SMKL Raih Pertumbuhan Pendapatan 24,86% YoY Tahun 2021

PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk (“SMKL”), Perseroan yang bergerak di bidang kemasan berbahan dasar karton atau kertas cokelat, terus mencatatkan kinerja yang baik dengan berhasil meraih penjualan Rp2,119 triliun atau bertumbuh sebesar 24,86% sepanjang tahun 2021. Hal ini merupakan hasil dari berbagai strategi yang dilakukan SMKL sebagai penyedia total packaging solutions integrated with logistic, sehingga terus mendapatkan kepercayaan dan pesanan dari pelanggan. SMKL menawarkan total packaging solutions integrated with logistic mulai dari produksi berbagai macam kemasan customized sesuai dengan permintaan pelanggan, pengiriman logistik yang dapat dimonitor secara real-time, hingga solusi penyimpanan dengan menyediakan gudang yang terintegrasi sehingga pengiriman dapat dilakukan tepat waktu sesuai permintaan pelanggan.

Herryanto Setiono Hidayat selaku Direktur Marketing SMKL, mengatakan, “Kami bersyukur dapat terus membukukan kinerja yang positif hingga akhir tahun 2021. Hal ini tidak terlepas dari berbagai dukungan dan upaya yang dilakukan untuk memberikan pelayanan dan produk yang berkualitas kepada pelanggan kami. Pada tahun 2021 ini SMKL tidak hanya meraih kenaikan penjualan, melainkan juga memperoleh pertumbuhan laba bersih setelah pajak sebesar 162,81% atau Rp106,306 miliar. Diharapkan kedepannya SMKL dapat secara konsisten memberikan kinerja yang baik dan akan terus memperkuat solusi kemasan kami.”

Pada tahun 2021 kontribusi penjualan SMKL berasal dari penjualan corrugated carton box, pre-print corrugated box, offset printing box, dan rigid box. Adapun kontribusi untuk masing-masing penjualannya, yaitu didominasi oleh carton box sebesar 56,59%, lalu diikuti oleh offset 24,96%, pre-print 14,05%, dan rigid box 4.40%. Di mana pada tahun 2021 ini pertumbuhan penjualan didorong terutama oleh segmen produk carton box dan offset yang masing-masing meningkat sebesar 24,90% untuk carton box dan 30,88% untuk offset. Adapun dalam memenuhi segmen-segmen tersebut, SMKL memiliki keahlian customized order sehingga mampu memenuhi kebutuhan pelanggan, baik jenis, bentuk, dan ukurannya.

Terbitkan laporan keuangan 2021, Pendapatan Country Garden naik 13% Jadi US$ 82,2 miliar

SMKL sebagai penyedia kemasan yang sudah banyak dikenal oleh berbagai perusahaan secara global di berbagai sektor ini memiliki keunggulan melalui solusinya sebagai penyedia kemasan yang terintegrasi dengan logistic dan warehouse. Serta, melalui fokusnya pada bisnis keberlanjutan juga memberi nilai tambah SMKL bagi para pelanggannya. SMKL telah memiliki sertifikasi keberlanjutan Forest Stewardship Council (FSC) dan pengelolaan waste paper yang baik dengan mengirimkannya ke pabrik kertas untuk didaur ulang. Bahkan SMKL telah memiliki strategi untuk berencana memasang solar panel pada tahun ini untuk menghemat biaya listrik 5-8% dan akan mengganti bahan bakar batu bara dengan gas yang lebih ramah lingkungan.

Hal ini yang membuat SMKL optimis akan terus memberikan kinerja yang optimal. Misalnya, pada tahun 2022 ini SMKL memiliki target pertumbuhan penjualan sebesar 15%. “Kami yakin dapat terus berinovasi dalam memenuhi kebutuhan para pelanggan SMKL. Sebagai penyedia kemasan yang sudah dipercaya dan dengan berbagai keahlian yang kami miliki, SMKL akan terus melihat berbagai peluang yang ada. Kedepannya diharapkan SMKL dapat terus meraih kinerja yang baik melalui strategi-strategi yang akan dijalankan,” tutup Herryanto.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini