9 dari 10 Warga Tiongkok Menilai Hubungan Tiongkok-ASEAN Terjalin dengan Penuh Persahabatan

BISNISASIA.CO.ID, BEIJING – Ketika topik terkait Tiongkok akan mendominasi KTT Amerika Serikat-ASEAN, sebuah survei terbaru mengungkap, hampir 80% responden Tiongkok menilai, 90% masyarakat di negara ini menganggap hubungan Tiongkok-ASEAN terjalin dengan penuh persahabatan, sedangkan, lebih dari 75% responden bersikap positif mengenai masa depan hubungan kedua pihak.

Survei ini diadakan Global Times Research Center bersama Centre for Chinese Foreign Strategy Studies dan Renmin University of China dari 15 Maret-15 April lalu di 31 provinsi Tiongkok, kabupaten, dan kota. Responden survei berusia 18-69 tahun. Survei ini mengumpulkan 2.012 kuesioner yang valid dari masyarakat umum dan 1.150 kuesioner dari responden mahasiswa.

Sekitar 61,8% responden memiliki kesan yang baik atas ASEAN, dan responden yang telah mengunjungi negara-negara anggota ASEAN memberikan skor yang tinggi terhadap wilayah ini.

Lebih dari 90% responden tertarik dengan ASEAN, dan hampir dua per tiga responden memiliki minat yang sangat besar. Sektor bisnis dan perdagangan, teknologi, alam, sejarah, dan olahraga di ASEAN menarik minat sekitar 40% responden, menurut temuan survei tersebut.

Sekitar 90,4% responden menilai hubungan Tiongkok-ASEAN terjalin dengan penuh persahabatan. Sementara, lebih dari dua per tiga responden menganggap ASEAN “sangat bersahabat” dan “relatif bersahabat”.

Kebijakan Moneter ASEAN, Nilai Tukar dan Perkembangan Pandemi

Saat merespons pertanyaan “Apakah Tiongkok dan ASEAN dapat menangani isu Laut Tiongkok Selatan?,” 26,9% responden berpendapat, kedua pihak selalu menangani isu tersebut dengan baik, sedangkan, menurut 67,3% responden lainnya, meski terdapat perbedaan, kedua pihak secara keseluruhan menangani isu ini dengan baik.

Survei tersebut juga menunjukkan, mayoritas responden sangat mengutamakan kerja sama ekonomi antara Tiongkok dan ASEAN, disusul sektor kesehatan masyarakat.

Di sektor pendidikan, 88,4% mahasiswa yang disurvei memiliki sikap positif tentang aktivitas pertukaran dengan sejumlah universitas di ASEAN. Kegiatan kebudayaan dan seni termasuk salah satu bidang terpopuler, seperti dinilai oleh 61,6% responden, disusul kegiatan belajar bahasa.

Selain besarnya minat masyarakat Tiongkok terhadap negara-negara anggota ASEAN, Singapura menjadi negara ASEAN yang paling banyak diminati responden. Skor rata-rata terkait minat warga Tiongkok terhadap Singapura mencapai di atas 4, dari 5 skor tertinggi. Singapura disusul Malaysia dan Thailand yang sama-sama meraih skor 3,8.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini