Layanan IbuSibuk Orami Dukung Ibu Rumah Tangga Raih Penghasilan Tambahan Lewat Konsep Social Commerce

IbuSibuk, Orami

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Ibu masa kini memiliki pengaruh yang kian besar dalam pengambilan keputusan rumah tangga. Mulai dari aktivitas domestik hingga pengasuhan, mereka dikenal memiliki keterlibatan yang tinggi dan cenderung menginvestasikan lebih banyak waktu untuk anak dan keluarga. Dengan berbagai peran yang diemban dalam kesehariannya tersebut, tidak mengherankan apabila Ibu kemudian menjadi sosok yang paling mampu memahami setiap kebutuhan keluarga.

Belakangan, seiring dengan menjamurnya penggunaan media sosial, social commerce menjadi metode jual beli yang kian populer. Social commerce sendiri, secara sederhana, merupakan cara untuk meningkatkan penjualan di e-commerce dengan memanfaatkan kekuatan komunitas yang ada di media sosial.

Di saat yang sama generasi Ibu Indonesia saat ini juga terkenal sangat sosial dan aktif terhubung dengan komunitas. Mereka tidak hanya menjalin koneksi dengan sesama Ibu tetapi juga mampu saling memberikan opini dan rekomendasi terkait berbagai produk kebutuhan rumah tangga dan pengasuhan. Berdasarkan data dari Weber Shandwick, 55% Ibu masa kini mengaku sering dimintai pendapat tentang keputusan pembelian orang lain. Mereka juga secara aktif rutin membagikan rekomendasi produk ataupun layanan ke orang-orang di sekitar mereka.

Tak heran, konsep social commerce menjadi sangat bermanfaat bagi segmen Ibu, terutama Ibu Rumah Tangga. Social commerce mampu menjadi cara bagi para Ibu untuk menggunakan e-commerce tidak hanya untuk berbelanja, tetapi juga untuk meraup penghasilan tambahan, dengan cara menjadi agen pemasaran dengan memanfaatkan jejaring komunitas yang mereka miliki.

Hadirnya alternatif baru untuk memasarkan produk secara digital nyatanya menjadi angin segar bagi brand dari berbagai skala. Dengan menyuguhkan pengalaman sosial yang berbeda dari sebelumnya, social commerce memungkinkan brand untuk menjangkau konsumen secara lebih luas. Accenture juga mencatatkan bagaimana sarana berbelanja ini turut membuka peluang bagi brand untuk mengembangkan pengalaman dan terhubung dengan pelanggan secara baru, berkat keterlibatan influencer dan kreator ke dalam prosesnya.

Potensi inilah yang kemudian diaplikasikan pada layanan IbuSibuk Orami. IbuSibuk merupakan program pemberdayaan ekonomi Ibu yang menghubungkan mereka dengan berbagai brand untuk berkolaborasi di berbagai macam program social commerce baik sebagai nano-influencers, maupun reseller. Para anggota IbuSibuk tidak hanya diberi akses ke beragam kampanye dari brand, tetapi juga mendapatkan pelatihan eksklusif yang berkaitan dengan pengembangan diri dan pelatihan untuk menjadi influencer profesional.

Orami Ungkap Makna Berdaya Ibu Indonesia

Hanya dalam waktu kurang dari satu tahun semenjak diluncurkan, saat ini, IbuSibuk telah memiliki lebih dari 50.000 anggota yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia ke dalam program IbuSibuk, menjadikan IbuSibuk sebagai komunitas momfluencers dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia. Para influencers ini tidak hanya terdiri atas mereka yang berdomisili di wilayah metropolitan, 60% dari total jumlah anggota komunitas ini justru datang dari wilayah Jabodetabek dan tersebar di lebih dari 75 kota di Tanah Air. Selain itu, mayoritas anggota IbuSibuk merupakan Ibu rumah tangga dan kini mereka memiliki penghasilan tambahan dengan adanya program IbuSibuk.

Saat ini, IbuSibuk tengah mempersiapkan fitur terbarunya, yakni IbuSibuk Reseller, yang memungkinkan Ibu untuk tidak hanya berpartisipasi di berbagai kampanye brand, namun juga memperoleh penghasilan tambahan dari rumah dengan menjadi reseller.

Dengan iklim yang memungkinkan Ibu untuk dapat mandiri secara ekonomi dan perluasan layanan yang semakin dapat mengakomodasi beragam kebutuhan mereka, pertumbuhan anggota IbuSibuk diproyeksikan mencapai 100.000 ribu pada akhir tahun 2022.

Hingga saat ini, terdapat lebih dari 200 brand yang bekerja sama dengan IbuSibuk, baik dari segmen multi-nasional maupun UMKM. Tidak hanya itu, lebih dari 1500 kampanye influencers juga telah berjalan di platform IbuSibuk hanya dalam kurun waktu 6 bulan. Hal ini membuktikan bahwa strategi pemasaran dengan menggunakan nano-influencers sangat menarik bagi pemilik usaha sebagai salah satu cara meningkatkan awareness terhadap produk mereka.

Raymond Wirya Santosa, Head of Business Development Orami (SIRCLO Group), mengutarakan, “Membesarkan komunitas momfluencers menjadi salah satu fokus pertama IbuSibuk setelah kami mengamati tren menarik yang ada di komunitas ibu Orami. Semua anggota komunitas Orami ini sangat aktif di media sosial, menjadikan mereka adalah sosok yang sangat influential. Kami melihat potensi bahwa media sosial yang digunakan para Ibu ini bisa menjadi hal yang produktif, dan hipotesis ini terbukti dengan pertumbuhan pesat komunitas IbuSibuk dan disambut juga dengan ratusan brand yang telah menggunakan jasa IbuSibuk untuk membantu pertumbuhan bisnisnya. Adanya simbiosis mutualisme ini yang kami harap dapat membuat IbuSibuk untuk terus memberikan manfaat baik bagi para Ibu maupun brand dari berbagai skala.”

Selain memberikan peluang bagi para Ibu untuk mendapat penghasilan tambahan dari rumah, IbuSibuk juga memfasilitasi mereka untuk mengembangkan diri dan membangun koneksi dengan komunitas sesama Ibu. Beberapa kelas eksklusif hingga sesi webinar telah secara rutin diselenggarakan dengan membahas berbagai topik terkini seputar parenting, manajemen waktu, personal branding, serta berbagai topik yang mendukung Ibu untuk menjadi influencer yang semakin handal.

Bagi para member IbuSibuk sendiri, manfaat yang mereka dapatkan tidak hanya perkara finansial namun juga aktualisasi diri. “Bergabung jadi IbuSibuk bukan hanya soal angka, tapi juga kita dilatih bertanggung jawab terkait deadline, mengatur prioritas dengan urusan anak dan rumah. Kita belajar juga bagaimana berkomunikasi dengan orang, menyelesaikan permasalahan, dan mengatur waktu. Kita jadi makin berdaya, pikiran kita jadi tidak tumpul,” tukas Desty Laras Kurnia Suri, salah seorang member IbuSibuk.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini