Flyability Luncurkan Elios 3, Drone LiDAR Dalam Ruang untuk Industri 4.0

Elios 3, drone pertama untuk inspeksi dan pemetaan ruang terbatas yang menjadikan data aset menjadi informasi digital

BISNISASIA.CO.ID, SWISS – Flyability meluncurkan Elios 3, drone antibenturan (collision-tolerant drone) pertama di dunia yang dilengkapi sensor LiDAR untuk pemetaan 3D dalam ruang. Drone ini didukung teknologi SLAM terbaru, FlyAware™ untuk membuat model 3D saat drone diterbangkan. Elios 3 juga menggunakan versi terkini dari perangkat lunak Flyability yang berguna bagi para petugas inspeksi, Inspector 4.0.

Flyability menjadi pionir drone untuk melakukan inspeksi di dalam ruang terbatas (confined space inspection drone) saat melansir produk pertamanya pada tahun 2016. Dengan peluncuran Elios 3, Flyability terus berkomitmen untuk menciptakan teknologi mutakhir yang didesain untuk meningkatkan keamanan terhadap manusia ketika melakukan pekerjaan inspeksi yang kompleks pada area berbahaya.

Elios 3 dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan yang memerlukan perangkat inspeksi andal. Disaat banyak industri di seluruh dunia meningkatkan pemanfataan penggunaan drone dalam berbagai aplikasi pekerjaannya, maka mereka membutuhkan teknologi yang mudah digunakan, berfungsi baik setiap saat digunakan, dan tetap stabil saat dipakai di dalam aset-aset yang sangat sensitif.

“Elios 3 memiliki beberapa fitur stabilisasi terbaik di dunia, modular payload, fitur yang dapat membuat model 3D secara real-time saat penerbangan, dan hal ini membuka jalan bagi masa depan dengan teknologi otomatis yang terus meningkat,” ujar Patrick Thévoz, Salah Satu Pendiri dan CEO Flyability. “Untuk kegiatan inspeksi industri, Elios 3 menjadi perangkat pendukung Industri 4.0. , menyajikan solusi inspeksi yang membuat kegiatan inspeksi semakin aman, efisien dan juga hemat biaya.”

Elios 3 dilengkapi dengan sensor Ouster OS0-32 LiDAR. Dengan sensor ini, para inspektor dan operator drone dapat melakukan akuisisi data untuk membuat model 3D survey-grade dengan perangkat lunak dari mitra terbaru Flyability, GeoSLAM. Pemetaan area-area yang sulit dijangkau dan terlalu berbahaya bagi manusia sangat sulit dilakukan, namun kegiatan ini berperan penting dalam pengambilan keputusan operasional di banyak industri.

Memadukan teknologi akuisisi data inspeksi drone di ruang terbatas dan teknologi perangkat lunak geospasial 3D, kerjasama antara Flyability dengan GeoSLAM membantu para profesional untuk menghasilkan point cloud berstandar survei di lokasi kerja yang paling sulit diakses, dan secara penuh menghilangkan ketegangan dalam melakukan perkiraan dalam kegiatan operational mereka. Selain dapat dipasangkan dengan sensor LiDAR, Elios 3 juga dapat diintegrasikan dengan muatan (payload) kedua yang dapat disesuaikan berdasarkan setiap kebutuhan pengguna.

Elios 3 juga didukung dengan teknologi terbaru SLAM milik Flyability yaitu FlyAware™, memberikan drone ini kapabilitas untuk mengubah data LiDAR menjadi model 3D secara seketika saat penerbangan dilakukan. FlyAware™ juga memberikan Elios 3 stabilitas penerbangan yang luar biasa, memadukan data dari tiga kamera optik dan sensor LiDAR untuk menangkap gerakan terkecil yang tak terduga, lalu memberikan instruksi kepada operator drone untuk melakukan penyesuaian. Berkat stabilitas dan fitur-fitur pendukung lainnya, Elios 3 sangat mudah digunakan, maka pilot baru sekalipun dapat dilatih dan sudah bisa melakukan penerbangan inspeksi di hari yang sama.

Menggunakan perangkat lunak Flyability Inspector 4.0 untuk membuat laporan inspeksi dengan Elios 3, para inspektor dapat bisa memvisualisasikan Points of Interest dan foto inspeksi dalam peta 3D resolusi tinggi dengan fitur 3D Map Viewer pada Inspector 4.0. Fitur ini membantu pemangku kepentingan untuk menavigasikan setiap foto inspeksi dan Points of Interest pada asetnya dalam bentuk data digital 3D, menyajikan visualisasi yang jelas dan lokalikasi yang tepat atas kerusakan yang terjadi guna mendukung perencanaan, pemantauan, dan kegiatan pemeliharaan.

“Elios 3 merupakan proyek terbesar yang pernah dijalankan Flyability,” kata Adrien Briod, CTO, Flyability. “Jika Elios 2 seperti ponsel lipat lama yang hanya berfungsi untuk panggilan telepon, maka Elios 3 adalah ponsel pintar. Elios 3 memenuhi kebutuhan spesifik dari setiap pengguna, dan Anda dapat memilih penggunaan payload yang dibutuhkan sehingga Anda dapat menggunakannya sesuai dengan keinginan. Dengan demikian, Elios 3 berkembang secara berkala dengan payload atau solusi perangkat lunak baru.”

Flyability telah menggarap Elios 3 selama empat tahun. Pada periode ini, ahli teknik Flyability melakukan penelitian dan pengembangan selama ribuan jam, serta menjalankan lebih dari 200 misi untuk memperoleh masukan, mempelajari keinginan klien, serta menyempurnakan teknologi ini demi menciptakan drone ruang terbatas yang paling andal.

Saat mengembangkan Elios 3, Flyability berkolaborasi dengan universitas terkemuka di dunia, dan bergabung dalam Team Cerberus, mengikuti—dan memenangkan—kompetisi DARPA Sub-T yang berlangsung beberapa tahun untuk robot otomatis di lingkungan bawah tanah.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini