Sunway University Tercantum sebagai Salah Satu Universitas Swasta Terkemuka di Malaysia

Sunway University

BISNISASIA.CO.ID, KUALA LUMPUR – “Times Higher Education (THE) Impact Rankings 2022” kembali mencantumkan Sunway University sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Malaysia.

Peringkat Sunway University mengalami kenaikan dalam “THE Impact Rankings 2022 ” dan kini berada dalam jajaran 301+ teratas dari 1.406 lembaga pendidikan tinggi internasional. “THE Impact Rankings 2022” memilih universitas terbaik di seluruh dunia berdasarkan dampak sosial dan ekonomi dari perspektif Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB (SDG). “THE Impact Rangking” merupakan asesmen multidimensi atas riset, program kemasyarakatan, pendidikan, dan kegiatan operasional kampus.

Sunway University memiliki kinerja unggulan untuk beberapa SDG. Sunway University bahkan tercantum dalam Jajaran 200 terbaik untuk SDG No.6 (Air Bersih dan Sanitasi). Menurut kriteria ini, Sunway University berhasil menyediakan dan mengelola air dan sanitasi secara berkelanjutan bagi semua pihak. Sebagai bagian dari Program Konservasi Air, Sunway University telah memasang pipa alternatif yang menghubungkan Sun-Water dari South Quay Lake Water Plant.

Di sisi lain, Sunway University menempati peringkat atas, yakni jajaran 200 terbaik untuk SDG No.8 (Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi). Hal ini mencerminkan langkah berkelanjutan Sunway University dalam menjamin kesetaraan peluang di tempat kerja, serta meningkatkan keberagaman tenaga kerja berdasarkan prinsip dasar ketenagakerjaan, yakni penggajian berbasiskan kinerja dan kesetaraan gaji terlepas dari gender. Sunway University juga menciptakan budaya kerja yang menghargai dan menghormati perbedaan, mempromosikan kesetaraan dan keberagaman, serta mendorong berbagai orang agar bertumbuh dan berkembang demi mewujudkan potensi diri.

Sunway University juga berada di jajaran 200 terbaik untuk SDG No.17 (Kemitraan untuk Mencapai Tujuan). Hal ini menunjukkan dan menggarisbawahi hubungan yang dijalin Sunway University dengan pihak lain. Fakultas Teknik dan Teknologi menggagas proyek multidisipliner, yakni “Advanced Nano Materials for Clean Energy & Water Technology”. Proyek ini menerima hibah senilai RMB 45.000 untuk menciptakan peluang bagi akademisi, peneliti baru, dan mahasiswa dari lembaga pendidikan tinggi lainnya.

Lebih lagi, Sunway University turut menunjukkan kinerja positif untuk beberapa SDG lainnya. Tercantum dalam jajaran 300 terbaik untuk SDG 7 (Energi Terjangkau dan Bersih), Sunway University mempromosikan dan mendukung pemanfaatan energi bersih lewat riset.

Ilmuwan Perempuan di Sunway University Gerakkan Perkembangan Sains di Malaysia

University bahkan meraih skor tinggi untuk SDG 11 (Kota dan Komunitas Berkelanjutan). Hal ini mencerminkan status Sunway University sebagai kampus modern dan mutakhir yang terhubung dengan fasilitas sosial dan komunitas melalui jalur pejalan kaki yang aman pada posisi tinggi (“canopy walk”)—mewujudkan lingkungan belajar, bekerja, dan sosial yang unik dan berkelanjutan bagi mahasiswa dan staf di dalam dan sekitar kampus.

“Peringkat Sunway University terus meningkat meski baru dua tahun mengikuti ‘THE Impact Ranking’. Pencapaian ini membuktikan pilihan yang diambil Sunway University demi menjaga kesehatan bumi dan pembangunan berkelanjutan dalam seluruh program riset dan pendidikan, serta kegiatan #CampusWithAConscience yang dijalankan mahasiswa dan staf kami,” jelas Profesor Sibrandes Poppema, President, Sunway University.

Sunway City menjadi contoh sukses dari gerakan berkelanjutan baru yang berskala global, “15-minute cities”. Sunway City didukung hyper-connectivity dan seluruh fasilitas yang mudah diakses dengan berjalan kaki selama 15 menit.

Menyadari pentingnya kesehatan dan keselamatan, Sunway University memprioritaskan pejalan kaki di kampus dengan jalur yang tertutupi di sepanjang gedung, serta menyediakan akses yang nyaman untuk seluruh fasilitas di dalam kampus bagi mahasiswa dan staf.

Sunway University gembira atas reputasi Campus With A Conscience yang semakin diakui. #CampusWithAConscience adalah prinsip utama dalam seluruh pengalaman mahasiswa selama berkuliah di Sunway College dan Sunway University. Hal tersebut menjadi semangat mendasar dalam Kehidupan Kampus Sunway; mengedukasi, mendorong, dan melibatkan mahasiswa dalam seluruh aspek dari komunitas yang beragam dan inklusif, mendukung mereka agar menciptakan lingkungan tempat tinggal yang lebih baik bagi generasi masa kini dan masa depan.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini