Shanghai Electric Terbitkan Laporan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan 2022

Shanghai Electric

BISNISASIA.CO.ID, SHANGHAI – Shanghai Electric telah menerbitkan Laporan Tanggung jawab Sosial Perusahaan (CSR) 2022. Laporan ini mengulas kinerja dan pencapaian Shanghai Electric dalam Lingkungan Hidup, Sosial, dan Tata Kelola (ESG) pada tahun buku 2021.

Shanghai Electric telah 13 kali menerbitkan laporan CSR. Hal ini sejalan dengan langkah Shanghai Electric yang terus bertekad meningkatkan transparansi praktik ESG, serta memperkuat komitmen dalam mempercepat transformasi energi global lewat strategi ramah lingkungan. Laporan ini mengulas inovasi teknologi Shanghai Electric yang menggerakkan perkembangan tiga lini bisnis utamanya—peralatan energi, peralatan industri, dan layanan terintegrasi. Di sisi lain, laporan ini memaparkan pencapaian penting dalam pelaksanaan strategi rendah karbon guna mengatasi tantangan iklim global. Laporan ini juga memuat sederet inisiatif Shanghai Electric untuk meningkatkan keahlian tenaga kerja dan lulusan perguruan tinggi. Inisiatif tersebut menjadi bagian dari upaya Shanghai Electric mewujudkan potensi karier dan membangun angkatan kerja yang siap menghadapi masa depan di sektor energi.

“Berbagai perusahaan global masih berhadapan dengan dampak negatif dari pandemi yang masih terjadi. Pandemi pun telah menghambat pemulihan ekonomi dunia, membatasi kerja sama internasional, serta menghalangi penanganan perubahan iklim. Di tengah konvergensi tantangan global, Shanghai Electric memprioritaskan teknologi rendah karbon dan transformasi digital. Kami juga berupaya menjadi pemimpin dan inovator di sektor energi baru,” tulis Shanghai Electric dalam laporan tersebut.

Memberdayakan Masa Depan dengan Terobosan Teknologi

Demi menghadirkan teknologi dan solusi perubahan iklim yang inovatif dan andal di ekosistem energi, Shanghai Electric meningkatkan investasi dalam segmen bisnis pembangkit listrik tenaga bayu lepas pantai. Selain itu, Shanghai Electric juga memperkuat keahlian litbang guna membuat inovasi dalam penyimpanan energi. Setelah digitalisasi, otomatisasi, dan keberlanjutan menjadi motor penggerak bisnis, Shanghai Electric juga mengembangkan teknologi mutakhir di segmen peralatan industri. Teknologi ini menghasilkan solusi otomatisasi dan sistem untuk smart energy, intelligent manufacturing, serta smart infrastructure. Dalam hal layanan terintegrasi, Shanghai Electric mempercepat transformasi model bisnis untuk meningkatkan ketersediaan layanan bagi produk-produknya.

Menerapkan ESG sebagai Unsur Utama dalam Aktivitas Bisnis

Demi mengoptimalkan pengawasan dan pengelolaan ESG, Shanghai Electric membentuk komite ESG. Komite ini bertugas merumuskan strategi ESG secara umum, menilai risiko aktivitas bisnis terhadap lingkungan hidup, serta mengevaluasi kinerja dan perkembangan ESG.

Di tengah target netralitas karbon dan emisi puncak karbon Tiongkok, Shanghai Electric merespons transisi menuju energi terbarukan ini dengan solusi bisnis inovatif, serta melengkapi produknya dengan teknologi hemat energi. Tujuannya, mengurangi emisi karbon. Shanghai Electric pun berkolaborasi dengan mitra-mitra guna membentuk rantai pasok hijau, dan menerapkan standar terketat yang menjamin setiap tahap produksi—dari proses desain dan manufaktur hingga aktivitas operasional dan pemeliharaan.

Laporan tersebut juga menyajikan informasi mendetail tentang langkah Shanghai Electric menangani isu lingkungan hidup, serta data penurunan konsumsi energi, emisi gas rumah kaca, konsumsi air, emisi polutan dan limbah. Informasi dan data ini sesuai dengan ambisi Shanghai Electric menjadi perusahaan berkelanjutan dan holistis pada dekade mendatang.

Shanghai Electric Berkolaborasi dengan Mitra-Mitra guna Menjamin Perkembangan Proyek Internasional

Mempercepat Transformasi Hijau demi Menciptakan Masa Depan yang Lestari

Shanghai Electric mempercepat pengembangan dan aplikasi teknologi rendah karbon, termasuk energi hidrogen, penyimpanan energi, dan carbon capture. Lebih lagi, Shanghai Electric mengandalkan keunggulan bisnis guna mempromosikan pengembangan dan konstruksi proyek energi baru. Sementara, Shanghai Electric juga terus meningkatkan cetak biru dan perencanaan solusi dan layanan energi terbarukan guna memperbesar kapasitas konsumsi energi baru.

Shanghai Electric turut mendukung transisi energi hijau Uni Emirat Arab dengan membangun Dubai Photovoltaic Energy Storage Station. Fasilitas ini dilengkapi sistem fotovoltaik 400 KW dan sistem penyimpanan energi dengan baterai kelas 1 MWh. Proyek ini mengganti penggunaan generator diesel di kantor Shanghai Electric di Dubai dengan sumber energi terbarukan.

Memberdayakan Ahli Teknik Elektro Generasi Baru dengan Program Peningkatan Keahlian Kerja

Kesetaraan merupakan unsur penting dalam budaya perusahaan Shanghai Electric. Maka, Shanghai Electric mempromosikan keberagaman, kesetaraan, dan inklusi dengan menciptakan lingkungan kerja yang terbuka dan mengapresiasi semua orang. Shanghai Electric menciptakan tempat kerja sebagai sarana bagi seluruh tenaga kerja menentukan jalur kariernya sendiri, serta menawarkan kanal dan platform untuk menunjukkan dan mengembangkan keahlian profesional. Pada 2021, Shanghai Electric tercantum dalam daftar “China’s Best Employers” yang disusun Forbes, dan menempati posisi ke-15 dalam peringkat tersebut.

Agar tenaga kerja memperoleh peluang yang setara, dan mewujudkan potensi dirinya, Shanghai Electric menggagas program pendidikan kejuruan dan pelatihan kerja bagi pegawai. Dalam format yang dirancang sesuai kebutuhan pegawai di berbagai sektor bisnis, program pelatihan internal ini memenuhi minat dan kebutuhan beragam orang, serta memfasilitasi perkembangan karier mereka. Shanghai Electric juga berkomitmen terhadap perkembangan pemuda dan berkolaborasi dengan sejumlah universitas dan lembaga pendidikan. Kolaborasi ini menawarkan rangkaian program pelatihan tatap muka yang meningkatkan kesempatan kerja mahasiswa.

Memimpin Perkembangan Sektor Energi Tiongkok

Guna menciptakan sarana yang mempertemukan pemimpin industri untuk bertukar ide, mempererat kemitraan bisnis, serta mengulas peluang dan tantangan di industri energi Tiongkok, Shanghai Electric menggelar sederet forum, kuliah dan simposium pada 2021. Kegiatan tersebut melibatkan 72 pakar industri dan lebih dari 700 peneliti di dalam negeri. Ajang berskala nasional ini juga menjadi sarana bagi sejumlah perusahaan meluncurkan 103 proyek, dan menjalin 22 kontrak kerja sama. Lebih lagi, Shanghai Electric mengalokasikan 3,4% pendapatan totalnya untuk penelitian dan pengembangan pada 2021. Setiap tahun, anggaran litbang teknologi dan peralatan penting terus bertambah.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini