Hankook Tire Umumkan Kinerja Global Kuartal 1 Tahun 2022

Hankook Tire announces 2022 Q1 financial results

BISNISASIA.CO.ID, Seoul – Perusahaan ban global terkemuka Hankook Tire mengumumkan hasil keuangan perusahaan pada Q1/2022 dengan penjualan secara global mencapai 1.790,6 miliar KRW dan laba operasional sebanyak 126,0 miliar KRW.

Tantangan ekonomi global yang tidak menentu pada kuartal pertama tahun 2022, membuat perusahaan mengalami penurunan laba operasi sebesar 32,2% secara YoY. Sebagian besar penurunan laba tersebut disebabkan oleh gangguan rantai pasokan dunia yang masih berlanjut, kenaikan harga bahan baku, lonjakan kasus Covid-19, dan masalah geopolitik.

Kendati demikian, aktivitas penjualan perusahaan terus meningkat sebanyak 10,8% YoY berkat strategi penetapan harga (pricing strategy) dan distribusi produk yang efektif di wilayah utama penjualan. Secara khusus, penjualan dominan terdapat di segmen produk ban mobil penumpang high-inch (ukuran ± 18 inci) yang menyumbang 39,0% dari seluruh penjualan dengan kenaikan 1,3% secara YoY. Adapun secara regional, Korea, Cina, dan Eropa memiliki pertumbuhan penjualan yang signifikan. Pangsa pasar ban high-inch untuk mobil penumpang di Cina sebanyak 49,1%, persentase ini naik 8,6% secara YoY, sedangkan pasar Korea dan Eropa masing-masing meningkat 2,3% dan 0,9% YoY. Sementara itu, pasar USA menunjukkan pemulihan yang stabil pada kuartal pertama dengan lonjakan penjualan ban pengganti (replacement tire) melampaui permintaan pasar.

Sementara itu, kualitas produk Hankook kembali diakui oleh majalah Auto Bild dalam kategori uji performa ban musim panas. Majalah otomotif paling prestisius di Eropa tersebut, menilai All-new Ventus Prime 4 Hankook Tire dengan peringkat “Exemplary” (peringkat tertinggi dalam tes). Selain itu, Ventus S1 evo 3 SUV 18-inci juga dinobatkan sebagai pemenang tes dengan peringkat “Exemplary” oleh majalah Auto Bild Allrad.

Hankook Tire Raih Silver Winner pada K-Brand Award 2022, Siap Perkuat Brand Positioning di Indonesia

Di sisi lain, perusahaan ban asal Korea Selatan ini terus memperluas portofolionya dengan menyediakan ban original equipment (OE) kendaraan komersial khusus untuk beberapa model andalan dan kendaraan listrik dari produsen mobil premium. Pada semester pertama ini, perusahaan mulai memasok ban OE untuk BMW i4, yaitu Gran Coupé bertenaga listrik dengan empat pintu, serta sedan kelas mewah Mercedes Benz S-Class.

Selain itu, Hankook telah memperkenalkan iON (diucapkan sebagai /ai’on/) sebagai varian ban pertamanya yang dirancang khusus untuk kendaraan listrik premium berperforma tinggi. Produk iON akan tersedia dalam tiga desain saat peluncuran pasar (ukuran 18 dan 22 inci) di Eropa mulai Mei 2022 sebagai ban musim panas yakni Hankook Ventus iON S. Selanjutnya pada September 2022 untuk ban musim dingin sebagai Hankook Winter i*cept iON. Ban Hankook Ventus iON A akan tersedia sebagai versi sepanjang musim untuk pasar Amerika Utara.

Tahun ini Hankook Tire menargetkan pertumbuhan dobel digit dan peningkatan porsi penjualan ban high-inch sebanyak 42% dari total penjualan ban mobil penumpang. Hankook akan mempertajam fokusnya untuk menguasai segmen ban kendaraan listrik, memperkuat kemitraan dengan produsen mobil terkemuka, serta memperluas saluran distribusi dan penjualan regional.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini