SwipeRx Raih Pendanaan Seri B Senilai US$27 Juta Guna Mempercepat Pertumbuhan di Pasar Asia Tenggara

SwipeRx

BISNISASIA.CO.ID, SINGAPURA – SwipeRx (sebelumnya dikenal sebagai mClinica Pharmacy Solutions), platform apotek terkemuka di Asia Tenggara, hari ini meraih pendanaan Seri B senilai US$27 juta dalam bentuk ekuitas dan pinjaman guna mempercepat pertumbuhan di pasar Asia Tenggara. Babak pendanaan ini dipimpin MDI Ventures asal Indonesia, dengan partisipasi dari investor-investor global, seperti Bill & Melinda Gates Foundation, Johnson & Johnson Impact Ventures, SIG, serta sejumlah investor terdahulu.

mClinica Pharmacy Solutions asal Singapura telah mengganti namanya menjadi SwipeRx, yang merupakan nama aplikasi utamanya. Hingga kini, lebih dari 235.000 praktisi farmasi dan 45.000 apotek di Asia Tenggara telah bergabung dalam SwipeRx.

Dengan jangkauan luas di Indonesia, Filipina, Vietnam, Malaysia, Thailand, dan Kamboja, SwipeRx siap memperluas pertumbuhan jaringan apotek, serta memajukan layanan logistik di sektor kesehatan. Lewat kedua langkah ini, SwipeRx berkomitmen terhadap pemenuhan kebutuhan bisnis Apotek, percepatan inovasi teknologi, dan juga perekrutan SDM berkualitas di Asia Tenggara.

Farouk Meralli, Pendiri dan CEO, SwipeRx, berkata, “Pertumbuhan SwipeRx melesat pesat selama beberapa tahun terakhir. Pertumbuhan ini juga mendukung visi kami untuk menjadi jaringan apotek terbesar di Asia Tenggara. Pendanaan ini mempertegas komitmen kami untuk membuat terobosan di industri yang masih sangat tersegmentasi ini. Kami juga berkomitmen meningkatkan kesehatan publik dengan mendukung sektor farmasi. Kami sangat gembira mempertahankan status SwipeRx di Asia Tenggara sebagai platform yang memberikan solusi transformasi dan digitalisasi industri farmasi, serta menjadi platform satu pintu untuk berbagai kebutuhan apotek, mulai dari edukasi hingga pengadaan dan pembiayaan inventaris.”

Sejak terbentuk, SwipeRx menyadari industri farmasi masih sangat tersegmentasi. Untuk itu, SwipeRx membuat inovasi lewat model bisnis berbasis komunitas, serta membangun komunitas digital terbesar bagi praktisi farmasi yang didukung fitur pemenuhan kebutuhan bisnis apotek.

Donald Wihardja, CEO, MDI Ventures, berkata, “Platfrom SwipeRx memiliki potensi dan prospek yang baik. SwipeRx berupaya mengatasi tantangan yang dihadapi industri farmasi, khususnya di Indonesia, dengan menghubungkan beragam pelaku industri—berskala besar dan kecil—dalam satu platform. SwipeRx memiliki jaringan pembelian ritel terbesar, kapasitas logistik bertaraf nasional, opsi pembiayaan usaha, dan platform B2B terintegrasi. MDI Ventures gembira menjadi bagian dari langkah pertumbuhan SwipeRx yang selanjutnya untuk lebih sukses lagi di Indonesia dan Asia Tenggara.”

SwipeRx melihat peluang besar untuk memperluas komunitas dan ekspansi solusi pemenuhan kebutuhan apotek di Asia Tenggara, serta terus membangun keunggulan di pasar utamanya. Didukung lebih dari 400 tenaga kerja, SwipeRx akan terus berkembang dan memperluas skalanya di Asia Tenggara.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini