Hari ke-3 Libur Lebaran 2022, Catatkan Jumlah Pengguna Harian Tertinggi Sejak Era Pandemi COVID-19

Pengamatan di stasiun, cukup banyak ditemui pengguna yang baru pertama kali menggunakan layanan MRT Jakarta, dan terdapat beberapa wisatawan dari luar kota Jakarta yang masih awam dengan fasilitas MRT Jakarta.

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Sebagai sistem perkeretaapian perkotaan pertama di Indonesia, MRT Jakarta tidak lagi sekadar sebagai alat transportasi pemindah orang. Fungsinya telah meluas sebagai ruang ketiga yaitu sebagai tempat berinteraksinya masyarakat, termasuk sebagai sarana berwisata saat masa liburan tiba. Seperti saat libur lebaran, antusiasme warga meningkat untuk mendatangi stasiun dan menjajal perjalanan dengan ratangga. Pada Rabu (4-5-2022), tercatat 57.922 orang menggunakan layanan ratangga. Angka ini menunjukkan jumlah tertinggi sepanjang tahun ini sejak Januari 2022. Dibandingkan saat liburan lebaran tahun sebelumnya, terdapat peningkatan sebanyak 119%, yaitu 26.499 orang.

Sejauh ini, stasiun yang paling banyak dikunjungi masyarakat ialah Stasiun Bundaran HI, Blok M BCA, Lebak Bulus Grab, dan Dukuh Atas BNI. Sejumlah revitalisasi yang telah dilakukan melalui kolaborasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan berbagai pihak telah menarik perhatian masyakat seperti Sarinah, Terowongan Kendal dan Taman Dukuh Atas, berbagai pusat perbelanjaan terintegrasi di sepanjang jalur MRT Jakarta hingga objek wisata yang dapat dijangkau dengan bus pengumpan Transjakarta atau PPD dengan tujuan Kota Tua, Jakarta International Stasiun, Taman Margasatwa Ragunan, Pantai Maju PIK, Ancol, hingga Jembatan Penyeberangan Orang Pinisi.

Berdasarkan pengamatan di stasiun, cukup banyak ditemui pengguna yang baru pertama kali menggunakan layanan MRT Jakarta, dan terdapat beberapa wisatawan dari luar kota Jakarta yang masih awam dengan fasilitas MRT Jakarta. Kondisi ini menimbulkan kepadatan di beberapa stasiun karena pergerakan pengguna sedikit terhambat. Untuk itu, MRT Jakarta menempatkan petugas stasiun pada titik simpul kepadatan di stasiun untuk memberikan bantuan kepada pengguna dan membantu mengurai kepadatan.

Libur Lebaran 2022, Masyarakat Antusias Gunakan MRT Jakarta untuk Berwisata

Salah satu penumpang yang ditemui di Stasiun Bundaran HI menyatakan kegembiraannya bisa menggunakan layanan MRT Jakarta. “Saya baru kali ini naik MRT Jakarta. Sekarang baru bisa ngerasain, kan, sudah lama ada masa belum pernah naik. Ternyata nyaman banget,” ungkap Nirwana (50) yang datang bersama adik dan adik iparnya. “Saya lihat di media sosial sepertinya nyaman sekali. Mumpung libur lebaran, ya sudah, saya naik saja,” ujarnya. Ia menambahkan bahwa dari tempat tinggalnya di BSD, ia naik commuterline hingga Kebayoran Lama dilanjutkan dengan bus Transjakarta ke Stasiun Lebak Bulus Grab. Ia mengaku ingin merasakan seluruh perjalanan melewati 13 stasiun. “Menurut saya petugasnya juga ramah- ramah dan menjawab pertanyaan dengan baik. Tadi saya diarahkan juga dengan jelas setelah nanya-nanya,” pungkasnya. Ia berharap agar segera ada layanan MRT Jakarta yang menjangkau wilayah tempat tinggalnya.

MRT Jakarta mengimbau bagi masyarakat yang ingin berlibur di Jakarta dengan menggunakan layanan MRT Jakarta, dapat melakukan pembelian tiket melalui aplikasi MRT-J. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat melakukan pembelian tiket sebelum tiba di stasiun dengan menggunakan berbagai pilihan pembayaran elektronik diantaranya Dana, LinkAja, OVO, serta Gopay dan setelah itu dapat memindai kode QR pada pintu masuk pengguna (passenger gate). Masyarakat dapat mengunduh aplikasi MRT-J melalui Google Play Store maupun Apps Store. MRT Jakarta juga menyediakan sistem pembayaran dengan menggunakan kartu elektronik bank diantaranya Flazz, Jakcard, Tapcash, e-money, dan Brizzi dengan ketentuan penggunaan 1 kartu hanya diperuntukan untuk 1 orang/pengguna. PT MRT Jakarta

(Perseroda) memberikan apresiasi kepada masyarakat yang senantiasa mematuhi imbauan pemerintah untuk tetap menerapkan protokol kesehatan selama bepergian dalam masa libur lebaran kali ini. Selain itu, PT MRT Jakarta (Perseroda) terus berupaya mewujudkan layanan publik yang aman khususnya pada momen Idulfitri dan pada periode cuti bersama yang ditetapkan pemerintah hingga 6 Mei 2022 mendatang.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini