Zymo Research Umumkan Investasi pada Star Array guna Kembangkan PCR Supercepat di Segmen POCT

Star Array menerima investasi strategis dari Zymo Research Corp.

BISNISASIA.CO.ID, IRVINE – Zymo Research dan Star Array hari ini mengumumkan investasi strategis Zymo Research dalam rangka pembelian saham Star Array, sebuah perusahaan teknologi biomedis di Singapura. Lewat investasi ini, Zymo Research dan Star Array memadukan teknologi pemurnian asam nukleat dan alat tes Zymo Research dengan keahlian manufaktur dan otomasi Array. Tujuannya adalah merambah segmen pasar For Research Use Only (FRUO) dan diagnostik yang tengah berkembang, termasuk Point-of-Care testing (POCT).

Star Array mengembangkan sistem pemurnian asam nukleat otomatis (berbasiskan kaset) yang dipadukan dengan teknologi amplifikasi asam nukleat supercepat. Star Array memproduksi dan menjual beragam alat analisis genetik, termasuk produk unggulannya, XDive™, platform qPCR supercepat, dengan alat-alat pendukung dan perangkat lunak terkait. Pada masa pandemi Covid-19, Star Array mengembangkan sebuah tes yang mendeteksi SARS-CoV-2 dengan sistem XDive™. Seluruh proses, mulai dari pengumpulan sampel hingga hasil tes, berlangsung kurang dari 45 menit, dan sistem ini dapat dipakai di setiap fasilitas klinis. Star Array saat ini memperoleh Izin Penggunaan Darurat (EUA) dari Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat lewat program Rapid Acceleration of Diagnostics (RADx®) dalam naungan National Institutes of Health (NIH).

Zymo Research, sejak berdiri pada 1994, dikenal luas atas teknologi ekstraksi dan alat uji DNA/RNA. Target Zymo Research adalah mengembangkan alat dan perangkat pengumpulan sampel yang lebih efisien, serta memperingkas dan menghemat waktu pemisahan asam nukleat di laboratorium. Zymo Research akan bermitra dengan Star Array untuk mengembangkan kaset siap pakai yang mengandung reagen penting bagi alat tes Covid-19 buatan Star Array, serta masa depan POCT.

“Berkat instrumentasi PCR canggih, Star Array memimpin teknologi PCR dengan sistem XDive™ PCR. Teknologi ini menyelesaikan qPCR multipleks yang biasanya mencakup 40 siklus dalam 5-7 menit. Saat dipadukan dengan sistem Star Array, reagen pemurnian DNA/RNA dan alat uji berbasiskan asam nukleat dari Zymo Research akan menghasilkan alur kerja Sample-In/Answer-Out secara langsung. Lewat investasi pada Star Array, kami akan mengembangkan produk yang menyasar segmen pasar POCT,” jelas Marc Van Eden, Vice President, Business Development, Zymo Research.

“Zymo Research dan Star Array telah membangun bisnis yang bersinggungan dengan sains dan teknologi. Kami sama-sama memiliki visi tentang teknologi PCR supercepat yang membuat tes POC PCR dapat dianalisis dalam hitungan menit di tempat praktik dokter, laboratorium, dan rumah sakit. Secara kolaboratif, kami akan merancang produk POCT yang semakin lengkap pada masa mendatang,” kata Dr. Yanhui Liu, Vice President, Star Array Pte. Ltd.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini