hal ini disampaikan Yang Yang, Deputy General Manager, Zhejiang China Commodities City Group Co., Ltd. Kawasan industri ini akan membuka 40.000 lapangan pekerjaan langsung. Menurut Yang, volume transaksi tahunan rata-rata diperkirakan sekitar RMB 13 miliar, sedangkan, nilai laba dan pajak tahunan mencapai sekitar RMB 400 juta.

Dijuluki “Toserba Dunia” (World’s Supermarket), Kota Yiwu di Provinsi Zhejiang, Tiongkok Timur, telah memperkenalkan model kota industri dengan konsep smart commercial generasi keenam lewat proyek baru di Guigang tersebut. Berkat inovasi teknologi, termasuk global trade big data cloud information, 5G, dan AI, kawasan industri ini membentuk ekosistem perdagangan global dengan model operasional rantai industri “eight-in-one”. Model ini menyatukan perdagangan, pasar profesional, produksi dan pengolahan, serta pergudangan dan logistik, live-streaming, dan lain-lain.

Xinhua Silk Road: Kawasan Industri di Guangxi, Tiongkok Selatan, Menggencarkan Proyek-Proyek Besar dan Mengembangkan Klaster Industri Unggulan

Menjangkau negara anggota Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) lewat darat dan laut, Guangxi menyasar peluang pertumbuhan yang luar biasa di sektor logistik lintaswilayah. Peresmian kawasan industri ini akan menjadi modal bagi Guigang untuk berkembang sebagai “pusat produk berukuran kecil” di Tiongkok Selatan. Hal ini disampaikan Su Jian, Deputy Director, Guangxi Regional Commerce Department. Dia juga mencatat, kawasan industri ini akan melayani pasar ASEAN yang lebih luas dalam naungan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP).

Data menunjukkan, penjualan produk berukuran kecil ke negara-negara ASEAN telah meningkat pesat setelah RCEP berlaku. Menurut perkiraan, kawasan industri di Guigang akan terinspirasi dari perkembangan Yiwu, serta meningkatkan sektor perdagangan dan jasa. Di sisi lain, Guigang juga akan mempromosikan semakin banyak produk ke pasar dunia, menurut Yan Jiuqiu, Director, Guigang Municipal People’s Congress Standing Committee.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini