Bora Pharmaceuticals Akuisisi Aset-Aset CDMO Eden Biologics

Eden Biologics CDMO assets, di Hsinchu Biomedical Science Park, Taiwan.

BISNISASIA.CO.ID, TAIPEI – Perusahaan contract development and manufacturing organization (CDMO) asal Taiwan yang terkemuka di dunia, Bora Pharmaceuticals, mendirikan Bora Biologics Co., Ltd., platform CDMO untuk sektor biologi. Selain Bora, investor-investor lain yang turut mendirikan entitas tersebut adalah Taishin Healthcare Limited Partnership dan Pendiri Tanvex BioPharma Dr. Allen Chao. Bora juga akan menanamkan investasi awal senilai US$ 50 juta dan hingga US$ 100 juta guna mengakuisisi aset CDMO milik Eden Biologics di Taiwan sebagai bagian dari rencana pertumbuhan lima tahun. Dengan keunggulannya sebagai CDMO untuk molekul kecil dan makromolekul biologi, Bora telah menjadi pemimpin pasar di Taiwan. Hal ini tercapai berkat layanan pelanggan CDMO Bora yang lengkap dan pangsa pasar yang kompetitif.

Menurut keterangan Bora, akuisisi strategis aset CDMO Eden Biologics yang terletak di Hsinchu Biomedical Science Park, Taiwan, akan membantu Bora Group menjangkau segmen pasar makromolekul biologi, serta terapi sel dan gen secara cepat. Akuisisi ini juga mendukung Bora Group untuk memperluas layanan bagi klien yang mengembangkan obat baru dan inovatif.

Chairman, Bora, Bobby Sheng, menjelaskan, akuisisi aset-aset CDMO Eden Biologics merupakan pencapaian penting, terutama seiring dengan ekspansi Bora di segmen CDMO. Bora selalu berkomitmen membangun perusahaan CDMO global yang menguasai keahlian lengkap. Kemitraan strategis dengan Taishin Healthcare Limited Partnership dan Dr. Allen Chao juga sesuai dengan strategi investasi jangka panjang Bora untuk mencapai pertumbuhan.

Setelah mengakuisisi fasilitas tersebut, Bora akan menguasai teknologi biofarmasi untuk mengembangkan lini sel dalam produksi obat protein, pengembangan dan analisis proses di sektor hulu dan hilir, serta penyusunan spesifikasi kendali dan inspeksi kualitas, serta pembangunan bank sel.

“Setelah menguasai alat-alat mutakhir di fasilitas CDMO dan mendapat dukungan dari tim yang sangat piawai, Bora Biologics mampu mengembangkan dan membina hubungan dengan klien hingga tahap komersialisasi,” ujar Vice President, Bora, Simon Chen.

Menurut Chen, fasilitas tersebut memiliki empat bioreaktor 500L, dan seluruhnya telah tersertifikasi EU Qualified Person (QP) serta Taiwan Food and Drug Administration, Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan, Taiwan. Fasilitas ini juga telah membuktikan kemampuan CDMO yang lengkap dengan menyelesaikan beberapa proyek kolaboratif bersama banyak mitra internasional.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini