YCAB Foundation dan PT Chevron Pacific Indonesia Gelar Pelatihan Manajemen Gudang Alat Kesehatan

YCAB and PT Chevron Pacific Indonesia Conduct Medical Device Warehouse Management Training

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Pandemi COVID-19 yang telah berlangsung selama lebih dari dua tahun menyebabkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes) membutuhkan dukungan tambahan gudang untuk menyimpan alat-alat kesehatan baik milik sendiri maupun bantuan dari negara-negara lain. Hal inilah yang mendorong YCAB Foundation dan PT Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) untuk menyediakan gudang penyimpanan alat kesehatan beserta pelatihan bersertifikasi bagi tenaga kerja Kemenkes dalam bidang Manajemen Gudang.

Pelatihan Sertifikasi Manajemen Gudang tersebut telah dilaksanakan di awal Februari 2022 oleh PT CPI bersama YCAB Foundation dan diikuti oleh 15 pegawai. Melalui pelatihan tersebut, pegawai gudang dibekali beragam materi, seperti lean thinking dan 5R/5S, sebuah metode penataan dan pemeliharaan wilayah kerja secara intensif yang digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja perusahaan atau tempat kerja secara menyeluruh. Pelatihan yang diadakan secara daring ini mendapatkan respon yang sangat positif dari para peserta.

Disamping mendapatkan pelatihan bersertifikasi, tenaga kerja Kemenkes juga mendapatkan mentoring program dari pakar Manajemen Gudang yang tergabung dalam Himpunan Pensiunan Chevron dari Yayasan Pensiunan Caltex/Chevron Indonesia (HPC-YPCCI) yang diselenggarakan pada hari Kamis, 14 April 2022. Organisasi pensiunan PT CPI ini, bersama YCAB Foundation, memberikan kelas pembinaan daring secara sukarela kepada 15 peserta pelatihan, membagi pengalaman mereka dalam pengelolaan gudang, dan juga membuka forum diskusi terbuka untuk para peserta.

Pelatihan Manajemen Gudang penting dilakukan sebab faktor perencanaan, pengelolaan, dan pelaksanaan yang memadai wajib diperhatikan dalam manajemen pemeliharaan alat kesehatan yang efektif. Pada tahun 2011, WHO menyatakan bahwa alat kesehatan membutuhkan perawatan terjadwal dan tidak terjadwal. Dengan demikian, organisasi atau pengguna harus memastikan bahwa alat kesehatan telah disimpan dalam kondisi kerja yang aman, akurat, andal, serta beroperasi sesuai dengan tingkat kinerjanya.

YCAB Foundation Gandeng PT Chevron Pacific Indonesia Menggelar Pelatihan Manajemen Gudang Alat Kesehatan

“Saya harap bantuan fasilitas gudang penyimpanan alat kesehatan yang lengkap ini dapat membantu Kementerian Kesehatan RI dan Pemerintah Indonesia dalam menanggulangi Pandemi Covid-19. Selain itu, kegiatan pelatihan dan mentoring bagi tenaga kerja kemenkes mengenai Manajemen Gudang juga sangat penting untuk meningkatkan pengetahuan dari para tenaga kerja dalam memelihara dan mengelola alat-alat kesehatan tersebut,” ungkap Wahyu Budiarto, Chevron Indonesia Country Manager.

Sebelumnya, YCAB Foundation dan PT CPI telah bekerjasama dalam penanggulangan pandemi COVID-19 melalui kegiatan i-SERVE Vaccine. Kegiatan vaksinasi massal tersebut berlangsung selama dua bulan di berbagai wilayah di Provinsi Jawa Barat, yang saat itu masih dalam proses pencapaian target vaksinasi nasional.

“Kerja sama ini merupakan satu langkah dari ribuan langkah lainnya guna terus mendukung program pemerintah dalam menekan angka COVID-19. Saya harap dengan diadakannya kegiatan mentoring ini, tenaga kesehatan dapat terbantu dalam hal memelihara dan mengelola alat-alat kesehatan secara efektif. Semoga kegiatan donasi gudang penyimpanan alat kesehatan ini dapat membantu Kementerian Kesehatan RI dalam menghadapi pandemi COVID-19 karena pemeliharaan alat kesehatan dan juga tempat penyimpanannya termasuk faktor pendukung yang penting.” ujar Veronica Colondam, Founder dan CEO YCAB Foundation.

Diharapkan kerjasama antara YCAB Foundation dan PT Chevron Pacific dapat terus menghasilkan program yang mendukung kegiatan pemerintah sekaligus memberikan bantuan berkelanjutan kepada masyarakat umum.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini