Korea Society of Ginseng Ungkap Khasiat Ginseng Merah dalam Mengurangi Kelelahan dan Stres

The Korea Society of Ginseng

BISNISASIA.CO.ID, SEOUL – Korea Society of Ginseng merilis temuan riset yang berjudul “Khasiat Ginseng Merah dalam Mengatasi Kelelahan, Letargi, dan Meningkatkan Daya Tahan terhadap Stres” (The Effect of Red Ginseng on Improving Fatigue, Lethargy and Stress Resistance). Temuan riset ini dilansir dalam acara “The Korea Society of Ginseng Spring Conference” yang berlangsung di Sejong University pada 21 April 2022. Peluncuran temuan riset ini dilakukan pada momen yang tepat, sebab semakin banyak orang mengeluhkan kelelahan dan letargi yang berlarut-larut setelah pulih dari virus korona.

Ginseng merah efektif mengurangi kelelahan dan stres

Kim Kyung-chul, seorang dokter spesialis keluarga, menganalisis 75 subjek penelitian yang terdiri atas kaum pria dan perempuan, berusia dari 20-70 tahun. Subjek penelitian ini mengalami kelelahan dan stres sedikitnya satu kali dalam seminggu. Dia melakukan perbandingan atas subjek penelitian dengan membaginya dalam kelompok yang mengonsumsi ginseng merah (50 orang), dan kelompok lain yang mengonsumsi pil plasebo (26 orang). Lewat riset ini, dia membuktikan, kelelahan dan letargi yang dialami kelompok yang mengonsumsi ginseng merah mengalami penurunan, bahkan daya tahan mereka terhadap stres bertambah baik. Lebih lagi, khasiat ginseng merah semakin terlihat jelas pada subjek penelitian yang mengalami kelelahan kronis akibat dominannya sistem saraf parasimpatis (parasympathetic dominance).

Ginseng merah memulihkan gejala kelelahan dan meningkatkan kapasitas antioksidan

Profesor Jeong Tae-ha, Department of Family Medicine, Wonju Severance Christian Hospital, dan Profesor Lee Yong-je, Department of Family Medicine, Gangnam Severance Hospital, melakukan penelitian dengan metode acak dan pil plasebo, serta teknik tersamar ganda (double-blind) terhadap 63 perempuan menopause. Lewat uji klinik dengan metode acak dan pil plasebo ini, jumlah DNA mitokondria dan kapasitas antioksidan terbukti bertambah. Gejala kelelahan pada kelompok yang mengonsumsi ginseng merah pun berkurang, dan hal ini menjadi indikator penuaan biologis.

Banyak riset sebelumnya turut membuktikan khasiat ginseng merah dalam mengatasi kelelahan.

Ginseng merah memulihkan kelelahan, meningkatkan suasana hati, kemampuan berjalan, dan kebahagiaan bagi pasien kanker

Peneliti dari 15 lembaga di Korea, termasuk Profesor Kim Yeol-hong, Department of Oncology and Hematology, Korea University Anam Hospital, secara acak membagi 438 pasien kanker usus besar yang menjalani pengobatan mFOLFOX-6 ke dalam dua kelompok, satu kelompok yang mengonsumsi ginseng merah (219 orang) dan kelompok lain yang mengonsumsi pil plasebo (219 orang). Kelompok pertama mengonsumsi ginseng merah sebanyak 1.000 mg, dua kali dalam sehari, selama 16 minggu menjalani kemoterapi. Hasilnya, tingkat kelelahan yang dialami kelompok pertama berkurang secara drastis jika dibandingkan kelompok yang mengonsumsi pil plasebo.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini